Performa Menurun? Tips Aktif di Media Sosial untuk Bisnis Saat Ramadan

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 27 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Media sosial. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Media sosial. Shutterstock.

"Saat Ramadan, ada beberapa bisnis yang akan sedikit menurun performanya. Yuk, simak tips aktif di media sosial selama Ramadan dalam artikel di bawah ini"

Ramadan merupakan salah satu bulan yang kehadirannya sangat ditunggu oleh umat muslim. Banyaknya bisnis yang berkembang saat hadirnya bulan yang satu ini juga membuat persaingan antar bisnis menjadi lebih ketat dan sengit jika dibandingkan dengan bulan-bulan lain. Hal itu membuat banyak kemungkinan performa menurun bagi beberapa pemilik bisnis meskipun bisnis yang mereka miliki sangat dibutuhkan saat Ramadan. Yuk, intip tips aktif di media sosial untuk bisnis selama Ramadan.

Alasan Performa Bisnis Menurun di Media Sosial saat Ramadan

  • Tidak Melakukan Digital Monitoring

Digital monitoring merupakan salah satu kegiatan yang utama untuk para pemilik bisnis jika ingin bisnis yang mereka jalani lebih laku dan mengetahui apa yang banyak dibicarakan oleh para pelanggan. Tidak melakukan digital monitoring juga membuat pemilik bisnis akan kehilangan kesempatan dalam meraih keuntungan selama Ramadan karena tidak memantau dan menganalisis apa saja yang sedang tren dan viral di kalangan masyarakat lewat media sosial.

  • Tidak Melakukan Riset Terhadap Calon Pelanggan

Alasan lain performa bisnis menurun saat Ramadan adalah karena pemilik bisnis tidak melakukan riset terhadap calon pelanggan. Lewat media sosial, pemilik bisnis seharusnya akan lebih mudah untuk melakukan riset terhadap calon pelanggan. Selain itu, pemilik bisnis juga harus mengetahui apa yang pelanggan mau saat Ramadan sehingga performa bisnis di media sosial meningkat.

Baca Juga: Opini Publik di Media Sosial Memengaruhi Reputasi Sebuah Brand

  • Kurang Aktif dalam Berinteraksi dengan Pelanggan

Ramadan adalah bulan yang harus dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggan di media sosial. Kurang aktif dalam berinteraksi dengan pelanggan akan berpotensi membuat performa bisnis Anda menurun. Aktiflah menyapa pelanggan Anda dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial, seperti Instagram Stories, komentar, tag, polling, dan lain-lain. Selain itu, saat Ramadan biasanya orang akan lebih mudah untuk merasa bosan sehingga kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk berinteraksi dengan para pelanggan.

  • Tidak Melakukan Kampanye Ramadan

Salah satu alasan mengapa performa bisnis menurun di media sosial adalah karena pemilik bisnis tidak melakukan kampanye Ramadan. Mengapa kampanye ini harus dilakukan? Hal ini untuk memberikan pemberitahuan kepada para pelanggan bahwa bisnis yang Anda miliki melakukan selebrasi atau ikut merayakan kehadiran Bulan Ramadan. Selain itu, dengan menambahkan tagar atau hal-hal yang berbau Ramadan, postingan Anda juga akan lebih mudah dilirik atau dilihat oleh para calon pelanggan.

Tips Aktif di Media Sosial saat Ramadan

  • Menggencarkan Promosi

Lakukanlah promosi besar-besaran di media sosial saat Ramadan. Ini adalah kesempatan emas yang bisa Anda manfaatkan karena masyarakat biasanya akan melakukan banyak pembelanjaan secara daring sehingga media sosial juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk menggencarkan promosi bisnis.

  • Melakukan Digital Monitoring Terhadap Tren-Tren Terkini

Ramadan adalah salah satu bulan dimana akan ada banyak tren terbaru yang hadir di masyarakat. Dengan melakukan digital monitoring terhadap tren-tren terkini, bisnis Anda akan lebih mudah untuk mencapai target dan akan lebih dikenal masyarakat.

  • Melakukan Interaksi dengan Para Pelanggan

Lakukanlah banyak interaksi dengan para pelanggan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial. Dengan begitu, performa bisnis Anda di media sosial akan meningkat dan akan memungkinkan untuk menambah pelanggan setia baru.

Baca Juga: Ketahui Apa Yang Diinginkan Pelanggan Anda di Media Sosial

  • Aktif dalam Melakukan Kampanye Ramadan

Aktiflah dalam melakukan kampanye Ramadan. Dengan begitu, pelanggan akan mengetahui bahwa Anda memiliki banyak produk atau barang yang sedang memiliki promo atau memiliki tag khusus di Bulan Suci ini.

  • Membuat Iklan Online

Jika Anda berpikir bisnis yang Anda miliki mempunyai target pasar yang besar, akan sia-sia jika tidak membuat iklan online yang memiliki manfaat untuk menarik banyak pelanggan baru. Dengan membuat iklan online di media sosial, Anda akan lebih memiliki banyak kesempatan untuk menarik banyak pelanggan baru.

Gunakan Ripple10 untuk Digital Monitoring yang Lebih Baik!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami