Pengertian dan Peran Monitoring Bagi Perusahaan

Ripple10 | Kamis, 18 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Monitoring. iStock.
Ket. foto: Ilustrasi - Monitoring. iStock.

Pernah mendengar tentang monitoring? Atau mungkin Anda pernah mengikuti program monitoring di sebuah organisasi ataupun di sebuah perusahaan? Tahu bagimana peran monitoring bagi perusahaan. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh beberapa perusahaan untuk pengoptimalisasian kinerja dan memonitori perkembangan pekerjaan.

Definisi

Monitoring merupakan rutinitas pengumpulan laporan data dan pengukuran atas kemajuan secara objektif program. Pemantauan yang dilakukan secara terencana dan regular ini dapat dilakukan setiap hari, minggu atau bulan. Hal ini dilakukan tergantung dengan proses bekerja. Jika ada permintaan konsumen dan pelanggan ingin segera cepat terpenuhi maka harus dilakukan secara intensif. Selain itu, monitoring merupakan salah satu sarana belajar bagi para karyawan dengan mentornya. Demi begitu, karyawan maupun orang yang dimonitori akan mendapatkan teman diskusi mengenai progress pekerjaannya.

Dikutip dari Kemenkeu, capaian Kinerja seringkali diasosiasikan dengan tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan/organisasi. Setiap perusahaan/organisasi tentunya berlomba-lomba meningkatkan kinerjanya untuk dapat mencapai target yang optimal. Dalam manajemen kinerja, terdapat empat siklus yang dapat dilakukan secara berkelanjutan, salah satunya adalah Monitoring dan Evaluasi. Umumnya, Monitoring dan Evaluasi dilaksanakan dalam sebuah rapat rutin yang diadakan secara periodik.

Peran Monitoring bagi Perusahaan

#1 Peningkatan Kemampuan Karyawan

Diadakannya program monitoring dalam perusahaan pasti membuat para karyawannya terus upgrading terhadap pekerjaannya yang mungkin stuck dan bingung harus bagaimana. Hal ini pun sangat mengasah kemampuan, membuat keputusan dan membuka wawasan mereka mengenai kesempatan karir dan juga dampak dari kerja keras mereka untuk perkembangan perusahaan nantinya.

Hal ini tidak mengacu pada konteks usia, karena di dalam perusahaan bagaimana mungkin kita tidak boleh melihat siapa yang menuturkannya tapi lihatlah apa yang dituturkannya. Maka hal itu akan sangat berdampak kepada pegawai jika yang disampaikannya dimaknai lebih dalam.

#2 Pemantauan Media

Bagi pelaku bisnis di era digital ini, monitoring dapat berupa mendengarkan, melihat dan membaca berbagai pekerjaan mulai dari media sosial, website dan media lainnya yang digunakan perusahaan untuk perantara bersama user dan klien. Hal ini guna untuk mengidentifikasi dan mengantisipasi adanya respon negatif terhadap produk/ jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Semakin rutin melakukan pencegahan maka citra brand akan semakin baik dimana calon pembeli maupun pelanggan.

Dengan pemantauan media tersebut, pasti sangat berdampak bagi perkembangan perusahaan khususnya pada selera pasar. Karena dengan adanya monitoring ini bisa mengumpulkan data untuk mengetahui respon masyarakat terhadap suatu produk baik respon negatif maupun positif

#3 Mempererat Hubungan Interpersonal antar Karyawan

Setiap staf maupun karyawan dan mentornya tentu akan bertukar pikiran, pendapat serta saling memahami kesulitan yang dihadapi di kantor. Biasanya hal tersebut membutuhkan pendapat dan pengalaman dari mentor dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah dan secara langsung berdiskusi untuk mencari problem solving. Nah, dalam rangka mempererat hubungan interpersonal antar karyawan makan peran monitoring sangat berdampak bagi perusahaan.

#4 Menganalisis Kompetitor

Salah satu peran dari monitoring bagi perusahaan adalah untuk menganalisis persaingan dengan kompetitor. Memasuki pasar maka kamu pun harus bersaing dengan kompetitor. Oleh karena itu untuk mengetahui apa saja kekurangan dan juga kelebihan dari kompetitor, maka perusahaan mengadakan agenda monitoring untuk menelaah dan juga mengkaji yang bisa diketahui lebih cepat bagaimana kompetitor menjalankan perusahaannya dalam melayani produk dan layanan yang serupa.

Peran monitoring yang satu ini bisa dianalisis menggunakan sosial media tools yang dapat memberikan analisis mengenai layanan dan juga produk yang dibutuhkan konsumen. Jadi kamu bisa merencanakan bisnis dan rencana ke depan yang lebih matang serta mengikuti arus selera pasar.

Kesimpulan

Monitoring merupakan salah satu hal yang sangat berdampak bagi keberjalanan sebuah perusahaan. Banyak sekali peran monitoring yang mendukung perkembangan perusahaan salah satunya ialah melalui peningkatan kinerja karyawan.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.