Tips Memilih Provider SIP Trunk yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 03 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock

"Banyaknya provider penyedia SIP Trunk membuat Anda harus pandai-pandai memilih provider yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda!"

SIP Trunk merupakan sebuah solusi komunikasi yang semakin populer di kalangan perusahaan berkat fleksibilitas dan efisiensinya dalam mengintegrasikan layanan suara dan data. Hal ini dikarenakan SIP Trunk menggunakan jaringan berbasis IP sehingga tidak memerlukan infrastruktur fisik layaknya jaringan telepon konvensional. Apalagi, perusahaan juga bisa melakukan panggilan darimana saja dengan perangkat yang mereka gunakan, berbeda dengan telepon kantor yang hanya bisa diakses di lingkungan kantor saja. Banyaknya manfaat yang ditawarkan SIP Trunk membuat bermunculannya beberapa pihak provider SIP Trunk yang menyediakan layanan ini. Dengan berbagai provider SIP Trunk yang ada, Anda juga harus mempertimbangkan untuk memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Supaya memudahkan Anda, artikel ini akan membahas lebih lanjutnya tentang sejumlah tips dalam memilih provider SIP Trunk.

Pengertian SIP Trunk

SIP Trunk merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan komunikasi suara melalui jaringan IP (Internet Protocol). Layanan ini menggantikan jalur telepon konvensional dengan menggunakan koneksi internet untuk mengirim dan menerima panggilan suara. Dengan SIP Trunk, perusahaan dapat menggabungkan layanan suara dan data dalam satu jalur komunikasi, menghemat biaya, dan meningkatkan efisiensi.

Mengapa Perusahaan Anda Memerlukan SIP Trunk?

Inilah beberapa alasan mengapa perusahaan Anda memerlukan SIP Trunk:

  • Skalabilitas

Layanan SIP Trunk memudahkan perusahaan untuk menambah atau mengurangi kapasitas panggilan sesuai kebutuhan bisnis tanpa harus mengganti infrastruktur fisik.

  • Efisiensi Biaya

Dengan menggantikan jalur telepon tradisional, perusahaan dapat mengurangi biaya komunikasi hingga 60%. Biaya panggilan antar kantor atau cabang menjadi lebih terjangkau karena menggunakan jaringan internet.

  • Fitur Lengkap

SIP Trunk menyediakan berbagai fitur lengkap seperti sistem telekonferensi, voice messaging, caller ID untuk meningkatkan produktivitas dan kemudahan berkomunikasi.

  • Fleksibilitas

Layanan ini memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan sistem telepon dengan berbagai jenis perangkat, termasuk telepon IP, komputer, dan perangkat mobile.

Baca juga: Inilah 5 Tanda-Tanda Perusahaan Anda Membutuhkan SIP Trunk

Beberapa Cara yang Digunakan untuk Mendapatkan SIP Trunk

Ada beberapa cara untuk mendapatkan layanan SIP Trunk, di antaranya sebagai berikut:

  • Melalui Provider Telekomunikasi

Banyak provider telekomunikasi menawarkan layanan SIP Trunk sebagai bagian dari paket layanan komunikasi mereka.

  • Dengan Menggunakan PABX IP

Jika perusahaan Anda sudah menggunakan sistem PABX IP, Anda dapat meminta penyedia layanan PABX untuk menyediakan koneksi SIP Trunk.

  • Melalui Cloud Service Provider

Beberapa cloud service provider juga menyediakan layanan SIP Trunk yang dapat diintegrasikan dengan solusi cloud yang sudah Anda gunakan.

Tips Memilih Provider SIP Trunk yang Sesuai dengan Kebutuhan

Dalam memilih provider SIP Trunk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda mendapatkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan:

  • Kebutuhan Kapasitas Panggilan

Pastikan Anda memilih provider yang mampu mengakomodasi kebutuhan kapasitas panggilan perusahaan Anda. Periksa seberapa banyak panggilan yang dapat ditangani oleh provider dalam satu waktu.

  • Kualitas Layanan

Lakukan pengecekan kualitas layanan yang diberikan oleh provider, terutama dalam hal kejernihan panggilan suara dan minimnya gangguan.

  • Fitur dan Skalabilitas

Pastikan provider menyediakan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Selain itu, periksa juga kemampuan skalabilitasnya jika perusahaan Anda merupakan perusahaan yang sedang berkembang.

  • Biaya dan Kontrak

Bandingkan biaya layanan dari beberapa provider dan periksa juga detail kontraknya, termasuk durasi kontrak dan kebijakan pembatalan.

  • Dukungan Pelanggan

Pastikan provider memiliki layanan dukungan pelanggan yang responsif dan siap membantu jika terjadi masalah teknis.

  • Reputasi dan Ulasan

Terakhir, lakukan riset tentang reputasi provider dan baca beberapa ulasan dari pelanggan mereka sebelum membuat keputusan.

Baca juga: 5 Tantangan dan Hambatan yang Dialami dalam Migrasi ke SIP Trunk

Percayakan Ivosights sebagai Salah Satu Penyedia SIP Trunk Terpercaya!

Ivosights menyediakan beberapa teknologi pendukung komunikasi perusahaan, termasuk komunikasi internal maupun eksternal dari perusahaan. Dengan menggunakan SIP Trunk, Anda dapat mengurangi biaya operasional perusahaan terkait infrastruktur telepon tradisional, menyesuaikan kapasitas komunikasi sesuai kebutuhan, serta menggabungkan berbagai jenis komunikasi dalam satu platform tunggal, mulai dari suara, panggilan video, hingga pesan data.

Tak hanya itu, Ivosights juga termasuk salah satu provider SIP Trunk terpercaya. Hal ini karena kami sudah mendapatkan lisensi resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika sehingga Anda tidak perlu meragukan lagi jasa kami. Tunggu apalagi? Segera lakukan konsultasi dengan kami terkait pemasangan sistem SIP Trunk ini.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami