Owned Media: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 29 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Salah satu owned media. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Salah satu owned media. Shutterstock.

"Owned media adalah saluran yang dimiliki dan dioperasikan secara langsung oleh sebuah perusahaan"

Dalam perkembangan dunia digital ini, memiliki owned media merupakan hal yang sangat penting yang tidak boleh dilewatkan oleh perusahaan atau bisnis Anda. Owned media mampu memberikan kontrol yang lebih besar kepada perusahaan atau bisnis Anda mengenai bagaimana konten tersebut ditampilkan dan dijual kepada audiens. Untuk mengetahui lebih lanjut definisi dari owned media, jenis-jenis, dan manfaatnya. Silahkan simak artikel berikut ini.

Definisi Owned Media

Owned media adalah saluran yang dimiliki dan dioperasikan secara langsung oleh sebuah perusahaan atau organisasi. Ini mancakup situs web, akun media sosial, blog, dan lainnya yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tersebut.

Owned media memberikan kontrol yang lebih besar kepada perusahaan atau organisasi terkait dengan bagaimana konten tersebut ditampilkan dan dijual kepada audiens. Owned media juga dapat digunakan untuk mengirimkan pesan yang konsisten dan meningkatkan brand awareness. Owned media sangat berguna bagi perusahaan atau organisasi yang ingin mengontrol pengalaman audiens dengan brand mereka dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Jenis-jenis Owned Media

Ada berbagai macam jenis owned media yang dapat digunakan perusahaan atau bisnis Anda untuk memaksimalkan pemasaran maupun penjualan suatu produk. Berikut ini adalah jenis-jenis owned media yang umum:

  • Situs Web

Situs web merupakan halaman yang di-hosting secara online yang menyajikan informasi tentang perusahaan atau organisasi. Situs web biasanya mencakup informasi tentang produk atau layanan, hubungan dengan pelanggan, dan karir.

  • Blog

Blog merupakan situs web yang menampilkan postingan yang teratur tentang topik tertentu. Blog dapat digunakan untuk membagikan informasi, memberikan tips, atau menyajikan pendapat tentang topik yang berkaitan dengan bisnis atau organisasi.

  • Media Sosial

Akun media sosial merupakan profil perusahaan atau organisasi di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter. Kehadiran akun media sosial dapat digunakan untuk membagikan konten, menjawab pertanyaan pelanggan, dan meningkatkan brand awareness.

  • Email Marketing

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan email untuk mengirimkan pesan promosi atau informasi kepada pelanggan atau prospek. Email marketing dapat digunakan untuk mengirimkan newsletter, menawarkan diskon, atau mengirimkan pesan promosi lainnya.

Manfaat Owned Media

Setelah mengetahui apa owned media dan jenisnya, Anda mungkin akan mendapat gambaran dari manfaat owned media. Untuk lebih mengetahuinya berikut ini adalah beberapa manfaat dari owned media:

  • Memiliki Kontrol yang Lebih Besar

Manfaat pertama dari owned media adalah dapat memberkan kontrol yang lebih besar kepada perusahaan atau organisasi terkait dengan bagaimana konten tersebut ditampilkan dan dijual kepada audiens, sehingga memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk mengirimkan pesan yang konsisten dan mengontrol pengalaman audiens dengan brand.

Dengan memiliki kontrol yang lebih besar akan dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif. Mereka dapat dengan mudah menyesuaikan konten yang dipublikasikan sesuai dengan target audiens dan tujuan pemasaran.

  • Biaya Relatif Murah

Menggunakan owned media membuat biaya yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan earned media atau paid media. Owned media termasuk di dalamnya adalah media yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi, seperti situs web resmi, akun media sosial, dan aplikasi mobile.

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat berikutnya dari owned media ialah membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menyediakan informasi yang bermanfaat dan membuat audiens merasa terhubung dengan perusahaan atau organisasi. Hal ini, membuat para pelanggan menjadi lebih setia terhadap perusahaan atau bisnis yang Anda miliki

  • Meningkatkan Brand Awareness

Owned media dapat digunakan untuk membangun brand awareness dengan menyediakan konten yang menarik dan membagikannya kepada audiens yang luas. Karena dengan menggunakan owned media adalah sebuah upaya untuk meningkatkan citra atau kesadaran terhadap merek yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi

  • Meningkatkan Engagement Pelanggan

Manfaat dari owned media ialah dapat digunakan untuk meningkatkan engagement pelanggan dengan menyediakan konten yang menarik dan menjawab pertanyaan atau komentar pelanggan di akun media sosial atau blog. Ketika menggunakan owned media maka terdapat upaya untuk meningkatkan tingkat interaksi dan partisipasi pelanggan terhadap perusahaan atau organisasi yang dimaksud. Owned media termasuk di dalamnya adalah media yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi, seperti situs web resmi, akun media sosial, dan aplikasi mobile.

  • Mengumpulkan Data Pelanggan

Owned media dapat digunakan untuk mengumpulkan data pelanggan dengan mengajukan pertanyaan di formulir kontak atau mengajukan pertanyaan dalam email marketing. Data ini dapat digunakan untuk memahami kebutuhan pelanggan dan menyediakan konten yang lebih relevan untuk audiens. Data pelanggan dapat digunakan untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, sehingga perusahaan atau organisasi dapat menyajikan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Dari pembahasan di atas dapat disumpulkan bahwa owned media merupakan sebuah medua yang dimiliki dan dikontrol sepenuhnya oleh bisnis. Di mana bisnis atau perusahaan dapat memanfaatkan media tersebut untuk memenuhi kebutuhan bisnisnya dan memaksimalkannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami