Bagaimana Cara Premium Number Bekerja? Simak Caranya Disini

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 13 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Premium Number. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Premium Number. Shutterstock

"Dibalik penggunaan premium number untuk kebutuhan bisnis, terdapat sejumlah infrastruktur dan jaringan yang mendukung kerja premium number."

Cara kerja premium number telah menjadi hal yang penting dalam komunikasi bisnis modern. Premium number telah menjadi alat yang berharga bagi bisnis untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam cara kerja premium number dan infrastruktur dan jaringan yang terkait.

Pengertian Premium Number

Premium number adalah sebuah jenis nomor telepon yang dibekali fitur dan kemampuan tambahan dibandingkan dengan nomor telepon biasa. Dalam pengertian yang lebih luas, premium number juga dikenal dengan istilah nomor berbayar atau nomor tarif tinggi. Istilah ini disebabkan karena pengirim panggilan ke premium number sering kali dikenakan biaya tambahan yang berbeda dari panggilan reguler.

Infrastruktur dan Jaringan Premium Number

Infrastruktur dan jaringan yang mendukung pengoperasian premium number bertujuan menciptakan komunikasi yang efektif antara bisnis dan pelanggan. Berikut ini adalah beberapa penjelasan terkait infrastruktur dan jaringan premium number yang harus Anda pahami:

  • Operator Telekomunikasi

Premium number dihubungkan melalui operator telekomunikasi yang menyediakan layanan telepon. Operator ini bertanggung jawab atas pengaturan teknis, koneksi jaringan, dan routing panggilan.

Baca juga: Simak Keuntungan Memakai Premium Number untuk Bisnis Anda!

  • Penyedia Layanan Premium Number

Kebanyakan bisnis biasanya berlangganan premium number melalui penyedia layanan terkait. Pihak penyedia ini bertugas menyediakan akses ke infrastruktur telekomunikasi dan mengelola aspek teknis pengoperasian premium number.

  • Ketersediaan Jaringan

Infrastruktur jaringan yang kuat dan handal sangat dibutuhkan karena berhubungan dengan ketersediaan premium number. Operator telekomunikasi harus memastikan jaringan yang dipunya mampu menangani volume panggilan tinggi dengan kualitas suara yang baik.

  • Konektivitas dan Protokol

Infrastruktur premium number beroperasi menggunakan protokol komunikasi seperti SS7 (Signaling System 7) atau SIP (Session Initiation Protocol). Protokol ini memungkinkan penyedia layanan telekomunikasi untuk menghubungkan panggilan antara pengirim dan penerima dengan aman dan efisien.

  • Keamanan Jaringan

Perlindungan terhadap infrastruktur premium number dilakukan dengan menambahkan sistem keamanan yang kuat untuk mencegah serangan dan penyalahgunaan. Diharuskan untuk mengaplikasikan beberapa langkah-langkah keamanan seperti enkripsi panggilan dan perlindungan dari serangan DDoS (Distributed Denial of Service).

  • Skalabilitas

Infrastruktur premium number harus mampu mengakomodasi pertumbuhan bisnis dan panggilan dengan baik. infrastruktur harus mengakomodasi bisnis dengan cepat apabila sedang membutuhkan kapasitas tambahan atau penggantian nomor.

  • Manajemen Layanan

Infrastruktur premium number juga mencakup sistem manajemen layanan untuk mengatur dan mengelola fitur-fitur premium number milik bisnis. Manajemen ini termasuk pengaturan, pengalihan, hingga perekaman panggilan. Fitur-fitur tambahan lainnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Bagaimana Cara Kerja Premium Number?

Premium number bekerja dengan melibatkan beberapa langkah dan komponen yang memungkinkan bisnis untuk menerima panggilan pelanggan dengan fitur-fitur tambahan yang disediakan. Berikut adalah langkah-langkah yang terlibat dalam cara kerja premium number:

  • Aktivasi dan Pendaftaran

Bisnis bisa mendaftarkan dan mengaktifkan premium number melalui penyedia layanan yang dipilih. Proses pendaftaran melibatkan pengajuan dokumen dan pemenuhan persyaratan yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

  • Penetapan Fitur dan Pengaturan

Setelah premium number diaktifkan, bisnis dapat mengatur dan menyesuaikan fitur-fitur yang ingin digunakan.

  • Routing Panggilan

Ketika seseorang melakukan panggilan ke premium number, panggilan tersebut akan diteruskan ke premium number yang ditentukan oleh bisnis. Kemudian, operator telekomunikasi akan me-routing panggilan ke nomor premium yang relevan berdasarkan informasi yang diberikan oleh pengirim panggilan.

  • Pengolahan Panggilan

Ketika ada panggilan masuk, sistem premium number akan memproses panggilan sesuai dengan aturan yang ditentukan bisnis. Fitur-fitur seperti IVR akan memberikan opsi suara kepada pelanggan untuk memilih layanan yang mereka inginkan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Harus Beralih Menggunakan Premium Number

  • Rekaman dan Analitik

Dalam beberapa kasus, premium number dapat merekam setiap panggilan masuk untuk tujuan pelatihan, analisis, atau keamanan. Bisnis dapat menggunakan data rekaman dan analitik panggilan untuk memahami pola panggilan, meningkatkan layanan pelanggan, dan mengidentifikasi peluang perbaikan.

  • Biaya dan Penagihan

Panggilan yang diterima melalui premium number biasanya dikenakan biaya yang lebih tinggi daripada panggilan biasa. Biaya panggilan premium number dapat ditanggung oleh pemilik panggilan atau bisnis itu sendiri.

Tertarik Mau Menggunakan Premium Number? Ivosights Solusinya!

Untuk mendapatkan premium number, Anda harus menghubungi layanan khusus penyedia nomor ini, salah satunya Ivosights. Kerjasama kami dengan server Indonesia Telco Operator tentu menjamin keamanan premium number untuk bisnis Anda. Apalagi pembuatan premium number kami sudah mendapatkan lisensi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Anda juga akan mendapatkan kebebasan untuk custom premium number Anda menyesuaikan keinginan perusahaan. Apalagi Anda juga akan mendapatkan fitur pelaporan dan analisis panggilan yang masuk. Tunggu apalagi? Segera dapatkan premium number ini dengan menghubungi contact center Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami