Ketahui Lebih Dalam: Sociograph Keyword pada Social Listening Platform

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 13 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Platform. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Platform. Shutterstock.

"Sociograph keyword pada social listening platform dapat membantu bisnis memahami hubungan antara kata kunci atau frasa tertentu. Ketahui lebih dalam di sini!"

Media digital kini merupakan salah satu sumber informasi terbesar dan terlengkap. Informasi pada media digital ini tidak hanya berguna untuk kepentingan pribadi saja, tetapi juga untuk kepentingan bisnis. Melalui media digital, bisnis dapat mengumpulkan berbagai wawasan terkait pasar, industri, dan brand mereka yang dapat membantu mereka dalam membentuk strategi yang tepat. Salah satu alat yang dapat membantu bisnis untuk mengumpulkan wawasan dari media digital adalah social listening platform. Social listening platform memiliki berbagai fitur yang dapat membantu perusahaan mengubah percakapan dari media digital menjadi wawasan untuk strategi bisnis, salah satu fitur tersebut sociograph keyword. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam apa itu sociograph keyword pada social listening platform!

Apa Itu Social Listening Platform?

Social listening platform adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu sebuah perusahaan atau organisasi untuk melakukan social listening terkait perusahaan atau organisasi mereka. Social listening platform dilengkapi oleh fitur-fitur yang memungkinkan bisnis untuk melacak, memantau, dan menganalisis percakapan yang terjadi di media sosial dengan memasukan kata kunci yang terkait dengan merek mereka.

Apa Itu Sociograph Keyword?

Sociograph keyyword adalah salah satu fitur yang ada pada social listening platform yang memungkinkan Anda untuk memantau dan menganalisis aktivitas yang terjadi di dunia maya secara lebih mendalam dengan menggunakan kata kunci atau frasa tertentu. Sociograph keyword dapat memberikan informasi mengenai hubungan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut, sehingga dapat memberikan gambaran mengenai jaringan sosial kata kunci tersebut. 

Manfaat Social Listening Platform untuk Bisnis

  • Memahami Tren dan Pasar

Dengan menggunakan social listening platform, bisnis dapat memantau tren dan perubahan pasar secara real-time. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk menyesuaikan strategi pemasaran dan produk atau jasa yang ditawarkan agar bisnis mereka tetap relevan dan kompetitif.

  • Mengidentifikasi Peluang dan Tantangan Bisnis

Sehubungan dengan poin di atas, social listening platform dapat membantu bisnis untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam berbisnis. Dengan mengetahui tren dan perubahan pasar, bisnis dapat mengidentifikasi peluang dan tantangan pada industri mereka. Hal ini adalah hal yang penting untuk diketahui dan dapat membantu bisnis untuk mengoptimalkan peluang kesuksesan kampanye pemasaran.

  • Memantau Aktivitas Pesaing

Salah satu fitur social listening platform yang paling utama adalah monitor kompetitor. Dengan fitur ini, perusahaan dapat memantau aktivitas pesaing, termasuk produk dan jasa yang mereka tawarkan hingga kampanye promosi kompetitor yang sedang berlangsung. Dengan data ini, perusahaan dapat mengukur tantangan yang akan mereka hadapi dan mempertimbangkan hal tersebut untuk mengambil langkah yang paling efektif dalam melakukan kompetisi bisnis.

  • Mendeteksi Sentimen Pelanggan

Dengan social listening platform, perusahaan dapat mendeteksi sentimen pelanggan, baik sentimen positif, negatif, maupun netral. Dengan memahami hal ini, perusahaan dapat mengetahui bagaimana opini publik terhadap merek dagang mereka. Selain itu, perusahaan dapat melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan sentimen pelanggan yang dapat menjaga reputasi bisnis mereka.

  • Menangani Krisis dengan Efektif dan Efisien

Social listening platform memungkinkan perusahaan untuk memantau percakapan online secara terus menerus. Hal ini berarti, jika terjadi suatu masalah, perusahaan dapat dengan cepat mendeteksinya dan menyelesaikan masalah tersebut. Perusahaan juga dapat menganalisis data yang didapat dari social listening platform untuk memahami keluhan pelanggan dan mengambil langkah penanganan yang efektif, memberikan kepuasan pelanggan jangka panjang.

  • Meningkatkan Layanan Pelanggan

Data-data yang didapat dari social listening platform dapat membantu perusahaan untuk memahami sentimen, kebutuhan, dan keinginan pelanggan. Selain itu, perusahaan juga dapat mengetahui kekurangan produk atau jasa yang ditawarkan serta keluhan pelanggan terhadap pengalaman transaksi mereka. Semua data ini dapat digunakan perusahaan untuk melakukan langkah yang sesuai agar dapat meningkatkan kualitas produk atau jasa serta layanan pelanggan. Hal ini dapat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan secara keseluruhan.

Baca Juga: Simak Berbagai Fitur Penting dalam Social Listening Platform

Cara Kerja Sociograph Keyword dalam Social Listening Platform

  • Pengumpulan Data

Pertama, Anda dapat mengumpulkan data yang akan dianalisis oleh sociograph keyword. Social listening platform dapat mengumpulkan data-data berdasarkan kata kunci yang dimasukkan dari berbagai media digital dan data ini dapat menjadi bahan bagi sociograph keyword.

  • Analisis Data

Setelah data terkumpul, sociograph keyword akan menganalisis data yang ada pada social listening platform. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kata kunci dengan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut.

  • Pembuatan Diagram Berdasarkan Data

Setelah data dianalisis, sociograph keyword pada social listening platform akan membuat diagram berdasarkan hasil analisis tersebut. Diagram ini menggambarkan hubungan antara kata kunci dengan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut.

  • Memahami Hubungan Data yang Ada

Setelah diagram selesai dibuat, Anda dapat mengakses social listening platform untuk memahami hubungan data tersebut. Sociograph keyword dapat memberikan informasi mengenai jaringan sosial kata kunci tersebut, serta kelemahan dan kekuatan dari jaringan sosial tersebut. Data ini dapat menjadi wawasan penting untuk memahami pasar dan audiens, serta menentukan strategi bisnis yang tepat.

Baca Juga: Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Social Listening Platforms

Dapatkan Social Listening Platform Terbaik, Ripple10!

Dengan adanya sociograph keyword, social listening platform dapat membantu bisnis untuk memahami hubungan antara kata kunci terkait bisnis mereka dengan pembuat kata kunci tersebut. Informasi ini dapat menjadi wawasan penting untuk semakin memahami pola perilaku audiens dan juga perubahan tren industri mereka. Dengan begitu, perusahaan dapat menentukan strategi bisnis yang efektif berdasarkan data yang didapat. Jika Anda mencari social listening platform untuk mendukung bisnis Anda, Ripple10 adalah jawabannya! Ripple10 adalah social listening platform terlengkap, no. 1 di Indonesia yang memiliki berbagai fitur canggih yang dapat membantu Anda mengubah percakapan di dunia digital menjadi strategi bisnis yang optimal. Hubungi Ivosights dan dapatkan Ripple10 sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami