Perbedaan antara IP Telephony dan VoIP

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 27 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Saat ini, banyak sekali orang yang salah membedakan antara IP Telephony dan VoIP. Berikut ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut perbedaan antara keduanya. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini"

Istilah "IP Telephony" dan "VoIP" sering digunakan secara bergantian. Namun ada perbedaan yang perlu Anda waspadai saat membuat keputusan pembelian. Bisnis sekarang menggunakan “Sistem IP Telephony” yang terkadang disebut juga sebagai IP PBX yang memanfaatkan Protokol Internet untuk menggantikan sistem telepon tradisional di kantor mereka. Namun, sistem IP Telephony menggunakan teknologi IP dalam jaringan data pribadi di satu lokasi atau di seluruh jaringan pribadi untuk mencapai lokasi terpencil.

Sedangkan, "VoIP" mengacu pada penggunaan Internet publik untuk membawa lalu lintas suara. Ketika Internet publik digunakan, Anda tidak memiliki kontrol langsung yang sama atas kualitas layanan seperti yang Anda lakukan melalui jaringan Anda sendiri, sehingga kemungkinan besar kualitas suara melalui Internet dapat menurun. Namun, jika dilakukan dengan benar, kualitas suara melalui Internet publik dapat sebagus saluran telepon tradisional. Undang kami untuk membahas detailnya.

Sebagai intinya, Anda dapat menggunakan IP Telephony melalui jaringan data Anda untuk menghubungkan situs jarak jauh dengan banyak pekerja atau menjangkau pekerja jarak jauh di kantor pusat. Jika Anda tidak memiliki jaringan pribadi, Anda dapat menggunakan Internet publik untuk mengaksesnya.

Keuntungan Memakai IP Telephony

  • Dari Segi Harga

Saat Anda melakukan panggilan pada saluran telepon tradisional, perusahaan telepon mengenakan biaya untuk setiap menit waktu panggilan. Untuk bisnis, ini bertambah karena ada ratusan, jika tidak ribuan, panggilan telepon per hari. Dengan telepon seluler, paket bulanan biasanya datang dengan jumlah menit terbatas, kecuali jika pengguna memiliki paket tak terbatas.

Jika seseorang melebihi menitnya, mereka akan ditagih lebih banyak pada bulan berikutnya. Jika seseorang memiliki paket telepon prabayar, maka mereka harus menambahkan menit tambahan sebelum habis. Dengan IP, khususnya VoIP, satu-satunya biaya yang terjadi setiap bulan adalah dari penyedia layanan internet. Penghematan ini bertambah dengan cepat untuk bisnis, terutama untuk telepon rumah.

Baca Juga: Catat! Tanda-tanda Bisnis Anda Sudah Membutuhkan IP Telephony

  • Dapat Diakses Seluruh Dunia

Karena IP Telephony bersifat nirkabel dan portabel, semakin banyak perusahaan yang melihat manfaat mempekerjakan karyawan yang dapat bekerja dari jarak jauh. Ini sering dilihat sebagai skenario win-win untuk kedua belah pihak. Bagi para karyawan, bekerja dari rumah memiliki banyak manfaat. Mereka tidak hanya harus berurusan dengan kemacetan lalu lintas, tetapi juga menghemat bahan bakar, keausan untuk kendaraan mereka, dan mereka dapat mencuci pakaian sambil bekerja dari rumah.

Sedangkan untuk bisnis, membuat karyawan bekerja dari rumah menghemat biaya overhead, memungkinkan ruang kantor yang lebih kecil, dan membuat karyawan lebih produktif. Bisnis bahkan akan menghemat biaya perlengkapan kantor, dan mereka tidak perlu khawatir tentang cuaca buruk yang mencegah karyawan pergi ke kantor.

  • Penggunaan Bandwith yang Lebih Baik

Dilansir dari sebuah situs Telavox, ada sebuah studi Swedia yang diterbitkan pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa 35% sampai 50% dari rata-rata percakapan telepon tidak bersuara. Jika percakapan telepon rata-rata dengan pelanggan adalah 30 menit, itu berarti 11 sampai 15 menit hening. Jika paket darat berharga 7 sen per menit, maka pemberi kerja menghabiskan mulai dari $0,77 hingga $1,05 per panggilan telepon untuk mendengarkan keheningan. 

Jika ada empat panggilan per hari, maka dalam sebulan rata-rata maka keheningan akan membebani bisnis mulai dari $61,60 hingga $84 per bulan. Bayangkan biaya keheningan itu dari semua telepon di bisnis Anda. Studi mengemukakan metode untuk mengurangi konsumsi bandwidth sebesar 35%. Deteksi Aktivasi Suara (VAD) tidak mengirimkan paket jika tidak ada suara di kedua ujung saluran. Sebaliknya, suara kenyamanan (suara buatan yang dihasilkan pada volume rendah tapi terdengar) mengisi keheningan, untuk mencegah ketakutan akan pemutusan hubungan.

Baca Juga: Tips dan Trik Meningkatkan Layanan Pelanggan Menggunakan IP Telephony

  •  Skalabilitas

Karena perusahaan yang berlangganan layanan telepon kabel harus membayar untuk setiap saluran telepon, serta berapa lama setiap karyawan melakukan panggilan keluar, mereka seringkali dibatasi oleh jumlah saluran telepon yang mampu mereka beli. Selain itu, hal tersebut menjadi sangat mahal dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, sistem IP Telephony tidak memiliki batasan seperti itu. Jika bisnis Anda perlu menambahkan saluran telepon lain, yang harus mereka lakukan hanyalah menambahkan IP Telephony ke router perusahaan dan tidak perlu khawatir tentang biaya saluran telepon tambahan. IP Telephony nirkabel dan semua perutean panggilan dilakukan di cloud. Artinya, bisnis yang Anda lakukan tidak memerlukan pusat panggilan khusus untuk menangani panggilan. Selain itu, IP Telephony sangat portabel dan panggilan dapat ditangani oleh pekerja jarak jauh di sisi lain negara atau dunia.

  •  Mudah diintegrasikan

Layanan IP Telephony sangat mudah diintegrasikan ke dalam infrastruktur bisnis yang ada. Dengan layanan IP Telephony, faks dapat dikirim melalui email dan data kartu kredit dikirim melalui jaringan jauh lebih cepat. Karena semuanya lebih cepat, itu akan secara signifikan meningkatkan produktivitas dalam angkatan kerja. Ini juga memungkinkan layanan pelanggan yang lebih besar, karena informasi dapat dibawa, dikirim, dan diterima dengan lebih cepat.

Itulah beberapa penjelasan singkat antara IP Telephony dan VoIP yang masih sering keliru. Kami juga menambahkan beberapa informasi tentang keuntungan memakai IP Telephony. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami