Istilah customer relationship management (CRM) sudah tidak asing bagi para bisnis digital yang beroprasi di bidang produk marketing. CRM menjadi alat utama dalam mengelola pelanggan secara sistematis dan terukur. Indonesia sendiri memiliki penyedia alat CRM yang unggul dengan server lokal. Salah satu masalah dari beberapa CRM lokal adalah contact center terdapat di berbagai macam saluran yang tidak terintegrasi dengan satu platform sehingga membuat pelanggan merasa teradapat perbedaan pelayanan antara platform yang menimbulkan inkonsistensi, sehingga pengalaman pelanggan tidak terjamin. Oleh karena itu, sebagai bisnis yang ingin menciptakan pengalaman yang konsisten dan efektif, integrasi omnichannel contact center system sangat diperlukan. 

Apa Itu Omnichannel Contact Center System?

omnichannel contact center system adalah sistem yang memfasilitasi pelanggan untuk berinteraksi dengan perusahaan melalui berbagai channel, termasuk telepon, email, chat, dan media sosial dalam satu sistem terintegrasi. Dengan menggunakan pendekatan omnichannel, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi penanganan pertanyaan, keluhan, atau permintaan pelanggan. Dengan omnichannel contact center system juga bisnis memastikan bahwa pelanggan dapat berinteraksi dengan mereka melalui saluran komunikasi apa pun yang mereka pilih, tanpa mengalami gangguan atau hambatan dalam proses tersebut. Interaksi minim hambatan ini memungkinkan perusahaan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dalam jangka waktu yang relatif lama.

Baca Juga: Apa itu Omnichannel Contact Center System? Definisi dan Keunggulan

Bagaimana Omnichannel Contact Center System Memenuhi Syarat Kepuasan Pelanggan?

Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa yang muncul setelah membandingkan antara persepsi terhadap kinerja atau hasil suatu produk dengan harapan-harapannya. Dalam memenuhi kepuasan pelanggan, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan. Dan faktor tersebut dapat teratasi dengan mudah melalui omnichannel contact center system. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi kepuasan pelanggan:

Pelanggan mengharapkan tanggapan yang cepat dan efisien ketika mereka mengajukan pertanyaan atau menghadapi masalah. Responsif dalam menanggapi masalah pelanggan dapat meningkatkan kepuasan mereka. Dengan omnichannel contact center system, hal itu bisa didapatkan dengan mudah melalui pemantauan secara reguler dan integrasi bot. 

Kualitas produk atau layanan yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan akan meningkatkan kepuasan mereka. Produk yang andal, tahan lama, dan sesuai dengan janji merek akan menciptakan pengalaman positif. Hal ini juga termasuk omnichannel contact center system. Karena dalam contact center ini para pelanggan mendapatkan pengalaman yang sama. Jika terdapat produk yang berkualitas dan memenuhi ekpektasi pelanggan, maka besar kemungkinan pelanggan akan meninggalkan komentar dan dilihat oleh pelanggan lainnya, 

Proses pembelian yang mudah, transparan, dan tanpa hambatan akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan menghargai pengalaman yang lancar mulai dari pemilihan produk hingga proses pembayaran dan pengiriman. Dengan pengintegrasian omnichannel contact center system, akan timbul suatu ekosistem yang sistematis dan terukut sehinggan pelanggan dapat melalkukan transaksi dengan mudah dan cepat. 

Ketika pelanggan mengajukan keluhan, tanggapan yang baik dan solusi yang memadai akan memperbaiki persepsi mereka terhadap perusahaan. Menangani keluhan dengan baik dapat mengubah situasi negatif menjadi peluang untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan. Dengan omnichannel contact center system, agen dan sistem dapat memberikan usaha terbaik untuk memberikan respon yang positif ke berbagai saluran dan terciptanya konsistensi karena pengintegrasian saluran

Baca Juga: Omnichannel Contact Center System Terhubung ke Semua Media Online

Dapatkan Omnichannel Contact Center System Terbaik Hanya di Ivosights! 

Dalam menjalani dunia bisnis yang penuh tantangan, memilih Omnichannel Contact Center System terbaik adalah kunci keberhasilan yang tak terbantahkan. Mitra yang tepat bukan hanya sekadar penyedia layanan, tetapi merupakan perpanjangan nilai dan visi perusahaan Anda. Ivosights, sebagai pemimpin dalam industri contact center, tidak hanya menawarkan layanan terbaik tetapi juga membawa inovasi melalui Sociomile. Sociomile adalah solusi contact center terlengkap yang memungkinkan brand untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal dengan efektif dan efisien. Jangan lewatkan kesempatan untuk bermitra dengan yang terbaik - kunjungi situs resmi Ivosights sekarang dan temukan bagaimana Sociomile dapat membawa perusahaan Anda ke tingkat berikutnya. Ivosights adalah kunci menuju kemitraan yang inovatif dan sukses dalam dunia contact center.