Media Monitoring Tools: Langkah Ampuh Atasi Krisis Digital Sejak Dini

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 19 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring. Shutterstock.

"Brand perlu menjaga reputasi dengan mengantisipasi krisis digital sejak dini dengan menggunakan media monitoring tools. Simak ulasan lengkapnya di sini."

Eksistensi media sosial dan dominasi ranah digital menunjukkan seberapa penting bagi seseorang untuk menjaga citra mereka secara efektif. Tidak hanya individu atau kelompok, perusahaan besar atau unit bisnis juga perlu berhati-hati dalam merepresentasikan diri mereka di ranah publik digital. Sering kali, sebuah brand mengalami krisis digital, yang merujuk pada situasi di mana mereka menghadapi tantangan dan konflik yang dapat merusak reputasi mereka secara online. Krisis ini dapat berbentuk penyebaran narasi negatif, respons yang tidak memuaskan terhadap keluhan pelanggan, serangan daring, konten kontroversial, atau kegagalan dalam mengelola situasi krisis secara efektif. Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menangani situasi semacam ini adalah dengan memanfaatkan media monitoring tools.

Apa itu Media Monitoring Tools? 

Media monitoring tools adalah perangkat yang dipakai perusahaan untuk mengawasi pembicaraan online di media sosial, blog, forum, dan platform digital lainnya. Fungsinya adalah agar perusahaan tetap up-to-date dengan perkembangan dan memahami topik yang sedang diperbincangkan oleh masyarakat, baik yang terkait dengan industri mereka maupun dengan perusahaan itu sendiri. Ivosights menawarkan suatu platform yang disebut Ripple10 yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemantauan media. Dengan menggunakan Ripple10, perusahaan, institusi, atau pelaku bisnis lainnya dapat mengelola reputasi merek dengan mudah melalui dasbor yang ramah pengguna. Terlebih lagi, Ripple10 dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat mendukung perusahaan dalam menghadapi situasi krisis di ranah digital.

Baca Juga: Mengidentifikasi Peluang Bisnis dengan Media Monitoring Tools 

Mengenal Fitur Early Alert Notification pada Media Monitoring Tools

Media monitoring tools Ripple10 memiliki satu fitur yang sangat menguntungkan bagi perusahaan yang ingin mengantisipasi datangnya krisis digital, yaitu fitur early alert notification. Fitur ini berfungsi untuk mengetahui potensi krisis digital sejak dini. Ketika terdapat lonjakan perbincangan negatif mengenai brand atau terdapat potensi terjadinya krisis, agen Ripple10 akan mengirimkan notifikasi peringatan. Notifikasi ini akan dikirimkan melalui E-Mail atau SMS.

Tahapan Menangani Krisis Digital dengan Media Monitoring Tools

Tak hanya fitur early alert notification, media monitoring tools Ripple10 memiliki berbagai fitur terpadu yang dapat digunakan untuk menangani krisis digital. Beberapa tahapan menangani krisis tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memantau Percakapan Digital

Meskipun sudah dilengkapi early alert notification untuk memberi peringatan potensi krisis, perusahaan tetap perlu memantau brand mention secara rutin melalui media monitoring tools. Perusahaan dapat memantau melalui keyword, hashtag, atau mention terkait dengan apa yang masyarakat bicarakan mengenai perusahaan, produk, kompetitor, atau bahkan industri terkait. Perusahaan dapat memanfaatkan fitur sentiment analysis pada Ripple10 untuk mengetahui tendensi masyarakat.

  • Mengidentifikasi Titik Awal Permasalahan

Ketika krisis digital mulai mencuat, perusahaan perlu mengetahui titik awal permasalahan tersebut guna menyusun strategi penyelesaian yang tepat. Media monitoring tools Ripple10 menyediakan fitur audience analysis yang dapat digunakan untuk menemukan akun digital yang sering membicarakan brand Anda. Brand juga dapat mempelajari persebarannya dengan fitur sociograph author untuk mengetahui penyebaran isu dengan detail.

  • Memantau Health Digital Index

Selain memantau percakapan digital dan mengidentifikasi titik awal permasalahan, brand juga perlu memantau health digital index secara berkala. Health digital index mengacu pada perhitungan skor dari keseluruhan sentimen masyarakat terhadap brand untuk mengetahui seberapa sehat brand di dunia digital. Semakin banyak sentimen positif menandakan brand sehat di dunia digital. Apabila sentimen negatif menjadi mayoritas, brand perlu mencari cara untuk meningkatkan citra positif.

  • Berkomunikasi dengan Audiens

Ketika terjadi krisis digital, respon terhadap masyarakat perlu ditingkatkan dengan baik. Perusahaan dapat menjalin komunikasi dengan mengakui kesalahan atau isu yang terjadi, memberikan alternatif penyelesaian, menjawab setiap keluhan dan pertanyaan pelanggan, juga menunjukkan transparansi penyelesaian isu. Untuk melakukan hal tersebut, media monitoring tools Ripple10 menyediakan fitur integrasi dengan Sociomile, platform CRM (Customer Relationship Management) yang memungkinkan perusahaan untuk mengakses 13 kanal digital dalam 1 dasbor. Dengan menggunakan fitur integrasi tersebut, perusahaaan dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara responsif dan penuh empati.

  • Memantau Hasil Akhir dan Menyusun Tindakan Preventif

Setelah berhasil menjalin komunikasi dengan pelanggan guna menyelesaikan krisis, perusahaan dapat memantau hasil akhir melalui impression, engagement, dan analisis sentimen yang ada. Pemantauan tahap akhir ini berguna untuk mengetahui seberapa efektif penyelesaian krisis digital tersebut. Tak lupa penting juga bagi suatu perusahaan untuk menyusun tindakan preventif untuk di masa depan.

Baca Juga: Peran Feedback Pelanggan di Social Media Listening Tools untuk Bisnis  

Berminat Memanfaatkan Media Monitoring Tools sebagai Strategi Menangani Krisis Digital? Ivosights Solusinya!

Dapatkan manfaat dan keunggulan manajemen krisis dengan Ripple10 dari Ivosights! Ripple10 merupakan media monitoring tools yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin mengedepankan menjaga reputasi brand di dunia digital. Media monitoring tools ini memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain sehingga efektif untuk digunakan dalam memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Media monitoring tools Ripple10 juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Dengan media monitoring tools yang dapat diintegrasikan dengan CRM, perusahaan dapat memaksimalkan managemen krisis dengan baik. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami