5 Cara Menentukan Prospek Perusahaan dengan Tepat untuk Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 13 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Beginilah langkah yang tepat untuk menentukan prospek perusahaan Anda dengan telemarketing"

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, penentuan prospek penting dilakukan karena berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan. Prospek sendiri merupakan sebuah individu atau kelompok yang memiliki potensi menjadi pelanggan atau mitra bisnis yang bernilai. Menentukan prospek untuk perusahaan ini tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan, Anda perlu memerhatikan cara-cara berikut supaya prospek dapat memberikan keuntungan lebih untuk perusahaan Anda dengan telemarketing.

Apa Pengertian dari Prospek?

Seperti yang disebutkan di atas, prospek adalah sebuah individu atau kelompok yang berminat atau membutuhkan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Prospek ini juga berarti calon pelanggan yang berpotensi untuk melakukan transaksi atau bekerjasama dengan perusahaan. Penentuan prospek yang tepat ini mencakup identifikasi dan pemilihan individu atau kelompok berkemungkinan untuk menjadi pelanggan yang setia atau mitra bisnis yang menguntungkan.

Baca juga: Perbedaan Prospek dan Pelanggan, Agen Telemarketing Harus Tau!

Mengapa Anda perlu Menentukan Prospek yang Potensial dalam Berbisnis

Penentuan prospek yang berpotensi akan memberi manfaat bagi perusahaan, antara lain sebagai berikut:

  • Efisiensi Sumber Daya

Dengan penentuan prospek secara tepat, perusahaan dapat menghemat waktu, energi, dan sumber daya lainnya. Mengutamakan fokus pada prospek yang memang berminat dan membutuhkan produk atau layanan perusahaan akan mengoptimalkan upaya pemasaran dan penjualan.

  • Peluang Bisnis yang Lebih Baik

Kemudian, perusahaan akan lebih mudah mengidentifikasi peluang bisnis yang lebih baik. Salah satunya dalam bentuk pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif dan mengoptimalkan hasil penjualan.

  • Target Pemasaran yang Tepat

Dengan memahami kebutuhan dan preferensi prospek yang sesuai dengan kriteria tertentu, perusahaan dapat menyusun penulisan dan strategi penawaran yang relevan dan menarik bagi mereka.

  • Meningkatkan Tingkat Konversi

Perusahaan juga dapat meningkatkan tingkat konversi berkat penentuan prospek secara tepat. Prospek yang memiliki minat atau kebutuhan yang sesuai dengan produk atau layanan perusahaan lebih cenderung untuk melakukan pembelian atau menjalin kerjasama dengan perusahaan.

  • Membangun Hubungan Jangka Panjang

Selain itu, perusahaan akan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan atau mitra bisnis. Perusahaan dapat memberikan layanan yang memuaskan dan menjaga kepuasan pelanggan dengan mengetahui apa saja yang menjadi preferensi dan keinginan prospek.

Cara Menentukan Prospek untuk Perusahaan Secara Tepat

  • Analisis Data Pelanggan yang Ada

Lakukan analisis data pelanggan yang sudah ada untuk menentukan prospek yang berpotensial. Tinjau juga profil pelanggan dan identifikasi pola atau karakteristik yang relevan, seperti demografi, preferensi, atau perilaku pembelian.

  • Riset Pasar dan Segmentasi

Kemudian, lakukan riset pasar untuk memahami tren, kebutuhan, dan preferensi calon pelanggan. Lakukan juga segmentasi pasar untuk mengidentifikasi kelompok prospek yang memiliki karakteristik serupa. Segmentasi ini dapat dilakukan berdasarkan demografi, geografi, industri, atau preferensi produk.

  • Penggunaan Alat Analisis dan Pemetaan Data

Gunakan alat analisis dan pemetaan data yang tersedia untuk menentukan prospek yang tepat. Alat ini dapat membantu mengidentifikasi pola dan hubungan antara data pelanggan, demografi, atau lokasi geografis.

  • Kolaborasi dengan Tim Penjualan dan Pemasaran

Libatkan tim penjualan dan pemasaran dalam proses menentukan prospek. Lakukan diskusi dan evaluasi bersama karakteristik dan kriteria prospek yang diinginkan untuk mendapatkan masukan dari tim penjualan dan pemasaran.

  • Monitoring dan Evaluasi

Kemudian, lakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap upaya penentuan prospek yang dilakukan. Tinjau kinerja penjualan, respons pelanggan, dan data lainnya untuk mengukur efektivitas penentuan prospek yang sudah dilakukan.

Baca juga: Tanda-tanda Prospek Tertarik Dengan Penawaran Telemarketing Anda

Manfaat Penentuan Prospek yang Tepat dalam Berbisnis

Penentuan prospek yang tepat memberikan sejumlah manfaat untuk bisnis, antara lain:

  • Mengoptimalkan penggunaan sumber daya perusahaan.

  • Meningkatkan efektivitas upaya pemasaran dan penjualan.

  • Meningkatkan tingkat konversi pelanggan.

  • Memperkuat hubungan jangka panjang dengan pelanggan atau mitra bisnis.

  • Memperoleh peluang bisnis yang lebih baik.

Raih Pencapaian Target Penjualan Produk dengan Bantuan Sistem CRM!

Dengan memiliki pengetahuan tentang manfaat dan cara menentukan prospek, perusahaan Anda dapat mengoptimalkan upaya pemasaran, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan atau mitra bisnis. Perusahaan juga dapat menjalankan strategi pemasaran secara efektif untuk menarik prospek yang potensial.

Selain memperhatikan prospek yang Anda inginkan, tentunya perusahaan tetap harus berfokus pada upaya penjualan produk maupun layanan. Beberapa di antaranya menggunakan teknik telesales dan telemarketing. Anda juga harus menentukan target penjualan sebagai cara efektif untuk mengukur minat pelanggan terhadap produk yang dijual.

Untuk meningkatkan persentase banyaknya produk maupun layanan penjualan yang terpakai, Anda bisa menggunakan bantuan Sociomile, sistem contact center terpadu dari Ivosights. Sistem ini memadukan sebanyak 13 channel digital dalam satu dashboard utama sehingga agen dapat melakukan pemasaran dengan saluran mana saja, termasuk panggilan telepon. Sociomile juga mendukung panggilan inbound dan outbound sehingga dapat digunakan untuk menunjang kegiatan telesales, telesurvey, dan telemarketing. Apalagi sistem ini juga dilengkapi dengan custom workflow yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, mulai dari dashboard, reporting, hingga flow ticketing. Jika Anda penasaran dan ingin menggunakannya, Anda dapat menghubungi tim Ivosights untuk berdiskusi lanjut mengenai kebutuhan perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami