Peran Penting IP Telephony untuk Telemarketing Bagi Kemajuan Bisnismu

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 05 April 2023
Ket: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Telemarketing merupakan bentuk telekomunikasi yang berfungsi untuk interaksi kepada pelanggan agar mempermudah transaksi atau bentuk marketing dalam komunikasi"

Telemarketing merupakan sebuah pekerjaan atau profesi yang secara umum menjadi seseorang yang melakukan transaksi jual beli sebuah produk atau jasa dengan menggunakan sebuah panggilan langsung atau melalui seluler telpon dengan calon customer maupun pembeli. Individu yang melakukan telemarketing itu sendiri disebut dengan telemarketer atau telesales. Ya! Seperti namanya, pekerjaan ini merupakan bagian dari marketing. Setiap telemarketer mempunyai kewajiban untuk menawarkan atau menjual sebuah produk dengan cara menelpon target atau calon pembeli secara langsung.

Tidak hanya melalui telpon, telemarketing dapat dilakukan dengan menggunakan SMS atau pesan singkat secara blast atau massal. Namun ternyata hal tersebut kurang efektif, karena targeting untuk calon pembeli kurang luas percakapannya dan hanya satu arah saja. Maka dari itu telemarketing sangat lebih efektif menggunakan telpon. Namun apakah telemarketing dapat dilakukan dengan berbagai jenis telpon seluler? Sangat disayangkan bahwa telemarketing tidak dapat menggunakan sembarang telpon. Hal ini dikarenakan setiap panggilan yang dilakukan dalam telemarketing mempunyai berbagai banyak protokol serta beberapa aturan yang harus dijaga. Data calon pelanggan atau customer merupakan sebuah hal yang sangat privasi dan harus sangat di jaga oleh seorang telemarketer. Dan hal tersebut menjadi sebuah tanggung jawab bagi telemarketing.

Baca Juga: 7 Strategi Telemarketing untuk Meningkatkan Penjualan

 Tanggung Jawab Seorang Telemarketing

Bagi kamu yang ingin mempelejari mengenai telemarketing atau tertarik untuk menjadi seorang telemarketing. Hal-hal berikut menjadi pedoman wajib bagi kamu yang ingin menjadi telemarketing.

  • Memahami Produk atau Jasa yang Di jual

Menjadi sebuah hal utama yang harus dilakukan oleh seorang telemarketing. Sebelum menjual sebuah produk pastinya kita harus memahami segala aspek dari produk atau jasa tersebut. Pada proses jual beli pastinya setiap calon pembeli ingin mengetahui apa saja yang dimiliki produk tersebut dan bertanya-tanya mengenai produk tersebut. Dengan itu, seorang telemarketing harus memahami produk di luar kepala agar calon pembeli tidak merasa ragu untuk membeli produk tersebut apabila telemarketing tidak dapat menjawab pertanyaan mengenai produk yang di jual.

  • Menyampaikan Informasi yang Jujur dan Akurat

Jujur menjadi acuan atau senjata yang harus dimiliki oleh seorang marketing. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya kepada seorang telemarketing, sehingga dapat menguntungkan perusahaan dengan menarik kepercayaan setiap customer.

  • Sopan dan Ramah

Memiliki sikap yang baik akan memberikan suasana positif dan kenyamanan bagi customer untuk berdiskusi dengan telemarketing. Hal tersebut juga membuat customer menjadi senang untuk mengetahui dan tertarik mengenai produk yang ditawarkan.

  • Menjaga Privasi

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, dalam proses transaksi pada telemarketing pastinya seorang telemarketer akan mempunyai tanggung jawab untuk memproses data pribadi seorang customer atau calon pembeli. Hal tersebut harus dijaga dengan baik demi memberikan rasa aman bagi customer dalam menjaga privasinya.

  • Memberikan Waktu untuk Pertimbangan

Telemarketing yang baik adalah telemarketer yang memberikan ruang bagi calon pelanggan untuk mempertimbangkan keputusannya. Apabila seorang telemarketing terlalu tergesa-gesa dan menyudutkan seorang calon pelanggan akan terkesan memaksa dan malah membuat calon pelanggan risih.

  • Memberikan Berbagai Jenis Opsi

Alangkah baiknya sebagai seorang telemarketing menerapkan hal yang fleksibel. Pastinya setiap pelanggan merasa leluasa dan tidak terikat sebelum membeli atau menggunakan jasa. Telemarketing dengan itu dapat memberikan opsi seperti pembatalan dalam transaksi, atau pengembalian dana. Hal tersebut dapat menarik perhatian bagi para customer lain dalam hal fleksibel yang dimiliki oleh seorang telemarketing.

  • Menjaga Baik Hubungan dengan Customer

Telemarketing harus tetap menghormati atau menghargai seorang customer pada setiap transaksi dan percakapan bagaimanapun hasil akhirnya.

Telemarketing merupakan bentuk marketing yang dilakukan dengan menggunakan sebuah teknologi. Dengan itu marketing dapat dilakukan tanpa harus tatap muka. Maka dari itu dibutuhkan sebuah alat komunikasi yang memadai untuk memenuhi protokol telemarketing. IP Telephony atau Voice over Internet Protocol menjadi teknologi yang sangat tepat untuk bidang telemarketing.

Baca Juga: 5 Perbedaan Telesales dan Telemarketing yang Perlu Anda Ketahui

Keuntungan Menggunakan IP Telephony dalam Telemarketing

Sebuah teknologi pastinya sangat membantu pekerjaan umat manusia pada saat ini. Begitu pun dengan telemarketing apabila menggunakan jasa IP Telephony.

  • Hemat Biaya

Dengan menggunakan IP Telephony, telemarketing tidak diharuskan mengeluarkan banyak pulsa atau kuota dengan ponsel genggam untuk melakukan transaksi.

  • Panggilan Konferensi

Dengan menggunakan IP Telephony, seseorang dapat melakukan panggilan kepada banyak customer dalam satu waktu.

  • Integrasi dengan Aplikasi Perusahaan

Data yang dilakukan telemarketing dalam transaksinya akan langsung diakumulasikan dalam CRM, sehingga setiap panggilan dengan customer akan lebih efektif.

  • Fitur-Fitur Tambahan

Fitur yang dimiliki IP Telephony sangat beragam, seperti suara rekaman, panggilan tunggu, panggilan terjadwal, serta panggilan gratis antar kantor cabang lain.

Tertarik Memiliki Tim Telemarketing Profesional di Perusahaan Anda?

Ivosights melalui layanan Sociomile siap membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Dengan dukungan sumber daya manusia dan sistem yang profesional dan canggih, Ivosights akan membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan bisnis.

Sistem contact center Sociomile dari Ivosights adalah sistem contact center dengan layanan terlengkap di bidangnya yang bertujuan untuk membantu suatu brand atau perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal secara efektif dan efisien, tidak perlu membuka berbagai platform yang berbeda-beda dalam satu waktu, Anda dapat melakukannya hanya melalui satu dashboard.

Sociomile mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Hal lain yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Ivosights menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang dikembangkan secara cepat dengan dukungan tim lokal. Ayo hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaat layanan Sociomile dari Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami