Manajemen Krisis: Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring 

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 01 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.

"Sedang Berusaha untuk Mengatasi Krisis Digital? Simak pengertian Digital Media Monitoring dan juga perannya untuk keberhasilan pengelolaan krisis"

Dalam dunia yang serba digital di mana hampir semua orang menggunakan media sosial sekarang ini, kemampuan untuk mengelola krisis yang terjadi secara digital merupakan suatu kebutuhan bagi para pelaku bisnis. Mengelola krisis ini dapat berarti mencegah, mengantisipasi dan menanggulangi jika suatu saat terjadi. Cara untuk mengelola krisis ini bermacam-macam tergantung pada krisis seperti apa yang sedang dihadapi. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah menggunakan Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring yang juga ditawarkan Ivosights. Di dalam artikel yang penuh informasi ini, Anda akan meraih pemahaman mendalam seputar Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring dan cara memanfaatkannya untuk manajemen krisis. 

Apa Itu Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring

Social Monitoring Tools atau Social Media Monitoring Tools adalah sebuah alat berbentuk platform digital yang dibuat khusus untuk melaksanakan fungsi pemantauan, analisa, dan respon atas aktivitas yang terjadi dalam lingkup media sosial. Alat ini dapat melacak setiap kali ada interaksi yang berkaitan dengan brand baik itu melalui fitur like, share, comments atau pun mentions dengan memanfaatkan keywords, hashtags, dan memantau aktivitas pengguna tertentu. 

Sementara itu, Digital Media Monitoring adalah sebuah alat yang mengumpulkan data akurat dan detail terkait aktivitas digital. Aktivitas tersebut adalah perilaku pengguna, kinerja kampanye pemasaran, dan metrik kinerja. Data yang telah terkumpul dapat berfungsi untuk analisa tren, dan identifikasi peluang. Selain itu, fungsi lain Digital Media Monitoring adalah optimalisasi strategi marketing, operasional, dan keamanan. Digital Media Monitoring ini juga sangat bermanfaat dalam deteksi dan pencegahan ancaman siber, malware atau akses mencurigakan ke sistem atau aplikasi. Terdapat notifikasi real-time di dalam Digital Media Monitoring terkait dengan pelanggaran keamanan untuk respon kilat yang melindungi aset digital Anda. 

Bagaimana Cara Memanfaatkan Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring untuk Manajemen Krisis?

  • Mengoptimalkan Social Monitoring Tools

Dengan mengoptimalkan Social Monitoring Tools ini, Anda dapat mengetahui apa yang konsumen Anda katakan, rasakan, dan bagikan tentang bisnis yang sedang dijalankan. Selanjutnya, perusahaan bisa mengidentifikasi tren yang ada, menilai sentimen pengguna media sosial, dan memberikan respon berdasarkan strategi yang sudah dibuat. Kecepatan dan ketepatan respon yang diambil berdasarkan analisa dari Social Monitoring Tools sangat krusial untuk mengatasi krisis yang sedang dihadapi. 

  • Memaksimalkan Digital Media Monitoring

Dengan mengoptimalkan Digital Media Monitoring ini, Anda dapat mengukur kinerja kampanye pemasaran yang Anda jalankan serta melihat dampaknya secara objektif melalui analisis perilaku pengguna. Lebih jauh lagi, analisa yang didapatkan bisa menjadi bahan untuk mengambil keputusan dalam menghadapi krisis. 

  • Memahami Perilaku Konsumen 

Setelah data cara berperilaku konsumen terkumpul di dalam Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring, Anda dapat menggunakan data tersebut untuk memahami konsumen Anda berdasarkan perilakunya. Pemahaman ini kemudian dapat Anda manfaatkan untuk memutuskan respons dan pendekatan yang efektif dalam situasi krisis. Jika kedua hal tersebut sudah tepat, Anda berada satu langkah lebih dekat dengan penyelesaian krisis. 

  • Mengawasi Keterlibatan dan Jangkauan

Saat mengelola krisis digital, peran Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring tidak hanya terbatas pada memahami perilaku konsumen. Alat ini juga menjadi kunci untuk mengawasi keterlibatan dan jangkauan dari krisis yang sedang terjadi, seperti berapa banyak orang yang sudah terdampak dengan krisis ini. Dengan memantau aktivitas ini, Anda dapat mengukur sejauh mana krisis ini sudah terjadi sembari memikirkan cara terbaik untuk memberhentikan krisis menjadi lebih luas lagi. Dengan pengawasan ini, bisnis dapat memastikan jangkauan dan tingkat kesulitan krisis digital. 

  • Mengawasi Sentimen Publik

Saat menghadapi krisis digital, peran Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring menjadi lebih krusial dalam memantau sentimen publik melalui konten atau interaksi pelanggan dengan perusahaan. Tujuannya tetap sama, yaitu memonitor tingkat keparahan krisis dan memonitor sentimen publik. Pemantauan ini melibatkan reaksi pelanggan terhadap konten yang dibuat dan juga kata-kata yang digunakan ketika berinteraksi. Fungsi krusial ini memungkinkan perusahaan untuk menilai efektivitas strategi pengelolaan krisis secara digital.   

Mari Miliki Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring Dengan Ripple10 Sekarang!

Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring menjadi elemen penting untuk bisa menghadapi krisis dalam ranah digital. Sebagai seorang pengelola bisnis, Anda perlu memastikan bahwa perusahaan Anda bisa mengatasi krisis dengan baik sehingga tidak menimbulkan kerugian dalam skala besar. Kuncinya terletak pada optimalisasi penggunaan Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring milik perusahaan. Karena pentingnya Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring bagi sebuah bisnis, hampir seluruh perusahaan memperhatikan platform milik mereka untuk dampak jangka panjang. 

Setelah membaca artikel ini hingga akhir, Anda ingin membangun Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring untuk bisnis Anda sekarang? Serahkan pada kami! Ivosight merupakan perusahaan penyedia berbagai produk untuk meningkatkan Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring milik bisnis Anda. Dengan komitmen yang kuat dalam memberikan solusi untuk pelanggan kami dalam bidang Customer Engagement, kami telah dipercaya berbagai bisnis untuk meningkatkan kualitas Social Monitoring Tools dan Digital Media Monitoring mereka dan sekarang giliran Anda. Temukan lebih banyak informasi tentang Ripple10 dan raih kesuksesan bisnis Anda dengan Ivosights sekarang! 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami