Apakah Penerapan Survei Berbayar Efektif untuk Mencapai Target Responden?

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 12 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Survei. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Survei. Shutterstock

"Simak artikel berikut ini untuk mengetahui apakah survei berbayar efektif atau tidak dalam mencapai target responden"

Dalam era informasi yang semakin berkembang, survei menjadi salah satu metode yang umum digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi dari responden. Tidak seperti survei pada umumnya, survei berbayar melibatkan pembayaran kepada responden sebagai imbalan atas partisipasinya dalam survei. Sebelum mengetahui apakah penggunaan survei ini efektif atau tidak, ada baiknya Anda kenali dahulu lebih dalam mengenai survei berbayar.

Apa Itu Survei Berbayar?

Survei berbayar adalah sebuah metode pengumpulan data yang memberikan imbalan kepada para responden karena berpartisipasi dalam survei. Dalam survei berbayar, responden menerima imbalan berupa uang tunai, voucher, hadiah, atau bentuk kompensasi lainnya. Pemberian hadiah ini merupakan bentuk penghargaan atas waktu dan usaha yang diluangkan untuk menjawab pertanyaan dalam survei.

Baca juga: Tingkatkan Strategi Pemasaran Menggunakan Survei Berbayar

Perbedaan Survei Berbayar dengan Survei Pada Umumnya

Perbedaan utama antara survei berbayar dengan survei umumnya terletak pada pemberian hadiah kepada responden. Dalam survei pada umumnya, responden diharapkan berpartisipasi secara sukarela. Sementara itu, survei berbayar akan memberikan hadiah imbalan kepada responden sebagai bentuk apresiasi atas partisipasinya. Dengan ini, responden akan lebih termotivasi untuk mengisi survei dengan lebih serius. Selain itu, survei berbayar sering kali menggunakan platform atau aplikasi khusus yang memfasilitasi proses survei dan pembayaran kepada responden.

Apakah Survei Berbayar Efektif untuk Mengumpulkan Responden dalam Jumlah Banyak?

Penggunaan survei berbayar telah terbukti efektif dalam mengumpulkan responden dalam jumlah banyak. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa survei berbayar sangat efektif:

  • Motivasi Tambahan

Imbalan yang diberikan dalam survei berbayar terbukti memberikan motivasi tambahan bagi responden untuk berpartisipasi dalam pengisian survei tersebut. Adanya imbalan dianggap sebagai bentuk penghargaan atas waktu dan usaha yang mereka luangkan.

  • Meningkatkan Tingkat Partisipasi

Survei berbayar cenderung memiliki tingkat partisipasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan survei pada umumnya. Dengan tingkat partisipasi yang tinggi, perusahaan dapat mengumpulkan data yang lebih representatif dan akurat.

  • Target Responden Lebih Tepat

Pemberian imbalan dalam survei berbayar memungkinkan perusahaan atau peneliti untuk mendapatkan responden dengan kriteria yang diinginkan.

Keunggulan Penerapan Survei Berbayar

Penerapan survei berbayar memberikan sejumlah keunggulan jika Anda terapkan. Beberapa keunggulan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kecepatan Pengumpulan Data

Dengan adanya motivasi tambahan bagi responden untuk mengisi pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, survei berbayar dapat mempercepat proses pengumpulan data. Perusahaan dapat lebih menghemat waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data dan dapat segera menganalisis hasil survei.

  • Kualitas Data yang Lebih Baik

Survei berbayar cenderung menghasilkan data yang lebih berkualitas akibat keseriusan dan kejujuran jawaban responden yang merasa dihargai dengan pemberian imbalan setimpal. Hal ini mengurangi kemungkinan adanya jawaban yang bersifat asal-asalan atau tidak akurat.

  • Penargetan yang Lebih Efektif

Dengan memberikan imbalan yang relevan, survei berbayar memungkinkan perusahaan dapat menargetkan responden dengan lebih efektif. Dalam survei berbayar, imbalan yang diberikan dapat disesuaikan dengan profil responden yang diinginkan, seperti usia, jenis kelamin, atau preferensi tertentu.

Baca juga: Cara Memenuhi Jumlah Kuota Responden Telesurvey

Sociomile, Alternatif dari Platform Survei Berbayar yang Tidak Kalah Efektif!

Setelah membaca artikel di atas, Anda sudah mengerti bahwa penggunaan survei berbayar terbukti efektif dalam mengumpulkan responden dalam jumlah banyak. Imbalan yang diberikan ini akan memberikan motivasi tambahan bagi responden untuk berpartisipasi dalam pengisian survei. Selain itu, survei berbayar memungkinkan perusahaan untuk menargetkan responden sesuai dengan kriteria yang diinginkan sehingga data yang diperoleh lebih akurat.

Sebagai alternatif dari penggunaan survei berbayar, Anda dapat memanfaatkan Sociomile untuk melakukan survei untuk memonitor kepuasan pelanggan terhadap produk maupun layanan yang diberikan oleh perusahaan. Survei ini dapat dilakukan pada lima channel digital yang semuanya terintegrasi dalam Sociomile. Dengan API Integration, para agen tidak perlu kesulitan untuk berpindah channel satu dengan yang lainnya. 

Tanggapan atau respon yang diberikan oleh para pelanggan akan ditampilkan secara langsung di dashboard Sociomile. Hasil survei ini akan memudahkan Anda untuk mengambil langkah selanjutnya dalam upaya memajukan perusahaan. Tunggu apalagi? Segera hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan sistem Sociomile ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami