Pengaruh Analisis Sentimen dalam Media Monitoring untuk Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 19 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media monitoring. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Media monitoring. Shutterstock.

"Analisis sentimen masyarakat ternyata berperan penting dalam media monitoring. Simak ulasannya di sini!"

Di era perkembangan teknologi dan ekonomi yang dinamis ini membuat perusahaan perlu menjaga reputasi brand di dunia digital. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan analisis sentimen pada media monitoring

Apa itu Media Monitoring? 

Media monitoring adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk mengawasi pembicaraan online yang terjadi di media sosial, blog, forum online, dan platform digital lainnya. Tujuan dari strategi ini adalah agar perusahaan tetap mengetahui perkembangan terbaru dan memahami topik-topik yang sedang dibicarakan oleh masyarakat, baik terkait dengan industri di mana perusahaan beroperasi maupun informasi spesifik tentang perusahaan, layanan, atau produk itu sendiri. Terdapat beberapa macam perangkat yang dapat digunakan perusahaan untuk melakukan media monitoring, salah satunya adalah perangkat Ripple10 yang dibuat oleh Ivosights.

Mengenal Analisis Sentimen pada Media Monitoring 

Terdapat salah satu aspek dalam media monitoring yang memiliki berbagai macam peran dan manfaat, yaitu analisis sentimen. Hal ini mengacu pada proses menganalisis pendapat atau pandangan seseorang, baik positif, negatif, maupun netral terhadap suatu produk, layanan, atau perusahaannya secara umum. Pada media monitoring, perusahaan dapat menganalisis sentimen ini melalui sebuah teks, baik teks data, postingan media sosial, review pelanggan, artikel berita, atau hasil survei.

Analisis sentimen ini berhubungan dengan aspek bahasa atau linguistik yang terdeteksi pada data tersebut. Oleh karena itu, terdapat beberapa perusahaan yang menggunakan alat media monitoring yang dilengkapi dengan identifikasi bahasa gaul atau slang words dan alat yang dapat mendeteksi beberapa bahasa sekaligus. Pada tahap akhir media monitoring, biasanya perusahaan dapat mengkoreksi data secara manual apabila terdapat data yang tidak sesuai kategori positif, negatif, atau netral.

Baca Juga: Mengenal Ripple10, Social Media Listening Tools dengan Fitur Variatif! 

Peran Analisis Sentimen pada Media Monitoring

Analisis sentimen berperan besar pada proses media monitoring secara keseluruhan, yaitu sebagai berikut:

  • Memahami Preferensi Pelanggan

Analisis sentimen dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan pengetahuan tentang pendapat masyarakat mengenai produk, layanan, atau perusahaan secara umum. Dengan menganalisis preferensi pelanggan, kedepannya perusahaan dapat mengindentifikasi kelebihan dan kekurangan dari apa yang mereka tawarkan. Sehingga, membantu perusahaan menyusun strategi yang lebih relevan bagi konsumennya.

  • Mengembangkan Produk dan Layanan

Media monitoring memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan feedback tanpa perlu meminta secara langsung melalui survei. Dengan mengetahui feedback tersebut, perusahaan dapat mempertimbangkan dan mengidentifikasi bagian mana yang perlu ditingkatkan. Sehingga kedepannya, perusahaan dapat membuat produk dan layanan yang jauh lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat.

  • Mengoptimalkan Strategi Marketing

Strategi marketing yang berhasil adalah strategi yang relevan dengan orang banyak. Analisis sentimen dapat membantu perusahaan untuk mengenal preferensi masyarakat dan bagaimana masyarakat merespon sebuah strategi pemasaran yang dibuat oleh perusahaan. Respon positif maupun negatif dapat membantu perusahaan untuk menyempurnakan strategi dan memaksimalkan efektivitas strategi kedepannya.

  • Meningkatkan Customer Experience

Dengan mengetahui respon masyarakat, perusahaan dapat meningkatkan customer experience. Hal ini dapat mengacu pada memperbaiki layanan dan produk, mengoptimalkan customer center, hingga mencoba mempertimbangkan feedback pelanggan. Apabila customer experience ini terus terjaga, kepuasan pelanggan akan terus meningkat dan berhubungan langsung dengan menjamin kesuksesan bisnis dalam jangka panjang.

  • Mengetahui Tren dan Isu Terkini

Pada era yang dinamis ini, perusahaan perlu terus mengikuti tren dan isu terkini di dunia digital. Dengan mengetahui hal tersebut, perusahaan dapat menyediakan produk dan layanan yang relevan dan adaptif pada perkembangan zaman. Analisis sentimen membantu perusahaan untuk memanfaatkan peluang terhadap perkembangan dan membantu menyesuaikan strategi.

  • Menjaga Reputasi Bisnis

Reputasi bisnis merupakan aspek yang sangat penting untuk menjaga sebuah bisnis stabil dalam jangka panjang. Analisis sentimen pada media monitoring tools dapat membantu perusahaan untuk secara proaktif mengatasi sentimen negatif dan memperkuat sentimen positif yang ada. 

  • Membantu Mengatasi Manajemen Krisis

Tidak jarang suatu perusahaan menghadapi apa yang disebut sebagai krisis digital, yakni situasi di mana mereka menghadapi tantangan dan konflik yang berdampak merugikan terhadap reputasi mereka secara online. Krisis digital ini dapat muncul dalam berbagai bentuk, seperti penyebaran isu negatif, respon yang kurang baik dari perusahaan terhadap keluhan pelanggan, serangan daring, konten kontroversial, hingga kesulitan perusahaan dalam mengelola situasi krisis. Dengan menggunakan analisis sentimen, perusahaan dapat mengidentifikasi dan memitigasi risiko yang berkaitan dengan sentimen negatif tersebut. Sehingga, perusahaan dapat menerapkan langkah proaktif untuk mengatasi krisis sebelum krisis tersebut meningkat.

Ingin Melakukan Analisis Sentimen dengan Menggunakan Media Monitoring Tools? Segera Hubungi Ivosights!

Dapatkan manfaat dan keunggulan Ripple10 dari Ivosights! Ripple10 merupakan media monitoring tools yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin menjaga reputasi brand-nya. Perangkat ini memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain sehingga efektif untuk digunakan dalam memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ripple10 juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Dengan kedua perangkat ini, perusahaan dapat memaksimalkan penjagaan reputasi brand dengan baik. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami