Ini Cara Bedakan Sentimen Positif dan Negatif dalam Data Middle Report

Ripple10

,

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Jumat, 04 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Report. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Report. Shutterstock

"Membedakan apakah sebuah sentimen dalam data middle report bersifat positif ataupun negatif akan lebih mudah jika Anda menerapkan beberapa cara berikut ini"

Salah satu alat yang membantu perusahaan menganalisis performa kampanye bisnis yang telah dilakukan adalah middle report. Middle report sendiri diartikan sebagai suatu laporan berisikan data tentang hasil kampanye bisnis dalam suatu periode tertentu. Data-data yang dimaksud ini bisa berupa tingkat performa perusahaan, tingkat sentimen, isu-isu yang sedang tren, hingga kapan saja waktu banyaknya pelanggan yang membicarakan perusahaan Anda di media sosial. Namun, tidak hanya mengumpulkan data saja, Anda juga diharuskan untuk jenis memahami sentimen di balik data-data middle report tersebut. Sentimen yang ada terbagi menjadi tiga jenis, yaitu sentimen positif, negatif, dan netral. Membedakan antara sentimen positif dan negatif terkadang sulit dilakukan akibat rancunya kata-kata yang dianalisis. Lalu bagaimana cara menemukan perbedaan antara keduanya? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Apa Itu Middle Report?

Middle report adalah sebuah laporan yang memuat data dan analisis mengenai berbagai aspek kampanye bisnis, seperti hasil penjualan, interaksi pelanggan, dan efektivitas strategi pemasaran. Laporan ini biasanya mencakup data-data yang diambil dari berbagai sumber, termasuk media sosial, email, dan platform pemasaran digital lainnya. Melalui middle report, perusahaan dapat melihat secara komprehensif bagaimana kampanye bisnis mereka berjalan dan apakah tujuan kampanye berhasil tercapai.

Pengertian Sentimen dalam Middle Report

Sentimen dalam middle report merupakan sebuah perasaan atau pendapat yang diungkapkan oleh pelanggan mengenai produk, layanan, atau merek perusahaan. Sentimen ini dapat bersifat positif, negatif, atau netral.

Baca juga: Apa Saja yang Dinilai dari Analisis Sentimen? Cek Disini!

Pentingnya Memahami Sentimen dalam Data Middle Report

Inilah pentingnya memahami sentimen dalam data middle report:

  • Mengetahui Respon Pelanggan

Dengan memahami sentimen pelanggan, Anda dapat mengetahui bagaimana respon pelanggan terhadap produk atau layanan yang perusahaan Anda sediakan. Sentimen positif dalam middle report menunjukkan kepuasan pelanggan sementara sentimen negatif dapat menandakan adanya ketidakpuasan bagi pelanggan.

  • Mengukur Kinerja Kampanye

Sentimen pelanggan akan membantu perusahaan Anda mengukur kinerja kampanye dengan lebih akurat. Jika respon pelanggan cenderung positif, kampanye terbukti berjalan dengan baik. Sebaliknya, sentimen negatif dapat menjadi peringatan bahwa kampanye perlu ditindaklanjuti.

  • Meningkatkan Retensi Pelanggan

Pemahaman perusahaan terhadap sentimen pelanggan memungkinkan adanya upaya untuk meningkatkan retensi pelanggan. Dengan mengetahui apa yang diinginkan dan diharapkan oleh pelanggan, perusahaan dapat memberikan pengalaman yang lebih memuaskan. Hal ini akan berimbas pada pelanggan yang lebih lama bertahan.

  • Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Pelanggan yang memberikan sentimen positif menandakan kepuasannya terhadap perusahaan. Mereka juga akan cenderung memberikan testimoni positif dan merekomendasikan perusahaan kepada orang lain.

Beberapa Metode Analisis Sentimen dalam Middle Report

Ada beberapa metode analisis sentimen dalam data middle report yang bisa Anda terapkan, antara lain sebagai berikut:

  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)

Natural language processing adalah sebuah teknik yang digunakan untuk memahami dan menganalisis bahasa manusia oleh komputer. Dengan menggunakan NLP, perusahaan dapat menganalisis ulasan atau komentar  pelanggan di media sosial untuk mengidentifikasi sentimen positif atau negatif.

  • Analisis Emosi

Metode ini bertujuan untuk mengidentifikasi emosi yang terkandung dalam teks. Analisis emosi akan memberikan Anda informasi tentang bagaimana pelanggan merespons produk atau layanan perusahaan.

  • Analisis Jaringan Sosial

Melalui analisis jaringan sosial, perusahaan dapat mengidentifikasi pengaruh dan hubungan antarpelanggan serta bagaimana sentimen satu pelanggan dapat mempengaruhi orang lain.

Cara Membedakan Sentimen Positif dan Negatif dalam Data Middle Report

Berikut ini adalah beberapa cara membedakan sentimen positif dan negatif dalam data middle report:

  • Analisis Teks

Pertama-tama, lakukan analisis teks pada ulasan pelanggan, komentar di media sosial, atau feedback lainnya. Identifikasi kata-kata atau frasa yang kemungkinan menunjukkan perasaan positif maupun perasaan negatif.

  • Skala Sentimen

Buatlah skala sentimen yang menggambarkan tingkat positivitas atau negativitas suatu teks. Misalnya, skala dari 1 hingga 5, di mana 1 adalah sangat negatif dan 5 adalah sangat positif. Gunakan skala ini untuk menilai sentimen dari berbagai teks yang dianalisis.

  • Klasifikasi Otomatis

Manfaatkan teknik machine learning untuk melakukan klasifikasi otomatis terhadap teks berdasarkan sentimen. Latih model machine learning menggunakan data yang sudah diberi label sentimen untuk dapat mengklasifikasikan teks baru.

Baca juga: Tips Membaca Analisis Sentimen untuk Memahami Kepribadian Audiens Anda

Manfaat Membedakan Sentimen Positif dan Negatif dalam Data Middle Report

Inilah beberapa manfaat membedakan sentimen positif dan negatif dalam data middle report:

  • Pengambilan Keputusan yang Lebih Tepat

Dengan mengetahui sentimen pelanggan yang dikumpulkan melalui middle report, perusahaan dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dalam mengoptimalkan strategi bisnis dan meningkatkan performa kampanye.

  • Peningkatan Kualitas Produk atau Layanan

Sentimen negatif dapat menjadi masukan berharga dalam meningkatkan kualitas produk atau layanan. Perusahaan akan mengetahui aspek apa yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan berdasarkan umpan balik pelanggan.

  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Pemahaman mendalam mengenai sentimen pelanggan membantu perusahaan Anda memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan dengan lebih baik. Dengan begitu, tingkat kepuasan pelanggan akan meningkat juga.

  • Pengukuran Efektivitas Strategi

Dengan membedakan sentimen positif dan negatif, perusahaan dapat mengukur efektivitas strategi pemasaran atau kampanye tertentu. Sentimen positif dapat menjadi tanda yang menunjukan bahwa strategi berjalan dengan baik, sementara sentimen negatif dapat menunjukkan kekurangan yang perlu diperbaiki.

Gunakan Tools Pendukung Analisis Data Middle Report by Ivosights

Selain melakukan analisis sentimen tersebut, Anda akan membutuhkan tools relevan untuk mengumpulkan data berupa sentimen pelanggan ini. Sebagai salah satu pilih, gunakan tools digital monitoring milik kami, Ripple10. Tools satu ini dibekali dengan berbagai fitur, salah satunya adalah sentimen analysis. Dengan ini, Anda dapat menemukan sentimen positif, negatif, maupun netral dari pelanggan yang membicarakan perusahaan Anda di media sosial, website, portal berita, hingga blog dan forum. 

Data-data yang terkumpul ini bisa dianalisis secara mendalam dengan layanan comprehensive analytics yang tersedia di Ivosights. Dengan menggunakan bantuan dari para data analyst profesional, kami dapat menyajikan data yang mudah dipahami beserta rekomendasi strategi yang tepat untuk mendukung perusahaan Anda.  Silakan hubungi tim Ivosights untuk melakukan konsultasi lebih lanjut terkait kebutuhan perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami