Inilah Cara Agen Telesales Atasi Tantangan Up Selling dengan Mudah

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 20 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Up Selling. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Up Selling. Shutterstock

"Artikel ini menawarkan solusi untuk meningkatkan peluang keberhasilan bagi para agen telesales."

Up selling merupakan penawaran produk atau layanan yang lebih berkualitas dengan harga jual yang lebih tinggi juga. Up selling biasanya dilakukan oleh agen telesales kepada pelanggan. Strategi ini sangat efektif dilakukan untuk meningkatkan nilai transaksi dengan pelanggan yang sudah ada. Namun, para agen telesales seringkali menghadapi tantangan dalam menerapkan up selling. Tantangan ini bisa mencakup penolakan dari pelanggan, kesulitan mengidentifikasi peluang, atau kurangnya keterampilan, serta strategi yang kurang tepat. Dalam artikel ini akan dibahas tentang cara-cara agen telesales mengatasi tantangan dalam up selling tersebut.

Kenali Dulu Apa Itu Agen Telesales

Agen telesales merupakan seseorang yang bertugas mempromosikan, menjelaskan, dan menjual produk atau layanan perusahaan melalui telepon atau bentuk komunikasi jarak jauh lainnya. Selain itu, agen tersebut juga dapat memberikan penawaran khusus atau potongan diskon untuk menarik perhatian pelanggan. Agen telesales dapat mendapatkan calon pelanggan dalam jumlah besar dengan biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan metode penjualan tradisional.

Baca juga: Apa Itu Up Selling & Cross Selling pada Customer Experience Management

Beberapa Tantangan Agen Telesales dalam Up Selling

Berikut ini adalah beberapa tantangan yang umumnya agen telesales hadapi saat melakukan up selling:

  • Penolakan Pelanggan

Salah satu tantangan utama adalah penolakan dari calon pelanggan saat ditawarkan up selling. Penolakan ini disebabkan karena ketidaktertarikan atau pelanggan merasa tidak memerlukan produk atau layanan tambahan yang ditawarkan.

  • Kurangnya Informasi Produk

Salah satu tantangan agen telesales adalah kurang memiliki informasi produk yang cukup atau jika produk yang ditawarkan terlalu kompleks. Tantangan ini menjadikan agen tidak dapat menjelaskan manfaat dan nilai tambah produk dengan lancar. 

  • Kekhawatiran Pelanggan Mengenai Biaya

Kegiatan up selling diartikan sebagai penjualan produk dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan yang dijual sebelumnya kepada para pelanggan. Hal ini membuat pelanggan akan khawatir jika harus mengeluarkan biaya tambahan seputar produk atau layanan yang ditawarkan.

  • Kurangnya Kesadaran Pelanggan tentang Opsi Upgrade

Pelanggan mungkin tidak menyadari adanya ketersedian opsi upgrade produk. Tantangan bagi agen telesales adalah untuk meningkatkan kesadaran pelanggan tentang opsi-opsi ini dan memberikan informasi yang relevan untuk mendorong mereka mempertimbangkan up selling produk maupun layanan.

  • Waktu Terbatas dalam Panggilan

Agen telesales harus mampu mencari peluang up selling dengan cepat, menjelaskan manfaat dengan singkat dan padat, serta melakukan closing dengan efektif. Hal ini berguna untuk mengatasi terbatasnya waktu saat melakukan panggilan telepon dengan pelanggan.

  • Tekanan Target Penjualan

Agen telesales harus melakukan up selling dengan efektif untuk memenuhi target penjualan yang harus dicapai dalam periode waktu tertentu. Penting bagi agen untuk tetap mematuhi prinsip etika penjualan dan menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

  • Perubahan Kebijakan dan Produk

Agen telesales perlu terus update apabila terdapat perubahan kebijakan atau produk maupun layanan yang akan dijual. Untuk mengatasi hal ini, agen memerlukan adanya keterampilan adaptasi dan pemahaman yang mendalam terhadap perubahan tersebut.

Baca juga: Tips Melakukan Up Selling Agar Penjualan Meningkat!

Solusi Mengatasi Tantangan dalam Up Selling

Berikut adalah beberapa solusi yang membantu agen telesales mengatasi tantangan dalam up selling:

  • Peningkatan Pengetahuan Produk

Supaya memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk atau layanan tambahan yang ditawarkan, agen telesales harus mengikuti beberapa pelatihan dan membaca materi yang relevan. Semakin menguasai pemahaman produk, agen akan semakin percaya diri dalam menjelaskan manfaatnya kepada pelanggan.

  • Personalisasi dan Relevansi

Agen telesales perlu mempersonalisasi tawaran up selling sesuai dengan kebutuhan pribadi pelanggan. Agen juga dapat menawarkan manfaat yang paling relevan bagi mereka untuk meningkatkan peluang keberhasilan up selling.

  • Komunikasi yang Efektif

Selain pengetahuan produk, agen telesales perlu mengembangkan keterampilan komunikasinya. Keterampilan ini mencakup kemampuan mendengarkan aktif, berbicara dengan jelas, dan memberikan penjelasan yang mudah dipahami.

  • Mengatasi Penolakan

Agen telesales perlu bersikap positif, tidak terpengaruh emosional, dan melihat penolakan pelanggan sebagai kesempatan untuk meningkatkan kemampuan mereka. Agen bisa menggunakan teknik persuasif yang lebih lembut, menjelaskan kembali manfaat dengan cara yang berbeda, atau menawarkan solusi alternatif yang lebih relevan.

  • Membangun Hubungan dan Kepercayaan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan akan meningkatkan peluang agen telesales untuk berhasil melakukan up selling. Agen juga perlu membangun kepercayaan calon pelanggan dengan berkomunikasi secara konsisten serta memberikan layanan berkualitas.

  • Analisis Data Pelanggan

Agen telesales bisa menganalisis data pelanggan untuk memahami pola pembelian, preferensi, dan kebutuhan pelanggan. Dengan ni, agen dapat mengidentifikasi peluang up selling yang lebih berpotensi dan menyesuaikan pendekatan secara lebih terarah.

Cari Agen Telesales Berkualitas untuk Perusahaan Anda? Hubungi Ivosights

Anda sudah melihat betapa pentingnya mempekerjakan agen telesales untuk meningkatkan promosi produk atau layanan perusahaan Anda. Untuk mendapatkan agen telesales berkualitas, Anda bisa menghubungi Ivosights. Ivosights menyediakan layanan contact center Sociomile yang memenuhi semua kebutuhan Anda terkait layanan pelanggan. Agen telesales juga semakin mudah menghubungi pelanggan dari platform apapun berkat integrasi 13 kanal digital dalam satu dashboard. Tingkatkan efektivitas penjualan bisnis Anda dengan dapatkan layanan Sociomile sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami