Bingung Pilih Sistem Contact Center? Ini Tips dan Triknya!

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 11 Oktober 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Sistem Contact Center.
Ket. Foto: Ilustrasi - Sistem Contact Center.

"Pahami cara memilih sistem contact center yang tepat untuk bisnis Anda. Simak tips dan trik memilih sistem contact center terbaik!"

Di era digital saat ini, bisnis dituntut untuk memberikan layanan pelanggan yang cepat, responsif, dan berkualitas. Untuk itulah sistem contact center hadir sebagai solusi yang bisa mempermudah pengelolaan customer service Anda. Tetapi, dengan begitu banyak pilihan di luar sana, bagaimana caranya memilih sistem contact center yang tepat? tenang, artikel ini akan memberikan panduan lengkapnya! 

Apa Itu Sistem Contact Center

Sistem contact center adalah platform yang mengelola komunikasi antara perusahaan dan pelanggan melalui berbagai saluran, seperti telepon, email, chat hingga media sosial. Dengan sistem contact center, setiap interaksi pelanggan dapat ditangani lebih efisien, baik untuk menangani pertanyaan, keluhan, maupun permintaan layanan. Sistem contact center memungkinkan bisnis untuk menjawab lebih banyak pelanggan dalam waktu singkat, meningkatkan pengalaman mereka, dan memastikan bahwa tak ada pertanyaan atau keluhan yang terlewat. 

Keunggulan Sistem Contact Center

  • Pelayanan 24/7

Sistem contact center memungkinkan perusahaan memberikan layanan pelanggan tanpa henti, baik siang maupun malam. Hal ini sangat penting untuk perusahaan yang beroperasi secara global atau yang memiliki pelanggan dari zona waktu yang berbeda. 

  • Multi-Channel Integration 

Dengan sistem contact center, Anda bisa mengelola berbagai saluran komunikasi dalam satu platform. Tidak perlu membuka banyak aplikasi untuk menjawab telepon, email, dan media sosial. Semuanya sudah terintegrasi. 

  • Peningkatan Produktivitas 

Tenaga kerja customer service akan lebih produktif, karena sistem contact center ini membantu mereka mengelola interaksi dengan lebih terstruktur. Setiap permintaan atau keluhan dapat dilacak, diprioritaskan, dan diselesaikan dengan lebih cepat. 

  • Data dan Analitik 

Dengan sistem contact center ini, Anda bisa mengetahui berapa banyak panggilan yang dijawab, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menangani setiap permintaan, serta matrik penting lainnya. Data yang disediakan oleh sistem contact center ini memungkinkan Anda untuk menganalisis pola dan tren dalam interaksi pelanggan. Dengan informasi tersebut, Anda bisa mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan terus meningkatkan kualitas layanan customer service. Selain itu, sistem contact center memungkinkan Anda untuk memantau efisiensi tim secara real-time, sehingga setiap keputusan berbasis data bisa langsung diimplementasikan demi hasil yang lebih baik.

Baca Juga: Sistem Contact Center Masa Depan: Menggabungkan Teknologi dan Empati

Tips dan Trik Memilih Sistem Contact Center 

  • Pastikan Sesuai dengan Kebutuhan Bisnis Anda 

Jangan langsung tergiur dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan berbagai sistem contact center. Evaluasi dulu kebutuhan bisnis Anda. Jika bisnis Anda masih kecil, mungkin tidak perlu sistem contact center yang sangat kompleks. Cukup fokus pada fitur-fitur penting seperti telepon dan email. 

  • Pilih yang Mendukung Multi-Channel 

Saat ini, pelanggan ingin berkomunikasi melalui berbagai saluran. Mulai dari telepon hingga media sosial. Pastikan sistem contact center yang Anda pilih mampu mengintegrasikan semua saluran komunikasi tersebut agar lebih praktis. 

  •  Perhatikan Kemudahan Pengguna 

Tidak semua sistem contact center mudah digunakan. Pilihlah sistem contact center yang mudah dipahami oleh tim Anda. Dengan begitu, mereka bisa segera memaksimalkan sistem tanpa butuh banyak waktu untuk belajar. 

  • Skalabilitas yang Fleksibel 

Bisnis Anda kemungkinan besar akan terus berkembang. Maka, pilihlah sistem contact center yang fleksibel dan bisa di-upgrade sesuai kebutuhan di masa depan. Jangan sampai Anda harus mencari solusi baru ketika bisnis semakin besar.

  • Cek Dukungan Pelanggan 

Pilih penyedia sistem contact center yang menawarkan dukungan pelanggan yang baik. Penting untuk memastikan bahwa penyedia sistem contact center tersebut memiliki tim dukungan yang responsif dan siap membantu ketika ada masalah teknis. Jika ada gangguan atau kendala, tim dukungan dari sistem contact center yang andal akan cepat tanggap untuk memberikan solusi. Jangan sampai layanan bisnis terganggu hanya karena dukungan teknis dari sistem contact center yang kurang memadai. Pastikan penyedia sistem contact center yang Anda pilih memiliki reputasi baik dalam hal kecepatan dan kualitas dukungan teknis.

Gunakan Sistem Contact Center dari Sociomile!

Masih bingung mencari sistem contact center yang cocok? Sociomile dari Ivosights bisa menjadi solusi tepat untuk bisnis Anda. Sociomile adalah sistem contact center terlengkap untuk membantu brand dalam melakukan interaksi pelanggan dari beragam kanal secara efektif dan efisien tanpa perlu membuka platform berbeda satu persatu. Sociomile mengintegrasikan 13 kanal digital dan Voice dalam satu Dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis.Dengan fitur multi-channel yang lengkap, kemudahan penggunaan, serta fleksibilitas tinggi, Sociomile siap membantu Anda memberikan layanan pelanggan terbaik. Tidak perlu ragu lagi! Hubungi Ivosights sekarang juga dan maksimalkan pengelolaan customer service Anda dengan sistem contact center dari Sociomile. Tingkatkan kepuasan pelanggan dan kelola komunikasi bisnis Anda dengan lebih mudah!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami