Pentingnya Mengenali Decision Maker dalam Penjualan B2B Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 01 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Tingkatkan efisiensi B2B telemarketing Anda dengan mengenali decision maker perusahaan"

Dunia bisnis sedari dulu memang penuh akan persaingan, salah satunya adalah persaingan dalam penjualan produk atau layanan. Terdapat berbagai strategi untuk mencapai target penjualan bisnis Anda, dan salah satunya adalah dengan menggunakan strategi B2B telemarketing. Dalam strategi B2B (business-to-business) telemarketing, penting bagi Anda untuk mengenali decision maker (pengambil keputusan) perusahaan klien agar penjualan Anda memiliki peluang berhasil yang tinggi. Selain itu, dengan mengenali decision maker (pengambil keputusan) perusahaan klien dalam strategi B2B telemarketing, Anda juga dapat meningkatkan peluang kesuksesan kampanye telemarketing Anda!

Apa itu Decision Maker?

Pada konteks B2B (business-to-business) telemarketing, decision maker (pengambil keputusan) merujuk pada individu atau kelompok yang memiliki otoritas dan wewenang dalam pengambilan keputusan yang melibatkan pembelian produk atau layanan pada perusahaan klien Anda. Jika Anda dapat mengenali dan mengidentifikasi decision maker perusahaan klien Anda, maka Anda dapat mengefektifkan strategi B2B telemarketing Anda karena berkomunikasi langsung dengan seorang decision maker perusahaan klien dapat memungkinkan Anda untuk menghindari waktu dan usaha yang terbuang dengan berbicara kepada individu yang tidak memiliki kewenangan dalam pengambilan keputusan.

Umumnya, seorang decision maker sering kali berada pada posisi atas di dalam perusahaan, seperti senior, eksekutif, atau kepemimpinan departemen yang relevan dengan produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan. Dengan berbicara langsung kepada decision maker perusahaan klien Anda, maka Anda dapat menyampaikan manfaat produk atau layanan yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan, tujuan, dan prioritas perusahaan klien. Oleh karena itu, sangat krusial bagi Anda untuk mengenali decision maker perusahaan klien agar strategi B2B telemarketing Anda memiliki keberhasilan yang tinggi.

Baca Juga: Mengenal Telemarketing: Pengertian, Tujuan dan Peran

Manfaat Mengenali Decision Maker dalam B2B Telemarketing

Tidak hanya meningkatkan peluang keberhasilan kampanye B2B telemarketing Anda,dengan mengenali dan memahami decision maker perusahaan klien Anda maka itu akan membuat Anda dapat menghemat waktu, usaha, dan sumber daya dengan fokus pada orang yang memiliki keputusan akhir pada transaksi penjualan Anda. Berikut manfaat yang akan Anda dapatkan apabila Anda bisa mengenali sosok decision maker dalam strategi B2B telemarketing yang Anda lakukan:

  • Komunikasi yang Terjalin menjadi Efisien

Apabila Anda memiliki akses untuk bisa menghubungi decision maker perusahaan klien secara langsung, maka hal itu akan membuat interaksi dan komunikasi yang terjadi dalam strategi B2B telemarketing Anda lebih efisien. Lantaran, dengan mengurangi interaksi dengan orang yang tidak memiliki kewenangan dalam pengambilan keputusan, Anda dapat menghemat waktu dan mengalokasikannya untuk prospek yang lebih potensial.

  • Pengambilan Keputusan Lebih Cepat

Dengan berkomunikasi langsung dengan decision maker perusahaan klien, Anda dapat mempercepat waktu yang diperlukan dalam pengambilan keputusan. Hal ini tentu juga dapat mempercepat siklus penjualan dan mengurangi risiko adanya keterlambatan dalam proses penjualan.

  • Kemampuan untuk Menyesuaikan Pesan dan Prioritas

Sering kali, seorang decision maker memiliki pemahaman yang lebih mendalam terkait kebutuhan dan prioritas perusahaan. Dengan berinteraksi langsung dengan decision maker perusahaan klien, Anda dapat menyesuaikan pesan dalam strategi B2B telemarketing Anda agar pesan tersebut dapat mencerminkan kebutuhan, tujuan, dan kekhawatiran spesifik yang sedang dihadapi.

  • Meningkatkan Peluang Konversi

Ketika berkomunikasi dengan decision maker, maka Anda juga sama saja berbicara langsung dengan seseorang yang memiliki wewenang untuk mengambil keputusan. Hal ini dapat memungkinkan Anda untuk memiliki peluang yang lebih besar untuk membuat keputusan positif terhadap tawaran yang Anda berikan sekaligus dapat meningkatkan konversi penjualan Anda.

  • Membangun Hubungan yang Lebih Kuat

Dengan memiliki akses langsung menuju decision maker tentunya dapat membantu Anda dalam membangun hubungan yang lebih kuat dengan perusahaan klien Anda. Dengan adanya hubungan yang baik, maka Anda juga membuka peluang untuk menciptakan jalinan bisnis jangka panjang.

  • Memberikan Pengaruh dalam Penawaran dan Negosiasi

Berinteraksi langsung dengan decision maker dapat membuat Anda untuk berpartisipasi secara aktif dalam negosiasi dan memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan dan prioritas perusahaan klien Anda. Dengan memberikan pengaruh pada penawaran dan negosiasi terkait produk yang ditawarkan, maka Anda juga dapat meningkatkan penjualan Anda.

Baca Juga: 5 Perbedaan Telesales dan Telemarketing yang Perlu Anda Ketahui

  • Selangkah Lebih Maju dari Pesaing

Dengan adanya interaksi langsung antara Anda dengan decision maker perusahaan klien Anda, maka hal ini dapat membuat Anda selangkah lebih maju dibanding pesaing Anda yang mungkin hanya berkomunikasi melalui pihak yang tidak memiliki pengaruh langsung pada pengambilan keputusan.

Tingkatkan Kesuksesan Kampanye Telemarketing Anda!

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, Anda perlu melakukan berbagai strategi agar produk atau layanan yang Anda tawarkan tetap memiliki kompetensi dalam transaksi pasar. Untuk itu, mengenali decision maker dalam perusahaan menjadi salah satu hal penting yang harus Anda lakukan jika Anda ingin produk atau layanan Anda mengalami efisiensi dan peningkatan penjualan dalam strategi B2B telemarketing.

Dengan bantuan Ivosights, Anda dapat memaksimalkan kesuksesan kampanye B2B telemarketing yang Anda lakukan. Melalui Sociomile, layanan contact center yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, mewujudkan kesuksesan kampanye B2B telemarketing kini bukanlah suatu hal yang sulit dicapai. Jika Anda tertarik, hubungi Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami