Apa Saja Teknologi Pendukung Pembuatan Middle Report?

Ripple10

,

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Selasa, 25 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Middle Report. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Middle Report. Shutterstock

"Pembuatan middle report jadi lebih mudah dengan menggunakan beberapa teknologi pendukung di bawah ini!"

Perusahaan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang performa kampanye bisnis mereka untuk dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Untuk itu, mereka membutuhkan bantuan alat untuk menganalisis performa dan kinerja perusahaan per tahun. Salah satu alat yang efektif dalam menganalisis performa tersebut disebut dengan middle report. Namun, penyusunan laporan ini juga memerlukan teknologi pendukung yang tepat. Kira-kira apa saja teknologi pendukung pembuatan middle report yang dimaksud? Simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya.

Apa Itu Pengertian Middle Report?

Middle report merupakan sebuah laporan atau analisis yang berisikan performa kampanye bisnis dalam periode waktu tertentu. Laporan ini dapat berisikan data dan informasi yang relevan, seperti data penjualan, tingkat konversi, ROI (Return on Investment), dan metrik kunci lainnya. Middle report membantu tim pemasaran dan manajemen dalam memahami sejauh mana kampanye bisnis berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Baca juga: Comprehensive Analytics: Pengertian hingga Cara Mendapatkannya

Pentingnya Pembuatan Middle Report

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa middle report penting untuk dibuat:

  • Evaluasi Performa Kampanye

Middle report membantu mengevaluasi efektivitas kampanye bisnis. Dengan data dan metrik kunci yang disajikan, tim pemasaran dapat menilai sejauh mana kampanye telah mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

  • Pengukuran ROI dan Efisiensi Kampanye

Middle report memungkinkan perusahaan untuk mengukur tingkat pengembalian investasi (ROI) dari kampanye bisnis. Dengan mengetahui berapa banyak yang diinvestasikan dalam kampanye dan berapa banyak pendapatan yang dihasilkan, perusahaan dapat mengevaluasi efisiensi dan keberhasilan kampanye.

  • Pengambilan Keputusan Berbasis Data

Middle report menyediakan data-data penting yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat dalam strategi pemasaran dan alokasi sumber daya.

  • Penyempurnaan Strategi Pemasaran

Dengan memahami data dari middle report, tim pemasaran perusahaan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari kampanye bisnis. Informasi ini dapat digunakan untuk menyempurnakan strategi pemasaran.

Apa Saja Teknologi Pendukung Pembuatan Middle Report?

Berikut ini adalah beberapa teknologi pendukung yang dapat digunakan dalam pembuatan middle report:

  • Sistem Manajemen Basis Data (DBMS)

DBMS mendukung pengelolaan penyimpanan data dalam basis data jadi lebih terstruktur. Data kampanye bisnis yang disimpan dengan rapi dalam DBMS akan memudahkan akses dan analisis data.

  • Software Analisis Data

Software analisis data seperti Microsoft Excel, Google Sheets, atau software khusus untuk analisis data lainnya dapat digunakan untuk menganalisis data kampanye bisnis. Software ini juga menyediakan berbagai fitur analisis dan visualisasi data yang memudahkan pembuatan laporan.

  • Sistem Pelacakan Kinerja Kampanye

Sistem pelacakan kinerja kampanye dapat memantau dan melacak kinerja kampanye secara real-time. Data yang dihasilkan juga dapat digunakan sebagai dasar untuk menyusun middle report.

  • Perangkat Analisis Media Sosial

Kampanye bisnis yang melibatkan media sosial akan membutuhkan perangkat analisis media sosial. Dengan ini, Anda dapat melacak keterlibatan dan dampak kampanye di platform media sosial.

  • Perangkat Pembuatan Grafik dan Diagram

Perangkat pembuatan grafik dan diagram dapat digunakan untuk memvisualisasikan data dalam middle report. Grafik dan diagram ini akan memudahkan tim pemasaran dan manajemen perusahaan untuk menginterpretasi dan memahami data.

Baca juga: Tools yang Bisa Digunakan untuk Analisis Big Data!

Cara Mengaplikasikan Teknologi Pendukung untuk Membuat Middle Report

Berikut ini merupakan cara mengaplikasikan teknologi pendukung untuk membuat middle report:

  • Pengumpulan Data

Pertama, kumpulkan data-data untuk mendukung kampanye bisnis dari berbagai sumber yang relevan. Pastikan data yang dikumpulkan akurat, lengkap, dan terstruktur.

  • Penyimpanan Data dalam DBMS

Lalu, simpanlah data-data yang telah dikumpulkan tadi dalam DBMS untuk memudahkan akses dan analisis data.

  • Analisis Data dengan Perangkat Analisis Data

Lakukan analisis mendalam terhadap data kampanye bisnis dengan menggunakan software  analisis data yang telah dipilih. Identifikasi tren dan pola yang muncul dari data.

  • Penggunaan Sistem Pelacakan Kinerja Kampanye

Bila perlu, gunakan juga sistem pelacakan kinerja kampanye untuk memantau dan melacak performa kampanye secara real-time.

  • Visualisasi Data dengan Grafik dan Diagram

Visualisasikan data dalam bentuk grafik dan diagram menggunakan untuk memudahkan tim pemasaran dan manajemen perusahaan dalam memahami informasi yang dipaparkan.

  • Penyusunan Laporan dengan Perangkat Lunak Laporan

Terakhir, gunakan software laporan seperti Microsoft Word atau Google Docs untuk menyusun middle report. Sertakan juga analisis mendalam dan rekomendasi berdasarkan data yang telah diolah.

Ripple10 dan Comprehensive Analytic Mudahkan Penyusunan Middle Report Anda

Dalam penyusunan laporan pertengahan tahun, diperlukan tools relevan yang dapat mengumpulkan data dari beberapa sumber. Ivosights mempunyai solusinya untuk permasalahan ini. Kami menyediakan sebuah digital listening tools Ripple10 yang mampu memonitoring percakapan pelanggan tentang bisnis Anda di media sosial. Dengan tools ini, Anda bisa menganalisis demografi, emosi, topik pembicaraan, hingga profil media sosial para pelanggan. 

Nantinya, semua data-data ini dapat dikelola, dianalisis, hingga dijabarkan secara lengkap melalui layanan comprehensive analytic. Data-data yang terkumpul melalui Ripple10 dapat dianalisis secara mendalam dengan berbagai macam metode. Selain itu, layanan kami juga bisa menyajikan laporan untuk klien internal, memprediksi penjualan, serta meningkatkan identitas brand perusahaan Anda. Dapatkan segera sistem Ripple10 dan comprehensive analytic dengan menghubungi tim kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami