Inilah Strategi yang Tepat Mengaplikasikan Inovasi dalam Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 20 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock

"Pengaplikasian inovasi dalam telesales juga memerlukan strategi yang tepat supaya bekerja lebih efektif"

Dalam industri telesales, pengaplikasian inovasi dapat membantu meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan hasil penjualan perusahaan. Pengaplikasian inovasi dalam telesales ini  melibatkan pengenalan ide-ide baru, teknologi, atau metode kerja baru. Namun, pengaplikasian beberapa inovasi ini bisa saja mengalami kesulitan karena adanya beberapa kendala. Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa saja kendala yang dimaksud beserta solusi tepatnya.

Beberapa Inovasi dalam Telesales

Perkembangan telesales selalu memunculkan inovasi-inovasi baru yang menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Berikut adalah beberapa inovasi yang dapat diterapkan dalam telesales:

  • Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Dengan bantuan AI, telesales dapat menggali informasi pelanggan dengan lebih dalam, mempersonalisasi komunikasi, serta meningkatkan pelayanan pelanggan. AI dapat mengidentifikasi pola perilaku pelanggan, merekomendasikan produk, dan mengoptimalkan interaksi berkat analitik data dan teknologi machine learning.

  • Otomatisasi Proses

Tugas-tugas rutin dan data administrasi dalam telesales dapat diringankan apabila ada dapat dikerjakan secara otomatis. Dengan ini, para agen telesales bis memfokuskan diri pada interaksi dengan pelanggan.

  • Integrasi Sistem Manajemen Pelanggan (Customer Relationship Management/CRM)

Integrasi CRM dengan telesales memudahkan agen telesales untuk mengakses data berupa preferensi dan kebutuhan pelanggan, melacak riwayat interaksi, dan memberikan pelayanan yang lebih personal.

  • Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Lanjutan

Untuk meningkatkan kualitas interaksi dengan pelanggan, agen telesales dapat memanfaatkan fitur video call dan chat untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan.

  • Penyediaan Konten Interaktif

Pelanggan akan lebih mudah terlibat dengan agen apabila disuguhkan konten yang interaktif seperti presentasi multimedia, video demo produk, atau tautan langsung ke website perusahaan.

  • Pemanfaatan Chatbot dan Asisten Virtual

Adanya layanan chatbot dan asisten virtual dapat digunakan untuk menanggapi permintaan pelanggan, memberikan informasi umum, menjawab pertanyaan rutin, dan memberikan dukungan kepada pelanggan.

  • Personalisasi Pesan Melalui Analitik Data

Dengan analitik data, para agen telesales dapat mempersonalisasi pesan yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan setiap pelanggannya.

  • Penggunaan Metode Pemasaran Multikanal

Inovasi terakhir yang bisa diaplikasikan dalam telesales melibatkan penggunaan metode pemasaran multi channel yang terintegrasi. Metode satu ini membantu meningkatkan jangkauan pelanggan, memperkuat brand, dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Baca juga: Bangun Telesales Profesional dengan 4 Program Pelatihan Berikut!

Inilah Beberapa Kendala dalam Pengaplikasian Inovasi dalam Telesales

Sayangnya, pengaplikasian inovasi dalam telesales tidak selalu berjalan dengan mulus. Berikut ini merupakan beberapa kendala yang mungkin dihadapi telesales dalam mengaplikasikan inovasi-inovasi tersebut:

  • Keterbatasan Teknologi

Penggunaan inovasi seperti AI, otomatisasi, atau integrasi CRM akan membutuhkan infrastruktur teknologi yang memadai. Penerapan inovasi ini sulit dilakukan apabila tidak adanya sumber daya berupa teknologi yang memadai.

  • Kurangnya Keterampilan dan Pengetahuan

Untuk mengaplikasikan inovasi dalam telesales, dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan. Dua hal ini baru bisa tercapai apabila pihak manajemen perusahaan mengadakan pelatihan para agen telesales terkait penggunaan dan penguasaan teknologi tersebut. 

  • Perubahan Budaya dan Pengelolaan Perubahan

Inovasi telesales seringkali merubah budaya dan proses kerja perusahaan yang telah ada. Pihak manajemen perusahaan harus mengelola para karyawan supaya beradaptasi dengan kedua hal yang akan berubah ini.

  • Perlindungan Data dan Kepatuhan

Penggunaan AI atau integrasi CRM harus tetap menghormati perlindungan dan privasi data yang berlaku. Jika tidak memperhatikan hal ini, perusahaan dapat mendapatkan hukuman sesuai aturan dan penurunan reputasi.

  • Pengukuran dan Analisis yang Tepat

Pengukuran dan analisis inovasi telesales perlu dilakukan untuk memastikan apakah penerapan inovasi tersebut tergolong berhasil atau tidak. Namun, penggunaan alat analitik dapat menjadi tantangan tersendiri apabila pemahaman terhadap hal ini masih terhitung kurang.

  • Persaingan dan Perubahan Industri

Perusahaan harus mengadaptasi tren pasar untuk dapat bersaing dengan perusahaan kompetitor.

Baca juga: Cara Membuat Skenario Penjualan Agar Telesales Perusahaan Efektif!

Cara Mengatasi Kendala Pengaplikasian Inovasi dalam Telesales

Untuk mengatasi kendala pengaplikasian inovasi dalam telesales, berikut adalah beberapa solusi yang dapat diterapkan:

  • Lakukan Investasi dalam Infrastruktur dan Teknologi 

  • Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan

  • Tingkatkan Komunikasi dan Keterlibatan Karyawan 

  • Fokus pada Perlindungan Data dan Kepatuhan

  • Analisis dan Pengukuran yang Teliti 

  • Kepekaan terhadap Perubahan Industri dan Persaingan

Terapkan Inovasi-Inovasi Telesales Tersebut dengan Bantuan Ivosights!

Sekarang Anda sudah tau seberapa perlunya mengadakan inovasi dalam layanan telesales. Sebagian besar inovasi di atas ini telah tersedia dalam Ivosights, sebuah perusahaan terpercaya di bidang layanan customer enhancement.

Ivosights menyediakan Sociomile, layanan contact center yang mendukung integrasi platform omni-channel, bahkan dengan sistem CRM lainnya. Sociomile mendukung kustomisasi layanan sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Terdapat juga robot pintar Sociobot yang berperan sebagai asisten digital yang dapat memahami dan memproses permintaan pengguna. Tunggu apalagi? Dapatkan layanan Sociomile sekarang hanya dengan menghubungi Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami