9 Alasan Mengapa Profit Bisnis Meningkat dengan Media Monitoring Tools

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 23 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring Tools. Shutterstock.

"Telusuri alasan mengapa media monitoring tools dapat membantu bisnis meningkatkan profit melalui artikel berikut ini."

Di era ekonomi yang dinamis, pebisnis, perusahaan, dan institusi perlu mencari cara untuk tetap bertahan dan mendapatkan profit stabil. Salah satu aspek yang akan sangat mempengaruhi peningkatan profit adalah dengan memelihara dan mengelola kepuasan pelanggan. Kini, perusahaan dapat menggunakan media monitoring tools sebagai penunjang.

Apa itu Media Monitoring Tools? 

Media monitoring tools merupakan sebuah perangkat lunak yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan, lembaga, atau individu untuk mengawasi pembicaraan online di berbagai platform seperti media sosial, blog, forum, dan situs digital lainnya. Pemanfaatan media monitoring tools ini berguna bagi bisnis supaya tetap mengetahui berita terkini dan memahami tren serta topik yang sedang dibicarakan oleh masyarakat, baik itu terkait dengan industri maupun mengenai brand. Perusahaan asal Indonesia yang bergerak di bidang business solution provider, Ivosights, menawarkan sebuah platform bernama Ripple10 yang menyediakan kemampuan pemantauan percakapan digital. Ripple10 dapat menjadi solusi praktis dalam mengelola citra merek dengan mudah melalui perangkat lunak yang user-friendly.

Baca Juga: Mengukur Otoritas dan Pengaruh Merek Lewat Media Monitoring Tools 

Peran Media Monitoring Tools untuk Tingkatkan Profit Bisnis

Penggunaan media monitoring tools sebagai penunjang operasional bisnis terbukti berperan penting dalam upaya peningkatan profit. Beberapa peran media monitoring tools dalam bisnis adalah sebagai berikut:

  • Penjagaan Reputasi Brand

Media monitoring tools berguna untuk menjaga reputasi brand dari krisis digital yang berpotensi menjadi viral dan merusak pandangan masyarakat terhadap brand tersebut. Krisis digital yang dimaksud mengacu pada hate speech, penyebaran hoaks, atau review jelek terhadap suatu produk. Media monitoring tools dilengkapi dengan fitur analisis sentimen yang memudahkan perusahaan mengetahui apakah sentimen masyarakat ada pada kategori positif, negatif, atau netral. Perusahaan juga dapat mencari tahu asal mula perkembangan isu negatif muncul. Sehingga, akan mudah bagi pengguna tools untuk mengatasi krisis dan memberlakukan tindakan preventif.

  • Aktivitas Kompetitor Secara Digital Termonitor

Media monitoring tools memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam memonitor persaingan, mengamati kampanye pesaing, dan mengetahui tren pembicaraan tentang kompetitor. Dengan menyelidiki strategi kompetitor dan menemukan kelemahan mereka, perusahaan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka. Ini akan berdampak positif dalam menarik pelanggan baru dan meningkatkan profitabilitas secara efisien.

  • Mengetahui Preferensi Masyarakat

Media monitoring tools memberi kesempatan bagi perusahaan untuk meresapi kebutuhan serta kecenderungan pelanggan dengan lebih mendalam. Fasilitas yang ada di media monitoring tools ini memfasilitasi perusahaan dalam memahami pembicaraan publik mengenai produk dan layanan mereka. Dengan memantau dan menganalisis sentimen yang terkandung, perusahaan meraih wawasan yang penting untuk menyempurnakan produk dan layanan mereka. Secara keseluruhan, perkembangan ini memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan penjualan dan profitabilitas perusahaan.

  • Citra Brand di Dunia Digital Lebih Mudah Terukur

Media monitoring tools memiliki fitur bernama health digital index, fitur ini berguna untuk memantau citra brand di dunia digital dengan index yang dihasilkan dari analisis sentimen. Apabila sentimen mayoritas termasuk positif, health digital index akan naik dan sebaliknya. Dengan index tersebut, perusahaan akan dimudahkan dalam menangani krisis digital. Penanganan ini juga akan tercipta dengan lebih cepat dikarenakan perusahaan tidak perlu menganalisis data percakapan secara manual. Tak hanya itu, media monitoring tools memiliki fitur bernama early alert notification. Fitur tersebut merupakan notifikasi yang akan muncul ketika perusahaan mulai mengalami potensi krisis. Sehingga, perusahaan dapat menangani krisis tersebut sedini mungkin.

  • Mengetahui Insights Mengenai Tren Terkini

Penting bagi perusahaan untuk menjaga keterhubungan dengan tren, topik, dan arus informasi yang berkembang dalam masyarakat. Dengan tetap terhubung, perusahaan dapat mengawasi perubahan kata kunci, tren hashtag, atau elemen lain yang relevan dengan citra perusahaan. Informasi semacam ini memberi perusahaan kemampuan untuk mengenali pergeseran perilaku konsumen, celah dalam pasar, serta peluang baru yang mungkin muncul untuk inovasi. Memanfaatkan fitur pada media monitoring tools tersebut adalah langkah krusial dalam meningkatkan profitabilitas.

  • Membantu Optimalisasi Strategi Pemasaran

Media monitoring tools dilengkapi dengan fitur bernama daily mention & buzz geo. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk tahu kapan dan dimana brand paling ramai diperbincangkan. Dengan mengetahui kapan waktu yang paling ramai, perusahaan dapat memaksimalkan distribusi konten pemasaran di waktu tersebut. Sementara pengetahuan mengenai pembagian geografis dapat membantu perusahaan untuk melebarkan jangkauan bisnis atau membuka area bisnis baru.

Baca Juga: Mengatasi Tantangan Implementasi Media Monitoring Tools  

Ripple10 dari Ivosights: Media Monitoring Tools Paling Komprehensif

Dapatkan manfaat dan keunggulan Ripple10 dari Ivosights! Ripple10 merupakan media monitoring tools yang memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain. Fitur yang komprehensif ini sudah dipercaya berbagai macam institusi dan perusahaan di Indonesia untuk memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ripple10 juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Ripple10 juga dilengkapi aplikasi yang dapat diakses di telepon genggam. Sehingga, pelaku bisnis, organisasi, atau institusi dapat terus memantau pergerakan digital dengan simpel dan efisien. Tertarik melakukan akselerasi bisnis di era digital? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami