Apakah Penggunaan Sistem SIP Trunk Terjamin Aman?

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 31 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock

"Melalui artikel ini, Anda bisa mengetahui apa saja sistem keamanan yang dilengkapi dalam SIP Trunk"

Semakin maju teknologi, semakin banyak perusahaan yang memutuskan untuk beralih dari sistem telepon konvensional ke teknologi komunikasi modern seperti SIP Trunk. Adanya SIP Trunk memungkinkan perusahaan untuk melakukan panggilan telepon melalui internet sehingga meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah penggunaan sistem SIP Trunk terjamin aman? Apakah SIP Trunk dibekali dengan banyak sistem keamanan yang menjamin keamanannya? Untuk mengetahui jawabannya, Anda akan diperkenalkan dulu dengan apa yang dimaksud dengan SIP Trunk.

Pengertian SIP Trunk

SIP Trunk adalah sebuah teknologi yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan panggilan telepon melalui jaringan internet, sehingga dapat menggantikan jalur telepon konvensional. Dengan SIP Trunk, perusahaan dapat mengirimkan suara, video, dan data dengan menggunakan jalur yang sama. Hal ini memberikan efisiensi dan fleksibilitas yang tinggi dalam komunikasi bisnis.

Baca juga: Kurangi Biaya Telepon Call Center dengan SIP Trunk!

Sistem Keamanan yang Ada dalam SIP Trunk

Beberapa ini adalah sistem keamanan yang ada dalam SIP Trunk:

  • Autentikasi Pengguna

Setiap pengguna atau perangkat yang terhubung ke sistem SIP Trunk akan melewati proses autentikasi yang ketat. Dengan ini, SIP Trunk hanya dapat diakses dengan pengguna yang memiliki izin sah.

  • Enkripsi Data

Data yang dikirim melalui SIP Trunk dapat dienkripsi untuk melindungi kerahasiaan dan integritasnya. Enkripsi data ini mencegah pihak yang tidak berwenang untuk membaca atau mengubah data.

  • Firewall

Kemudian, sistem firewall digunakan untuk memantau dan mengontrol lalu lintas data yang masuk dan keluar dari jaringan SIP Trunk. Firewall juga dapat melindungi jaringan dari serangan dan akses luar yang bisa berbahaya.

  • Proteksi dari Serangan DDoS

SIP Trunk dilengkapi dengan mekanisme proteksi terhadap serangan Distributed Denial of Service (DDoS). Dengan proteksi dari serangan DDoS, SIP Trunk dapat tetap beroperasi dengan baik meskipun terkena serangan tersebut.

  • Penyaringan Panggilan

Kemudian, sistem SIP Trunk dapat melakukan penyaringan panggilan untuk mengidentifikasi panggilan yang mencurigakan atau spam. Panggilan-panggilan ini dapat ditolak atau diberikan batasan akses.

Langkah-Langkah Keamanan dalam Implementasi SIP Trunk

Inilah langkah-langkah keamanan yang bisa diterapkan dalam implementasi SIP Trunk:

  • Penilaian Resiko

Lakukan penilaian resiko menyeluruh untuk mengidentifikasi adanya resiko dan ancaman keamanan yang mungkin dihadapi selama menggunakan SIP Trunk. 

  • Pelatihan Karyawan

Berikan juga pelatihan keamanan kepada seluruh karyawan yang menggunakan SIP Trunk. Edukasi juga tentang potensi ancaman dan langkah-langkah keamanan yang harus diikuti untuk mencegah kebocoran data dan serangan keamanan.

  • Pemantauan Aktivitas Jaringan

Lakukan pemantauan secara berkelanjutan terhadap aktivitas jaringan dan lalu lintas data. Dengan pemantauan, perusahaan dapat mendeteksi dan menangani ancaman keamanan yang mungkin timbul.

  • Update Software

Pastikan software yang digunakan untuk implementasi SIP Trunk selalu diperbarui sehingga terlindungi dari kerentanan keamanan.

  • Pengaturan Akses Pengguna

Terakhir, berikan akses yang sesuai kepada pengguna berdasarkan tingkat kebutuhan mereka. Terapkan kebijakan keamanan yang ketat agar hanya pengguna yang sah yang memiliki hak akses tertentu.

Baca juga: SIP Trunk, IP Telephony, atau VoIP, Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Percayakan Ivosights sebagai Salah Satu Penyedia SIP Trunk Terpercaya

Dari artikel di atas, Anda dapat menyimpulkan sendiri bahwa penggunaan SIP Trunk sudah terjamin aman. Hal ini disebabkan karena banyaknya sistem keamanan yang ada. Anda juga dapat menerapkan langkah-langkah keamanan  tambahan sebagai tindakan pencegahan dari berbagai ancaman keamanan.

Ivosights menyediakan beberapa teknologi pendukung komunikasi perusahaan, termasuk komunikasi internal maupun eksternal dari perusahaan. Dengan menggunakan SIP Trunk, Anda dapat mengurangi biaya operasional perusahaan terkait infrastruktur telepon tradisional, menyesuaikan kapasitas komunikasi sesuai kebutuhan, serta menggabungkan berbagai jenis komunikasi dalam satu platform tunggal, mulai dari suara, panggilan video, hingga pesan data.

Tak hanya itu, Ivosights juga termasuk salah satu provider SIP Trunk terpercaya. Hal ini karena kami sudah mendapatkan lisensi resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika sehingga Anda tidak perlu meragukan lagi jasa kami. Tunggu apalagi? Segera lakukan konsultasi dengan kami terkait pemasangan sistem SIP Trunk ini.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami