7 Langkah-Langkah Bangun Tim Telesales untuk Bisnis Start-Up Anda

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 02 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock

"Untuk membangun bisnis start-up Anda, ada baiknya Anda lakukan pengembangan tim telesales juga melalui tujuh langkah berikut"

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, penjualan produk memainkan peran krusial dalam keberhasilan bisnis, terutama bagi bisnis start-up yang dalam proses pengembangan. Salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membangun tim telesales yang handal. Selain meningkatkan penjualan, tim telesales juga bertugas untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan, memberikan pelayanan yang terasa personal, hingga menggali preferensi dan keinginan para pelanggan. Bagi bisnis start-up, mungkin hal ini tidak semudah yang dilakukan oleh perusahaan besar. Namun, Anda sebagai seorang pebisnis juga dapat mengikuti langkah-langkah berikut supaya tim telesales tergolong sukses membangun bisnis Anda. Bagaimana langkah-langkah yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut di bawah ini.

Apa Itu Telesales?

Telesales adalah sebuah strategi penjualan di mana tenaga penjual atau sales melakukan komunikasi dan transaksi penjualan melalui telepon. Tim telesales bertanggung jawab untuk melakukan panggilan telepon kepada calon pelanggan, menjelaskan produk atau layanan, dan membantu mereka dalam proses pembelian.

Peran Tim Telesales dalam Bisnis Start-Up

Berikut inilah beberapa peran agen telesales dalam bisnis start-up:

  • Mencapai Target Penjualan

Tim telesales bertanggung jawab untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Mereka juga harus dapat meyakinkan calon pelanggan untuk melakukan pembelian dengan skill persuasif yang terlatih.

  • Memperluas Jangkauan

Berkat adanya telepon, tim telesales dapat mencapai calon pelanggan di berbagai wilayah, baik lokal maupun internasional sehingga membantu memperluas jangkauan pasar bisnis start-up.

  • Mengumpulkan Informasi

Tim telesales bertugas mengumpulkan informasi mengenai kebutuhan dan preferensi calon pelanggan untuk mengembangkan strategi penjualan yang lebih efektif.

  • Meningkatkan Layanan Pelanggan

Tim telesales bertugas merespons pertanyaan dan masukan pelanggan dengan cepat supaya tingkat kepuasan pelanggan naik.

  • Mendukung Pemasaran

Tim telesales bekerja sama dengan tim pemasaran untuk menjalankan kampanye penjualan. Mereka dapat memberikan umpan balik tentang efektivitas kampanye dan membantu menentukan target audiens yang tepat.

Baca juga: 5 Tips Mudah Supaya Agen Telesales Dapat Raih Target Penjualan

Langkah-Langkah dalam Membangun Tim Telesales yang Efektif

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membangun tim telesales yang efektif:

  • Tentukan Profil Ideal Tim Telesales

Sebelum merekrut anggota tim telesales, tentukan terlebih dahulu profil ideal mereka. Pertimbangkan kriteria seperti pengalaman sebelumnya, kemampuan komunikasi, pengetahuan produk, dan keterampilan interpersonal.

  • Lakukan Seleksi dan Rekrutmen yang Ketat

Lakukan seleksi dan rekrutmen dengan ketat untuk memastikan bahwa anggota tim telesales sesuai dengan profil yang telah ditentukan.

  • Berikan Pelatihan dan Pengembangan

Setelah merekrut anggota tim, berikan pelatihan dan pengembangan yang intensif. Pastikan mereka mengerti produk atau layanan perusahaan dengan baik dan memiliki keterampilan komunikasi yang efektif.

  • Tetapkan Target Penjualan yang Realistis

Tetapkan target penjualan yang realistis dan dapat diukur sebagai salah satu cara memberikan motivasi bagi tim telesales untuk bekerja dengan lebih baik dan fokus mencapai target yang telah ditetapkan.

  • Berikan Insentif dan Reward

Beri insentif dan reward bagi anggota tim telesales yang mencapai atau melebihi target penjualan. Insentif ini dapat berupa bonus, komisi, atau pengakuan atas kinerja mereka.

  • Monitor dan Evaluasi Kinerja

Lakukan monitoring dan evaluasi secara teratur terhadap kinerja tim telesales. Identifikasi area di mana mereka perlu meningkatkan kinerja dan berikan bimbingan jika diperlukan.

  • Fokus pada Kualitas Layanan Pelanggan

Terakhir, ingatkan tim telesales untuk selalu fokus pada kualitas layanan pelanggan. Pelanggan yang puas adalah aset berharga bagi bisnis Anda karena mereka berpotensi menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Baca juga: 7 Alat Bantu Telesales yang Efektif Tingkatkan Penjualan

Manfaat Adanya Tim Telesales yang Efektif dalam Bisnis Start-Up

Adanya tim telesales yang efektif dapat memberikan berbagai manfaat bagi bisnis start-up Anda, di antaranya:

  • Meningkatkan Penjualan

Tim telesales yang handal dapat meningkatkan angka penjualan dan membantu bisnis mencapai target keuangan.

  • Meningkatkan Efisiensi

Dengan melakukan panggilan telepon, tim telesales dapat menghemat waktu dan biaya yang biasanya diperlukan untuk kunjungan langsung ke calon pelanggan.

  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Layanan yang baik dari tim telesales dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu mempertahankan pelanggan setia.

  • Mengumpulkan Informasi Berharga

Tim telesales dapat mengumpulkan informasi berharga tentang pasar dan pelanggan, yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik.

  • Meningkatkan Citra Perusahaan

Layanan yang profesional dan baik dari tim telesales dapat meningkatkan citra perusahaan di mata calon pelanggan.

Dengan Bantuan Ivosights, Tim Telesales Anda Bisa Semakin Terlatih dan Profesional!

Berikut itulah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan dalam membangun tim telesales yang sukses. Dengan begitu, tim tersebut akan meningkatkan penjualan serta pertumbuhan bisnis start-up Anda. Tak hanya itu, tim telesales Anda akan lebih optimal dalam mencapai target penjualan sekaligus memberikan layanan terbaik untuk para pelanggan bisnis Anda. 

Untuk mendukung suksesnya telesales untuk bisnis start-up Anda, Anda akan membutuhkan pihak layanan BPO Contact Center seperti yang disediakan oleh Ivosights. Sebagai salah satu end-to-end contact center solution, kami menyediakan berbagai kebutuhan penunjang bisnis start-up Anda, termasuk dalam bidang telesales. Selain menyediakan gedung serta fasilitas pendukung, Anda juga bisa mendapatkan agen telesales profesional yang terlatih. Adapun jika Anda sudah memiliki SDM berupa agen yang cukup, Anda juga bisa menyerahkan pengelolaannya pada kami yang berupa berbagai manajemen serta pelatihan relevan.

Tak hanya itu, kami juga menyediakan teknologi pendukung telesales berupa sistem contact center Sociomile. Sistem ini mengintegrasikan sebanyak 13 platform digital termasuk voice yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan produk maupun layanan bisnis start-up Anda. Bisnis Anda akan mudah melakukan panggilan inbound maupun outbound dari mana saja berkat adanya fitur IP-PBX Telephony. Bahkan, pihak manajemen bisnis juga bisa memantau kerja para agen dengan monitoring wallboard.

Bagaimana, apakah Anda tertarik? Silakan hubungi tim Ivosights untuk mengetahui lebih jauh layanan mana saja yang  benar-benar dibutuhkan oleh pertumbuhan bisnis start-up Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami