Inilah Cara Memantau Jaringan SIP Trunk Secara Konsisten

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 03 Oktober 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock

"Selain mengetahui cara memantau jaringan SIP Trunk secara konsisten, Anda juga akan diberikan penjelasan berupa alasan, metrik yang digunakan, serta manfaatnya!"

Komunikasi bisnis melalui panggilan suara saat ini sangat bergantung pada dukungan jaringan yang disediakan oleh teknologi SIP Trunk. Hal ini disebabkan karena jaringan SIP Trunk cenderung lebih berkualitas namun memerlukan biaya yang lebih sedikit dibandingkan jaringan konvensional. Namun, untuk memastikan kualitas dan kehandalan dari jaringan SIP Trunk, penting bagi Anda untuk memantau jaringan SIP Trunk secara konsisten.

Apa Itu SIP Trunk?

SIP Trunk merupakan sebuah protokol komunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima suara, video, dan data melalui jaringan IP. Menggunakan SIP Trunk memungkinkan penggunanya menghubungkan sistem telepon mereka ke jaringan publik atau swasta menggunakan internet. Kehadiran SIP Trunk juga menggantikan jalur telepon tradisional dan menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam mendukung komunikasi bisnis.

Alasan Mengapa Jaringan SIP Trunk Harus Dipantau Secara Konsisten

Berikut ini adalah lima alasan mengapa jaringan SIP Trunk harus dipantau secara konsisten:

  • Memastikan Kualitas Panggilan yang Tinggi

Dengan memantau jaringan SIP Trunk secara konsisten, Anda dapat mengidentifikasi apakah terdapat masalah yang terkait dengan kualitas panggilan dalam bisnis seperti jitter, latensi, atau gangguan lainnya. Anda juga dapat mengambil tindakan perbaikan dalam waktu secepat mungkin.

  • Menghindari Downtime yang Mahal

Downtime jaringan dapat merugikan bisnis Anda secara finansial dan merusak reputasi. Melakukan pemantauan jaringan SIP Trunk secara konsisten memungkinkan Anda untuk mendeteksi masalah sebelum mereka menyebabkan downtime yang mahal.

  • Keamanan Data yang Lebih Baik

Pemantauan jaringan tidak hanya melihat dari segi kualitas panggilan, tetapi juga tentang keamanan data. Melakukan pemantauan jaringan dengan tepat membuat Anda dapat mendeteksi adanya upaya peretasan atau aktivitas mencurigakan dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi data-data penting bisnis Anda.

  • Perencanaan Kapasitas yang Efisien

Dengan memahami penggunaan jaringan SIP Trunk bisnis melalui pemantauan yang konsisten, Anda dapat merencanakan peningkatan kapasitas yang tepat waktu. Dengan ini, terjadinya kelebihan beban jaringan dapat dihindari dan operasional bisnis akan semakin lancar.

  • Penyelarasan dengan Kebutuhan Bisnis

Melakukan pemantauan SIP Trunk secara konsisten membantu Anda menyesuaikan konfigurasi jaringan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga: Apa Saja Protokol SIP Trunk yang Harus Diperhatikan?

Apa Saja Metrik yang Digunakan untuk Memantau Jaringan SIP Trunk?

Pemantauan jaringan SIP Trunk melibatkan sejumlah metrik penting. Inilah beberapa metrik yang digunakan untuk memantau jaringan SIP Trunk:

  • Jitter

Metrik ini digunakan untuk mengukur variasi waktu yang dibutuhkan data untuk mencapai tujuannya. Tingkat jitter yang tinggi dapat mengganggu kualitas panggilan bisnis.

  • Latensi

Kemudian ada latensi yang merupakan waktu yang dibutuhkan data untuk melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain di jaringan. Panggilan suara real-time membutuhkan tingkat latensi yang rendah untuk menjaga kualitasnya.

  • Packet Loss

Metrik packet loss mengacu pada data yang hilang selama pengiriman. Terjadinya packet loss dapat mengganggu integritas data dan kualitas panggilan bisnis.

  • Throughput

Selain itu, metrik throughput yang mengukur jumlah data yang dapat dilewatkan oleh jaringan dalam satu waktu.

  • Availability

Terakhir ada metrik availability yang mengukur berapa lama jaringan tersedia dalam satu periode waktu. Tingkat ketersediaan jaringan yang tinggi sangat dibutuhkan.

Cara Memantau Jaringan SIP Trunk Secara Konsisten

Untuk melakukan pemantauan jaringan SIP Trunk secara konsisten, perhatikan cara di bawah ini:

  • Gunakan Perangkat Lunak Pemantauan Jaringan

Investasikan anggaran bisnis untuk menggunakan perangkat lunak pemantauan jaringan andalan. Adanya perangkat lunak ini akan membantu melacak kinerja jaringan SIP Trunk secara real-time, mendeteksi masalah, dan memberikan laporan yang informatif. Beberapa perangkat lunak pemantauan jaringan populer yang dapat digunakan misalnya saja Zabbix, PRTG Network Monitor, atau SolarWinds Network Performance Monitor.

  • Tetapkan Batasan Kinerja

Tentukan parameter kinerja jaringan SIP Trunk yang harus dipantau, bisa saja mencakup latency, jitter, packet loss, throughput, dan lainnya. Dengan menetapkan batasan ini, Anda dapat mengidentifikasi masalah dengan cepat jika parameter kinerja melampaui batasan yang ditetapkan tersebut.

  • Rutin Memeriksa Metrik Kunci

Lakukan pemantauan secara rutin selama 24 jam seminggu Periksalah metrik-metrik utama seperti kualitas panggilan, penggunaan bandwidth, dan beban server. Dengan ini, Anda akan terbantu untuk mengidentifikasi masalah sesegera mungkin setelah muncul dan menindaklanjutinya sesuai dengan perbaikan yang diperlukan.

  • Menganalisis Riwayat Kinerja

Simpanlah riwayat kinerja jaringan SIP Trunk untuk menganalisis tren jangka panjang. Dengan melihat bagaimana kinerja jaringan telah berkembang, Anda juga dapat mengidentifikasi pola yang seharusnya diperhatikan. Melakukan analisis ini akan membantu Anda merencanakan perencanaan kapasitas dan peningkatan jaringan.

  • Otomatisasi Pemantauan

Manfaatkan pemantauan otomatis untuk memantau jaringan SIP Trunk secara konsisten. Tersedia banyak perangkat lunak pemantauan jaringan yang dibekali dengan fitur otomatisasi. Dengan ini, Anda dapat mengaturnya untuk mengirimkan pemberitahuan otomatis jika terjadi masalah dalam jaringan. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengatur tindakan perbaikan otomatis untuk beberapa jenis masalah tertentu.

Baca juga: Simak 7 Manfaat Penggunaan Layanan Manajemen Jaringan untuk SIP Trunk

Manfaat Pemantauan Jaringan SIP Trunk secara Konsisten

Inilah sejumlah manfaat pemantauan jaringan SIP Trunk secara konsisten:

  • Deteksi Cepat Masalah

Dengan memantau jaringan SIP Trunk secara konsisten, Anda dapat mendeteksi masalah jaringan dengan cepat. Hal ini memungkinkan tim teknis bisnis Anda untuk bertindak sebelum masalah tersebut mengganggu layanan komunikasi sehingga mengurangi downtime dan gangguan lebih lanjut.

  • Kepuasan Pelanggan yang Lebih Tinggi

Kualitas panggilan bisnis yang tinggi dan layanan yang konsisten akan menaikkan tingkat kepuasan pelanggan. Pelanggan akan senang dengan pengalaman berkomunikasi yang lancar tanpa adanya hambatan dan berkualitas.

  • Meningkatkan Produktivitas

Kualitas panggilan yang baik dan minimnya gangguan teknis membuat karyawan bisnis Anda dapat bekerja dengan lebih efisien. Dengan begitu, mereka tidak akan terganggu oleh masalah jaringan yang mengganggu produktivitas.

  • Efisiensi Biaya

Dengan pemantauan jaringan SIP Trunk yang baik, Anda dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah jaringan dengan lebih efisien. Hal ini akan efektif mengurangi biaya perbaikan darurat dan memungkinkan Anda untuk merencanakan anggaran bisnis secara lebih baik.

  • Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Terakhir, data hasil pemantauan jaringan SIP Trunk dapat memberikan informasi mendalam tentang kinerja jaringan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang cara jaringan beroperasi, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik terkait dengan perencanaan kapasitas dan perbaikan infrastruktur.

Ingin Menggunakan Jaringan SIP Trunk? Percayakan Ivosights, Provider SIP Trunk Andalan

Memantau jaringan SIP Trunk secara konsisten merupakan sebuah langkah penting dalam menjaga komunikasi bisnis yang efektif dan lancar. Dengan pemahaman tentang apa itu SIP Trunk, alasan, metrik, dan manfaat melakukan pemantauan, Anda dapat menjaga jaringan SIP Trunk milik Anda supaya tetap dalam kondisi optimal.

Jika Anda tertarik untuk mengadopsi teknologi SIP Trunk untuk mendukung komunikasi dalam perusahaan Anda, Ivosights adalah provider yang dapat diandalkan. Kami menyediakan solusi SIP Trunk yang dapat membantu Anda mengurangi biaya infrastruktur telepon, menyesuaikan kapasitas panggilan sesuai kebutuhan, hingga meningkatkan efisiensi panggilan. Kami juga memiliki lisensi resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, sehingga kualitas layanan SIP Trunk yang kami sediakan terjamin.  Jadi, tidak perlu ragu lagi. Segera hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan konsultasi tentang penggunaan dan integrasi sistem SIP Trunk ini dalam bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami