7 Tips Cara Menyusun Skrip untuk Agen Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 12 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Berikut ini tips-tips penting yang perlu dilakukan dalam penyusunan skrip telemarketing"

Dalam industri telemarketing, skrip berperan sebagai panduan bagi agen telemarketing dalam berinteraksi dengan prospek maupun pelanggan. Skrip ini juga tidak dapat dibuat secara asal mengingat pentingnya peranannya dalam penerapan telemarketing. Skrip ini harus memenuhi ciri-ciri tertentu sehingga dapat disebut tersusun secara tepat. Sebelum memasuki bagaimana cara penyusunan skrip tersebut, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja fungsi-fungsi skrip untuk agen telemarketing.

Fungsi Skrip untuk Agen Telemarketing

Adanya skrip dalam bidang telemarketing memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut:

  • Petunjuk dan Referensi

Skrip memberikan petunjuk dan dapat dijadikan sebagai referensi agen telemarketing ketika melakukan percakapan dengan prospek atau pelanggan. Skrip ini akan membantu agen untuk memperoleh informasi yang diperlukan, menjelaskan produk atau layanan perusahaan secara jelas, serta mengarahkan alur percakapan sesuai yang diinginkan.

  • Konsistensi

Dengan menggunakan skrip yang tersusun secara terstruktur, komunikasi telemarketing dapat terjaga konsistensinya. Setiap agen akan menggunakan pola dan bahasa yang serupa sehingga pesan yang disampaikan kepada prospek atau pelanggan cenderung sama.

  • Efisiensi

Kemudian, skrip akan membantu agen telemarketing untuk berbicara secara efisien dan efektif. Dengan adanya skrip yang terstruktur, agen dapat menghindari kebingungan atau kehilangan kata-kata penting sehingga durasi dalam percakapan dapat dimanfaatkan secara optimal.

  • Pelatihan dan Pengembangan

Terakhir, skrip dapat digunakan sebagai alat pelatihan dan pengembangan bagi agen telemarketing baru. Dengan mengikuti skrip yang telah disiapkan, agen dapat belajar untuk berkomunikasi secara efektif dan meningkatkan keterampilan mereka seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Tips Menghadapi Penolakan dalam Telemarketing

Kenapa Skrip untuk Telemarketing Penting untuk Disusun secara Benar?

Penyusunan skrip untuk telemarketing dengan benar penting dilakukan dengan beberapa alasan di bawah ini:

  • Menghindari Kesalahan Komunikasi

Skrip yang disusun dengan baik membantu agen telemarketing menghindari kesalahan dalam berkomunikasi dengan prospek maupun pelanggan. Skrip memastikan bahwa pesan yang disampaikan sesuai dengan tujuan perusahaan dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

  • Meningkatkan Efektivitas

Skrip yang efektif dapat membantu agen telemarketing dalam menyampaikan informasi dengan jelas dan persuasif. Dengan menggunakan skrip yang telah teruji, kemampuan agen untuk mempengaruhi prospek atau pelanggan akan meningkat. Dengan ini, besar kemungkinannya bahwa mereka akan mengambil tindakan yang diinginkan agen.

  • Mengatasi Penolakan

Skrip yang baik juga membantu agen telemarketing mengatasi penolakan dari prospek atau pelanggan dengan lebih percaya diri namun tetap menjaga hubungan baik dengan mereka.

Ciri-Ciri Skrip Telemarketing Anda Sudah Tersusun dengan Tepat

Bagaimana cara mengetahui apakah skrip telemarketing Anda sudah tersusun dengan tepat? Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri skrip yang baik:

  • Jelas dan Sederhana¬†

  • Terstruktur

  • Memperhatikan Empati¬†

  • Mengandung Pertanyaan Strategis

  • Fleksibel dan Beradaptasi

Cara Menyusun Skrip untuk Agen Telemarketing

  • Kenali Target Audiens Anda

Memahami siapa target audiens Anda adalah langkah penting sebelum menyusun skrip. Ketahui profil dan karakteristik mereka agar Anda dapat menyusun skrip yang relevan dan menarik bagi mereka.

  • Mulai dengan Pengenalan yang Menarik

Pengenalan yang menarik adalah kunci untuk menarik perhatian prospek atau pelanggan. Buatlah pernyataan yang menarik atau cerita pendek yang relevan untuk memulai percakapan dengan baik.

  • Susun Poin-Poin Utama dengan Jelas

Susun poin-poin utama yang ingin Anda sampaikan dengan jelas dan terstruktur. Pastikan pesan Anda mudah dipahami dan disampaikan secara ringkas.

  • Gunakan Bahasa yang Persuasif

Gunakan bahasa yang persuasif dan memikat untuk meyakinkan prospek atau pelanggan. Gunakan kata-kata positif dan menggugah emosi untuk mempengaruhi keputusan mereka.

Baca juga: Bingung Bagaimana Menyapa Pelanggan? Simak Contoh Skrip Telemarketer

  • Sertakan Manfaat yang Jelas

Jelaskan manfaat yang jelas dan spesifik yang akan diperoleh oleh prospek atau pelanggan jika mereka membeli produk atau menggunakan layanan Anda. Berikan contoh nyata dan bukti yang mendukung.

  • Persiapkan Jawaban untuk Penolakan Umum

Antisipasi penolakan yang mungkin muncul dan persiapkan jawaban yang tepat. Buatlah argumen yang meyakinkan dan berikan solusi untuk mengatasi kekhawatiran atau keberatan prospek atau pelanggan.

  • Praktikkan dan Evaluasi

Praktikkan skrip Anda secara berkala dan evaluasi hasilnya. Tanyakan umpan balik dari agen telemarketing dan lakukan perbaikan jika diperlukan.

Sociomile Sebagai Layanan Pendukung Telemarketing

Dengan mengikuti tips-tips yang telah kami berikan, Anda dapat menyusun skrip yang efektif dan meningkatkan kinerja agen telemarketing Anda. Lakukan pengujian serta evaluasi terhadap skrip telemarketing ini supaya tetap relevan dan responsif terhadap kebutuhan pasar.

Jika Anda membutuhkan layanan pendukung telemarketing, kami punya solusinya. Mengenalkan Sociomile, sistem call center milik Ivosights yang mengintegrasikan 13 platform digital sehingga agen telemarketing cukup mengaksesnya melalui satu dashboard utama saja. Layanan ini juga mengutamakan kebebasan Anda dalam mengkustomisasi workflow, mulai dari dashboard, flow ticket, hingga reporting. Dapatkan layanan Sociomile, pendukung kinerja telemarketing, sekarang hanya dengan menghubungi kami Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami