Social Listening dan Digital Monitoring: Pilih Mana?

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 13 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Social Listening. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Social Listening. Shutterstock.

"Social listening dan digital monitoring merupakan suatu strategi yang sangat berguna untuk bisnis. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya"

Ada banyak cara bagi para pemilik bisnis untuk memperlancar bisnis mereka, beberapa cara diantaranya adalah dengan menggunakan social listening dan digital monitoring. Kedua cara tersebut adalah salah satu cara terbaik di era digital dan modern yang saat ini sudah berkembang pesat. Media sosial juga merupakan sumber terbaik untuk memantau konsumen dan cara pelanggan berinteraksi sehingga bisa dengan mudah bagi para pemilik bisnis memantau hal-hal apa saja yang sering mereka bicarakan. Yuk, simak penjelasannya.

Apa Itu Social Listening

Social listening adalah sebuah teknik atau strategi bisnis dengan cara memantau sosial media untuk melihat merek atau nama bisnis yang dimiliki. Pelacakan ini bisa didasari dengan percakapan masyarakat terhadap merek bisnis yang dimiliki yang bisa diandalkan dan mempengaruhi terhadap nilai bisnis itu sendiri di mata masyarakat. Social listening bisa digunakan juga untuk melihat dan memantau brand awareness bisnis yang dimiliki.

Lebih lanjut, social listening bukan hanya berfungsi untuk memantau perkembangan bisnis sendiri, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk melacak dan memantau bisnis pesaing. Tujuannya untuk membandingkan dan melihat apakah bisnis pesaing lebih unggul dibandingkan bisnis sendiri atau tidak. Teknologi ini dapat digunakan untuk menginformasikan segalanya mulai dari pemasaran dan strategi produk hingga layanan dan dukungan pelanggan, membantu Anda membuat keputusan yang lebih cerdas dan berdasarkan data yang akan berdampak positif pada keuntungan bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Social Listening Tools yang Perlu Anda Coba!

Apa Itu Digital Monitoring

Digital monitoring adalah proses pemantauan dan menganalisis aktivitas masyarakat secara digital atau daring seperti media sosial, web, forum, dan lain-lain. Kegiatan yang satu ini sangat berguna untuk menganalisis dan memahami perilaku masyarakat dalam konteks digital sehingga memiliki fungsi yang tepat untuk bisnis agar bisa menyatu dan mengerti tren terbaru yang ada.

Kegiatan digital monitoring bisa dilakukan secara manual oleh perusahaan atau dilakukan secara otomatis menggunakan tools yang terdapat di media online seperti Google Analytics, tagar, dan lain-lain. Kegiatan yang satu ini sangat berguna untuk berbagai macam bidang yang memiliki koneksi yang dekat dengan masyarakat sehingga mudah untuk menjual produk atau layanan jasa.

Manfaat Social Listening dan Digital Monitoring untuk Bisnis

Melihat penjelasannya social listening dan digital monitoring memiliki peran dan fungsinya tersendiri. Kedua strategi tersebut juga sangat berfungsi untuk para pemilik bisnis jika digunakan sesuai fungsi dan dimanfaatkan kelebihannya. Selanjutnya, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai manfaat social listening dan digital monitoring. Simak penjelasannya, ya!

  • Memantau Perkembangan Bisnis di Masyarakat

Perkembangan bisnis bisa didasari oleh pemantauan dan melakukan analisis di kalangan masyarakat. Hal tersebut bisa dengan mudah dilakukan dengan melakukan social listening dan digital monitoring oleh para pemilik bisnis. Dengan memantau perkembangan bisnis di masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan opini dan masukan yang membangun.

  • Mendapatkan Insight Terbaru

Insight terbaru juga bisa didapatkan dengan mudah melalui strategi social listening dan digital monitoring yang dilakukan secara berkala. Insight terbaru bisa membangun bisnis untuk mendapatkan ide dan kreativitas yang lebih sempurna yang didapatkan melalui analisis di kalangan masyarakat.

  • Mengetahui Tren dan Pembicaraan Paling Dibicarakan oleh Masyarakat

Tren dan pembicaraan yang paling sering dibicarakan di kalangan masyarakat bisa menjadi peluang untuk bisnis semakin berkembang dan bisa meningkatkan brand awareness terhadap bisnis itu sendiri. Anda bisa melakukannya dengan mudah mendapatkannya dengan melakukan strategi social listening dan digital monitoring.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Social Listening Tools

  • Mendapatkan Peluang untuk Meningkatkan Bisnis

Peluang untuk meningkatkan bisnis bisa didapatkan dengan cara melakukan social listening dan digital monitoring. Dengan pemantauan, para pemilik bisnis bisa melihat komplain, saran, bahkan pesaing sehingga bisa meningkatkan kualitas bisnis yang dimiliki.

Yuk, Andalkan Ivosights untuk Social Listening dan Digital Monitoring untuk Bisnis Anda!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Di Ivosights, Anda akan dengan mudah mendapatkan layanan terbaik untuk social media listening, lho! Kami menyediakan platform digital listening untuk memonitor perkembangan bisnis Anda di berbagai macam sosial media, termasuk YouTube, forum, hingga news portal. Ripple10 dari Ivosights merupakan a-real time platform untuk mendengarkan percakapan, sentimen, engagement terhadap audiens untuk perkembangan bisnis yang lebih maju dan memadai. Tunggu apalagi? Hubungi call center Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami