Ini Lho Pentingnya Software Call Tracking untuk Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 20 Juni 2023
Ket. Foto Ilustrasi - Telesales. Shutterstock
Ket. Foto Ilustrasi - Telesales. Shutterstock

"Agen telesales memerlukan software Call Tracking untuk mengelola data panggilan milik perusahaan."

Dalam dunia pemasaran produk atau layanan perusahaan, agen telesales menjadi salah satu alat yang penting untuk mencapai dan meningkatkan jumlah penjualan. Namun, kinerja dan operasional telesales akan semakin optimal dengan sebuah sistem pendamping yang dapat menganalisis aktivitas panggilan telepon. Di sinilah pentingnya penggunaan software call tracking dalam telesales. Dengan menggunakan software ini, perusahaan dapat melacak, merekam, dan menganalisis panggilan telepon. Sebelum masuk ke pentingnya penggunaan software ini lebih lanjut, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu software call tracking.

Pengertian Software Call Tracking

Software call tracking merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk melacak serta merekam aktivitas panggilan telepon yang dilakukan oleh perusahaan. Software ini juga dapat mengumpulkan data-data penting seperti nomor telepon yang dihubungi, durasi panggilan, serta lokasi geografis panggilan.

Baca juga: Yuk Ketahui Software Apa Saja yang Digunakan Dalam Telesales!

Fitur Utama Software Call Tracking untuk Telesales

Software call tracking memiliki fitur-fitur utama yang sering digunakan. Fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Merekam Panggilan

Software call tracking mampu merekam dan menyimpan rekaman panggilan, baik berupa panggilan masuk maupun panggilan keluar.

  • Identifikasi Sumber Panggilan

Dengan software ini, Anda dapat mengidentifikasi dan melacak sumber panggilan, termasuk nomor telepon yang dihubungi atau kode ekstensi panggilan.

  • Analisis Data Panggilan

Software call tracking ini bisa menganalisis data panggilan seperti jumlah panggilan masuk dan keluar, durasi panggilan, serta pola panggilan.

  • Integrasi dengan Sistem CRM

Beberapa software call tracking bisa diintegrasikan dengan sistem CRM (Customer Relationship Management) milik perusahaan.

  • Laporan dan Analitik

Terakhir, software call tracking ini menyediakan fitur pelaporan dan analitik untuk menghasilkan laporan perusahaan berisikan data panggilan. Laporan ini bisa berisikan metrik kinerja telesales.

Manfaat Penggunaan Software Call Tracking untuk Telesales

Telesales mendapat sejumlah manfaat dalam penggunaan software call tracking. Berikut adalah beberapa manfaat utama penggunaan software tersebut:

  • Analisis Data Panggilan

Software call tracking dapat melakukan analisis terhadap data panggilan secara mendalam. Informasi yang didapatkan bisa biasanya berupa jumlah panggilan, durasi panggilan, waktu panggilan dilakukan. sumber panggilan, serta pola dan tren panggilan.

  • Pemantauan Kualitas Layanan

Software call tracking bisa memantau kualitas layanan agen telesales bermodalkan rekaman panggilan yang disimpan. 

  • Pengukuran Kinerja

Kinerja tim telesales dapat diukur berkat metrik kinerja dan statistik yang diberikan oleh software call tracking. Dengan catatan data panggilan, jumlah panggilan berhasil, konversi penjualan dan durasi rata-rata panggilan dapat diukur dengan mudah.

  • Optimalisasi Strategi Penjualan

Strategi penjualan perusahaan dapat dioptimalisasi jika preferensi dan kebutuhan pelanggan dapat dipahami. Data panggilan yang dikumpulkan menggunakan software ini akan membantu mengidentifikasi peluang cross-selling atau up-selling, mengenali tren pasar, dan menyesuaikan pendekatan penjualan.

  • Pengelolaan Hubungan Pelanggan

Integrasi software call tracking dengan sistem CRM perusahaan akan menghubungkan data panggilan dengan informasi pelanggan.

  • Efisiensi Operasional

Software call tracking bisa menghindari kehilangan panggilan dan kesalahan pencatatan panggilan serta menghasilkan laporan terstruktur. Dengan ini, operasional telesales akan semakin efisien.

Cara Menggunakan Software Call Tracking dalam Telesales

Berikut adalah beberapa cara menggunakan software call tracking dalam telesales:

  • Pilih Software Call Tracking yang Sesuai

Pertama-tama, pilihlah software call tracking yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pastikan juga apakah fitur yang Anda inginkan sudah tersedia, seperti pelacakan panggilan, rekaman panggilan, analisis data, dan integrasi dengan sistem CRM.

  • Instalasi dan Konfigurasi

Setelah mendapatkan software call tracking yang sesuai, install dan lakukan konfigurasi software tersebut sesuai petunjuk. Pastikan software ini telah terhubung dengan sistem telepon yang digunakan perusahaan.

  • Pelatihan Penggunaan Software

Berikan pelatihan kepada para agen telesales tentang cara menggunakan software call tracking. Pelatihan ini dapat mencakup tata cara mengaktifkan fitur panggilan, merekam panggilan, dan mengakses data panggilan yang tercatat.

  • Analisis dan Evaluasi Data Panggilan

Lakukan analisis dan evaluasi secara rutin terhadap data panggilan yang terkumpul. Gunakan fitur analitik milik software untuk memeriksa pola panggilan, durasi panggilan, dan konversi penjualan.

  • Meningkatkan Layanan Pelanggan

Tingkatkan layanan pelanggan dengan melakukan evaluasi atau perbaikan terhadap kualitas layanan yang diberikan telesales apabila diperlukan. Berikan pelayanan personal berdasarkan preferensi dan kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Cara Membuat Skenario Penjualan Agar Telesales Perusahaan Efektif!

  • Berkolaborasi dengan Tim Lain

Adakan kerjasama dan koordinasi dengan tim lain untuk mengoptimalkan strategi bisnis. Berikan informasi tentang peluang penjualan, tren pasar, atau data pelanggan yang berpotensi.

  • Pemantauan dan Peningkatan

Terakhir, lakukan pemantauan terkait penggunaan software call tracking. Berikan juga feedback yang konstruktif dalam evaluasi kinerja agen telesales.

Dapatkan Layanan Telesales Terbaik!

Untuk meningkatkan penjualan produk maupun layanan perusahaan, Anda memerlukan sistem layanan Telesales. Beruntungnya, Ivosights menyediakan layanan Telesales terbaik melalui Sociomile, sebuah sistem contact center terlengkap yang dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan. 

Sistem Sociomile ini menyediakan solusi untuk call center yang salah satunya berupa telesales. Ada juga layanan lain yang serupa telesurvey, telemarketing, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Dapatkan layanan manfaat penggunaan Telesales sekarang hanya dengan menghubungi Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami