Kampanye bisnis merupakan salah satu teknik marketing yang populer. Untuk bisa memaksimalkan profit, penting bagi perusahaan untuk bisa membentuk kampanye bisnis yang optimal. Untungnya, perkembangan teknologi memungkinkan perusahaan untuk menggunakan berbagai jenis alat atau perangkat lunak yang dapat membantu mereka melakukan hal ini, salah satunya adalah social monitoring tools. Simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan kampanye marketing bisnis dengan social monitoring tools!

Apa Itu Social Monitoring Tools?

Social monitoring tools adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memantau dan melacak aktivitas di berbagai platform media sosial. Social monitoring tools dapat membantu perusahaan untuk melacak percakapan digital yang relevan dengan bisnis mereka dan mengubahnya menjadi data yang dapat membantu perusahaan memahami sentimen pelanggan, segmentasi audiens, dan lain sebagainya.

Manfaat Social Monitoring Tools untuk Bisnis

Dengan social monitoring tools, Anda dapat melacak berbagai informasi yang ada pada platform media sosial dan berita online dengan menggunakan kata kunci tertentu. Dengan melacak informasi terkait perusahaan Anda, Anda dapat memahami percakapan yang dilakukan audiens Anda terkait bisnis Anda. Lewat hal ini, Anda dapat memahami audiens Anda dengan lebih mendalam dan mengetahui apa yang mereka inginkan dari bisnis Anda.

Social monitoring tools memungkinkan Anda untuk memantau percakapan secara real-time. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi krisis atau keluhan ketika hal tersebut terjadi saat itu juga. Hal ini akan mempercepat proses penanganan dan penyelesaian masalah.

Monitor tren adalah salah satu benefit menggunakan social monitoring tools. Anda dapat memantau dan menganalisis perubahan tren dalam industri bisnis Anda. Informasi ini akan sangat berguna untuk membuat keputusan bisnis yang baik.

Social monitoring tools juga memungkinkan Anda untuk melacak aktivitas kompetitor bisnis Anda. Dengan melakukan ini, Anda dapat mempertimbangkan aktivitas kompetitor dalam menyusun strategi kampanye atau pengembangan produk. Hal ini penting untuk memastikan bisnis Anda tetap memiliki keunggulan kompetitif dan satu langkah lebih maju.

Seiringan dengan monitor tren, social monitoring tools juga memungkinkan Anda untuk melakukan riset pasar dengan mudah. Anda dapat mengetahui perubahan dan perkembangan pasar dan melihat potensi untuk bisnis Anda. Informasi ini dapat digunakan untuk memastikan bisnis Anda tetap relevan dan Anda dapat membangun dan memperluas pangsa pasar bisnis Anda.

Brand awareness adalah hal yang sangat penting untuk keuntungan bisnis jangka panjang. Dengan social monitoring tools, Anda dapat mengetahui relevansi merek dagang Anda di mata publik. Anda juga dapat membandingkan bagaimana kompetitor dan pihak lain mempertahankan brand awareness mereka dan memanfaatkan informasi ini untuk membangun dan menjaga brand awareness yang kuat untuk bisnis Anda.

Social monitoring tools memungkinkan Anda untuk mengetahui persepsi pelanggan bisnis Anda tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat  mengevaluasi kualitas pelayanan pelanggan bisnis Anda dan menyusun strategi untuk meningkatkannya. Social monitoring tools juga memungkinkan Anda untuk merespons pertanyaan dan komentar, serta menangani keluhan pelanggan secara real-time, meningkatkan interaksi dan memperkuat hubungan pelanggan dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Teknik Canggih Memanfaatkan Social Monitoring Tools untuk Bisnis Anda

Cara Membentuk Kampanye yang Optimal dengan Social Monitoring Tools

Anda bisa memanfaatkan data yang ada pada social monitoring tools sebagai inspirasi untuk membuat kampanye. Perhatikan informasi penting dan dinamika data untuk menemukan ide kampanye dan konten bisnis.

Tetapkan tujuan pembuatan kampanye Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk menemukan berbagai kata kunci yang cocok untuk kampanye yang akan dibuat, membantu mempersempit dan mempercepat pencarian pada social monitoring tools.

Penting bagi Anda untuk memahami target audience kampanye yang dibuat. Gunakan social monitoring tools untuk melacak informasi seputar audiens tujuan Anda untuk membuat kampanye dan konten yang tepat sasaran

Untuk memastikan kampanye yang dibuat dapat berjalan dengan sukses, penting bagi Anda untuk membuat konten yang up-to-date dan relevan dengan tren. Gunakanlah social monitoring tools untuk menganalisis tren industri agar bisa membentuk kampanye yang memiliki relevansi dan urgensi yang tepat.

Kumpulkan seluruh data penting seperti yang tertera pada poin-poin di atas dan lakukan analisis terhadap data-data tersebut. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan insight yang lebih mendalam mengenai data yang didapatkan dari social monitoring tools

Pastikan Anda membentuk kampanye bisnis Anda dengan mempertimbangkan data yang sudah dikumpulkan dan dianalisis dari social monitoring tools. Perhatikan target audience, tujuan, dan tren untuk membentuk kampanye yang relevan dan sesuai.

Setelah merilis kampanye dan konten, Anda dapat menggunakan social monitoring tools untuk memantau respons publik terhadap kampanye yang diluncurkan. Fitur analisis sentimen pada social monitoring tools akan sangat berguna dalam melakukan hal ini. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengetahui pendapat publik dan audiens Anda mengenai kampanye yang telah dirilis.

Dalam situasi krisis, seperti muncul masalah atau keluhan, Anda dapat menggunakan social monitoring tools untuk menyelesaikannya dengan efisien. Social monitoring tools memungkinkan Anda untuk memantau secara real-time, mempercepat identifikasi dan memberikan kesempatan bagi Anda untuk melakukan intervensi dan manajemen krisis sesegera mungkin.

Gunakan media monitoring tools untuk melakukan evaluasi terhadap kampanye bisnis Anda. Perhatikan sejauh mana kampanye dan konten yang dirilis berhasil mencapai tujuan bisnis Anda dan apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki dan mengembangkannya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Social Monitoring Tools untuk Bisnis

Dapatkan Social Monitoring Tools Terbaik, Ripple10!

Kampanye marketing bisnis merupakan salah satu hal yang dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Dengan menggunakan social monitoring tools, perusahaan dapat membentuk kampanye yang lebih efektif dan relevan sehingga dapat memaksimalkan potensi profit mereka. Jika Anda ingin menggunakan social monitoring tools untuk mengoptimalkan kampanye bisnis Anda, Ripple10 adalah solusinya! Ripple10 adalah social monitoring tools terlengkap, no. 1 di Indonesia yang dapat membantu Anda mengubah percakapan online menjadi strategi bisnis yang optimal. Hubungi Ivosights sekarang juga dan dapatkan social monitoring tools terbaik, Ripple10!