Apa Itu GCG dalam Annual Report? Simak Penjelasannya Disini!

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Jumat, 09 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Good corporate governance (GCG) biasanya merujuk pada bagian yang menjelaskan tentang kinerja perusahaan dalam menjalankan prinsip GCG yang telah ditetapkan"

Annual report adalah laporan yang dibuat oleh suatu perusahaan atau organisasi setiap tahunnya yang berisi tentang kinerja keuangan dan operasional perusahaan tersebut dalam satu tahun terakhir. Annual report biasanya mencakup laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, laporan perubahan ekuitas, dan laporan arus kas. Laporan ini biasanya disajikan kepada pemegang saham atau para pemangku kepentingan lainnya untuk menyampaikan hasil dan kinerja perusahaan selama satu tahun terakhir.

Dalam sebuah annual report, ada satu bab penting yang perlu dilampirkan dan dikemukakan pada pihak eksternal, yaitu bab yang berisi tentang tata kelola perusahaan atau good corporate governance (GCG). Dalam annual report, GCG biasanya merujuk pada bagian yang menjelaskan tentang kinerja perusahaan dalam menjalankan prinsip-prinsip GCG yang telah ditetapkan.

Prinsip-prinsip GCG biasanya mencakup transparansi, akuntabilitas, keadilan, dan tanggung jawab. Good corporate governance (GCG) penting karena dapat memperkuat reputasi perusahaan, meningkatkan kinerja keuangan perusahaan, meningkatkan kepercayaan investor, dan menciptakan tata kelola perusahaan yang efektif dan efisien.

Selain itu, GCG juga dapat membantu perusahaan untuk memenuhi standar kualitas yang diharapkan oleh pemangku kepentingan seperti pemerintah, regulator, investor, karyawan, dan masyarakat. Dengan demikian, GCG dapat membantu perusahaan untuk berkembang dan bertahan dalam jangka panjang.

Bab yang berisi GCG perusahaan akan menjelaskan sejauh mana perusahaan telah mengikuti pedoman tata kelola perusahaan yang baik dan benar. Dalam menyusun GCG dalam annual report, terdapat beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan.

Prinsip Dasar Dalam Menyusun GCG Dalam Annual Report

  • Penjabaran Tentang Manajemen

Dalam membuat penjabaran tentang manajemen, pastikan Anda membuatnya se-transparan mungkin, Sebab, perusahaan harus membuat dan mengungkapkan peran serta tanggung jawab manajemen perusahaan dalam mengelola perusahaan untuk masing-masing dewan komisaris dan direksi.

  • Masukkan Struktur Perusahaan

Meski tidak terlalu penting dan terkesan remeh, namun memasukkan struktur perusahaan dalam bab GCG annual report merupakan suatu nilai tambah. Dengan memasukkan struktur perusahaan dalam bab GCG, hal ini berarti Anda percaya diri dengan komposisi struktur manajemen perusahaan Anda yang efektif.

Selain itu, dengan menunjukkan jajaran struktur perusahaan dalam annual report, Anda dapat menunjukan komitmen yang kuat dari manajemen perusahaan dalam melaksanakan tanggung jawab dan tugasnya.

  • Menjelaskan Etika dan Tanggung Jawab Manajemen Dalam Pengambilan Keputusan

Dalam sebuah perusahaan, tentu ada saat dimana manajemen harus membuat keputusan, baik keputusan yang ringan maupun keputusan yang berat seperti pengurangan jumlah pegawai dalam jumlah besar. Oleh karena itu, untuk menunjukkan tanggung jawab dan komitmen manajemen perusahaan kepada khalayak, dalam GCG annual report perlu dimasukkan mengenai etika dan tanggung jawab manajemen dalam pengambilan keputusan.

  • Menjaga Integritas dalam Laporan Keuangan

Idealnya, perusahaan harus memiliki badan atau lembaga yang independen untuk menjaga integritas dalam memverifikasi pelaporan keuangan mereka untuk menghindari kecurangan seperti korupsi di antara pegawai maupun pemalsuan data.

  • Tepat Waktu dan Seimbang

Perusahaan harus tepat waktu, yaitu sesuai dengan tahun laporan tahunan tersebut dibuat. Jangan sampai GCG annual report tahun 2021 baru dimasukkan untuk tahun berikutnya. Tentu hal ini akan menunjukkan ketidak profesionalisme perusahaan. Selain harus tepat waktu, perusahaan harus seimbang dalam pengungkapan semua hal material yang terkait dengan perusahaan.

  • Menghormati Hak-hak Pemegang Saham

Perusahaan harus menghormati hak-hak pemegang saham dan memfasilitasi segala hak dari pemegang saham.

  • Manajemen Risiko

Manajemen risiko merupakan hal yang sangat penting. Sebab, hal ini menunjukan profesionalitas dan tanggung jawab perusahaan terhadap berbagai macam risiko yang mungkin akan terjadi. Perusahaan harus menjelaskan tentang sistem yang solid perihal manajemen risiko, yakni tentang pengawasan, pengelolaan dan pengendalian internal dalam bab GCG annual report perusahaan.

  • Sistem Remunerasi yang Adil

Prinsip terakhir yang harus diperhatikan dalam bab GCG annual report adalah, perusahaan harus memastikan bahwa tingkat dan komposisi remunerasi cukup adil dan masuk akal, serta hubungannya dengan kinerja perusahaan juga cukup jelas. Termasuk gaji dan jumlah saham Dewan Komisaris dan Direksi, serta perihal hubungan keluarga dalam manajemen perusahaan.

Tentunya, diluar delapan poin diatas, Anda juga memiliki hak untuk merinci dan menjelaskan tata kelola perusahaan. Untuk bentuk, bahan, format dan kuantitas laporan tahunan, sangat bergantung pada bagaimana Anda mengidentifikasikan GCG dalam mengelola perusahaan Anda.

Butuh Bantuan Membuat Annual Report yang Penuh Insight?

Jika membutuhkan bantuan dalam pembuatan Annual Report untuk bisnis, Ivosights dapat membantu Anda. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini, Ivosights siap menghadirkan solusi end-to-end untuk mengelola dan meningkatkan kedekatan perusahaan Anda dengan pelanggan.

Ivosights siap membantu Anda untuk lebih mengerti perilaku konsumen dan pasar. Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah menjalankan bisnis dan menyusun annual report yang lebih menarik dan ‘kaya’ akan informasi yang bisa menarik lebih banyak investor, dan tentunya memanjakan investor yang sudah ada dengan annual report yang memuaskan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami