Service Recovery: Pengertian dan Strategi Menjalankannya

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 29 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Service recovery. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Service recovery. Shutterstock.

"Tujuan service recovery ialah memperbaiki kepuasan pelanggan dan mengembalikan kepercayaan pelanggan"

Permasalahan mungkin akan sering berdatangan di dalam bisnis, karena tidak selamanya dalam berbisnis akan selalu berjalan mulus tanpa hambatan. Dalam berbisnis, mungkin akan terdapat beberapa pelanggan yang kecewa dengan pengiriman atau dengan produk itu sendiri. Untuk mengatasi ini perusahaan atau bisnis perlu melakukan service recovery. Untuk membahas lebih lanjut, apa itu service recovery dan bagaimana strategi untuk menjalankannya. Silahkan simak artikel ini sampai akhir, ya!

Apa Itu Service Recovery?

Service recovery merupakan sebuah proses yang akan  perusahaan atau bisnis ketika sedang menangani keluhan pelanggan atau masalah yang terjadi pada saat pelayanan. Tujuan dari service recovery sendiri ialah memperbaiki kepuasan pelanggan dan mengembalikan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan atau organisasi tersebut.

Service recovery bisa dilakukan dengan cara mengidentifikasi masalah yang terjadi, mencari solusi yang tepat, dan melakukan tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan kompensasi kepada pelanggan, menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, atau mengajukan permintaan maaf kepada pelanggan jika terjadi kesalahan dari perusahaan atau organisasi.

Service recovery menjadi bagian yang sangat penting dari strategi pemasaran perusahaan atau bisnis, karena kepuasan pelanggan inilah merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. Dengan melakukan service recovery yang efektif, perusahaan atau organisasi dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan atau organisasi tersebut.

Strategi Sercive Recovery untuk Mengembalikan Kepuasan Pelanggan

Dalam melakukan service recovery perusahaan atau bisnis memerlukan adanya sebuah strategi. Lalu, seperti apa strateginya? Untuk mengetahuinya, mari kita simak pembahasan apa saja strategi service recovery yang efektif untuk mengembalikan kepuasan pelanggan dibawah ini!

  • Melacak Keluhan dari Pelanggan

Melacak keluhan dari pelanggan ini adalah salah satu strategi penting yang harus dilakukan dalam service recovery. Dengan melacak keluhan ini nantinya Anda bisa mengidentifikasi masalah yang terjadi dan mencari solusi yang tepat untuk memperbaiki masalah tersebut, karena keluhan pelanggan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan.

  • Tidak Sungkan untuk Minta Maaf kepada Pelanggan

Jika terjadi masalah atau kekecewaan dalam pelayanan yang diberikan, pastikan Anda harus meminta maaf kepada para pelanggan. Ini merupakan tindakan yang baik dan profesional dalam menangani keluhan pelanggan dan memperbaiki keadaan.

Dengan meminta maaf kepada pelanggan, Anda menunjukkan kepedulian dan keinginan untuk memperbaiki situasi dan membuat pelanggan merasa dihargai. Ini juga dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan.

  • Segera Mengambil Tindakan

Strategi berikutnya, perusahaan atau bisnis Anda harus segera bertindak untuk menangani masalah atau kekecewaan yang dialami oleh pelanggan. Hal ini, merupakan tindakan yang penting untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli dengan kepuasan mereka dan ingin memperbaiki situasi secepat mungkin. Dengan segera mengambil tindakan, Anda dapat membantu mencegah keluhan pelanggan yang lebih parah lagi dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan Anda.

  • Menelusuri Akar Pemasalahan

Selanjutnya Anda bisa melakukan straetegi brerupa menelusuri akar pemasalahan, Anda bisa memperhatikan dan menganalisis dengan cermat masalah atau kekecewaan apa saja yang dialami oleh pelanggan, dan mencari tahu penyebab utamanya.  Ini merupakan tindakan yang penting karena dengan mengetahui akar pemasalahan, Anda dapat mengidentifikasi solusi yang tepat untuk memperbaiki masalah tersebut dan mencegah masalah yang sama terjadi di kemudian hari.

  • Selesaikan Masalah Pelanggan Secepatnya

Ketika mendapatkan masalah perusahaan atau bisnis Anda hrus menyelesaikan masalah pelanggan secepatnya, Anda harus berusaha untuk segera menyelesaikan masalah atau kekecewaan yang dialami oleh pelanggan. Ini merupakan tindakan yang penting karena dengan segera menyelesaikan masalah, Anda dapat membantu mengurangi kekecewaan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan Anda. Selain itu, dengan cepat menyelesaikan masalah, Anda juga dapat menghindari masalah yang lebih parah lagi.

  • Perlakukan Pelanggan dengan Baik

Strategi dalam service recovery yang tidak boleh dilupakan ialah perlakukan pelanggan dengan baik, Anda harus memperlakukan pelanggan dengan hormat, sopan, dan ramah, terlepas dari masalah atau kekecewaan yang dialami oleh pelanggan. Ini merupakan tindakan yang penting karena dengan memperlakukan pelanggan dengan baik, Anda dapat membantu mengurangi kekecewaan mereka dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan Anda.

  • Melakukan Tindak Lanjut dengan Pelanggan

Strategi terakhir dalam service recovery ialah dengan melakukan tindak lanjut dengan pelanggan, Anda terus berkomunikasi dan bekerja sama dengan pelanggan untuk memastikan bahwa masalah atau kekecewaan yang dialami oleh pelanggan telah terselesaikan dengan baik. Tindak lanjut dapat dilakukan dengan cara mengirimkan email atau surat kepada pelanggan untuk meminta umpan balik atau menghubungi pelanggan secara telepon atau melalui media sosial untuk memastikan bahwa masalah telah terselesaikan dengan baik.

Kesimpulan

Service recovery merupakan sebuah proses menangani dan memperbaiki masalah atau kekecewaan yang dialami oleh pelanggan dalam pelayanan yang diberikan oleh perusahaan Anda. Service recovery merupakan bagian penting dari strategi pelayanan kepada pelanggan karena dengan melakukan service recovery dengan baik, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan.

Itu dia pembahasan mengenai apa itu service recovery dan apa saja strategi efektig yang harus dilakukan dalam service recovery. Semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami