6 Tips dan Trik Melakukan Media Monitoring dengan Efektif

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 27 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring.
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring.

"Media monitoring merupakan aktivitas yang dapat membantu bisnis mengubah data percakapan digital menjadi wawasan yang bermanfaat. Ketahui lebih dalam di sini!"

Di sekarang ini, media digital merupakan tempat terjadinya pertukaran informasi. Hal ini menjadikan media digital salah satu sumber utama insights bagi perusahaan dalam menghadapi kompetisi dunia bisnis yang terus berkembang. Salah satu cara untuk bisa menarik insights atau wawasan yang bermanfaat dari media digital yang dapat bisnis lakukan adalah media monitoring. Simak artikel ini untuk mengetahui 6 tips dan trik untuk melakukan media monitoring dengan efektif!

Apa Itu Media Monitoring?

Media monitoring adalah proses memantau, mengumpulkan, dan menganalisis data atau informasi dari berbagai jenis media. Bagi bisnis, tujuan utama media monitoring adalah untuk mengetahui perubahan tren pasar dan mendapatkan informasi tentang pola perilaku audiens atau pelanggan mereka. Data-data yang didapat dari media monitoring ini dapat menjadi wawasan penting untuk membantu perusahaan dalam membentuk strategi yang tepat dalam menghadapi pasar.

Manfaat Melakukan Media Monitoring untuk Bisnis

Berikut beberapa manfaat media monitoring untuk bisnis:

  • Membantu Memahami Pelanggan dengan Lebih Mendalam

Dengan media monitoring tools, Anda dapat melacak berbagai informasi yang ada pada platform media sosial dan berita online dengan menggunakan kata kunci tertentu. Dengan melacak informasi terkait perusahaan Anda, Anda dapat memahami percakapan yang dilakukan audiens Anda terkait bisnis Anda. Lewat hal ini, Anda dapat memahami audiens Anda dengan lebih mendalam dan mengetahui apa yang mereka inginkan dari bisnis Anda.

  • Mendeteksi dan Menangani Krisis dengan Efisien

Media monitoring tools memungkinkan Anda untuk memantau percakapan secara real-time. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi krisis atau keluhan ketika hal tersebut terjadi saat itu juga. Hal ini akan mempercepat proses penanganan dan penyelesaian masalah.

  • Membantu Memantau Sentimen Pelanggan

Media monitoring juga dapat membantu bisnis untuk memantau sentimen pelanggan. Dengan memahami sentimen pelanggan, perusahaan dapat mengetahui pandangan pelanggan mereka mengenai produk dan/atau brand mereka. Hal ini merupakan wawasan yang penting karena sentimen yang positif menandakan reputasi brand yang baik yang dapat membawa keuntungan bisnis.

  • Memudahkan Riset Pasar

Media monitoring tools juga memungkinkan Anda untuk melakukan riset pasar dengan mudah. Anda dapat mengetahui perubahan dan perkembangan pasar dan melihat potensi untuk bisnis Anda. Informasi ini dapat digunakan untuk memastikan bisnis Anda tetap relevan dan Anda dapat membangun dan memperluas pangsa pasar bisnis Anda.

  • Memudahkan Monitor Aktivitas Kompetitor

Dengan melakukan media monitoring, perusahaan juga dapat memantau aktivitas kompetitor mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengetahui informasi seputar sentimen audiens terhadap kompetitor maupun kampanye yang dilakukan kompetitor. Informasi ini dapat menjadi wawasan penting yang dapat dipelajari untuk memastikan perusahaan dapat menentukan strategi yang tepat ketika menghadapi persaingan bisnis.

Baca Juga: Strategi Media Monitoring untuk Memahami Pasar Global

6 Tips dan Trik Melakukan Media Monitoring

Berikut beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan ketika melakukan media monitoring:

  • Tentukan Tujuan dan KPI yang Jelas

Sebelum mulai melakukan media monitoring, Anda perlu menentukan tujuan dan KPI (Key Performance Indicator) yang jelas. Tentukan apa yang ingin Anda capai dengan melakukan media monitoring agar bisa melakukan aktivitas ini dengan lebih efektif.

  • Pilih Kata Kunci yang Relevan

Ketika melakukan media monitoring, pastikan Anda memilih kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Kata kunci ini dapat berupa nama perusahaan atau nama brand, nama atau jenis produk, jenis industri, dan lain sebagainya.

  • Tentukan Media yang Akan Dimonitor

Anda juga perlu menentukan media yang akan dipantau ketika melakukan media monitoring. Jenis media digital apa yang akan dipantau? Apakah Anda akan memantau media sosial atau forum berita online?

  • Perhatikan Konteks

Ketika melakukan media monitoring, pastikan Anda memperhatikan konteks dari data yang didapatkan. Sebuah cuitan mungkin mengandung jenis produk yang Anda jual, namun bukan berarti cuitan tersebut membahas produk Anda secara spesifik. Sebuah cuitan mungkin juga mengandung kata-kata yang mungkin terdengar negatif padahal konteksnya adalah cuitan sarkastik. Hal inilah yang menjadikan konteks merupakan hal yang penting untuk diperhatikan ketika melakukan media monitoring agar Anda dapat mengumpulkan data yang benar-benar konkret dan sesuai.

  • Manfaatkan Analisis Sentimen

Ketika melakukan media monitoring, Anda juga dapat memanfaatkan analisis sentimen. Analisis sentimen adalah aktivitas menganalisis sentimen atau persepsi publik terhadap suatu topik atau kata kunci tertentu. Dengan melakukan analisis sentimen, Anda dapat mengetahui bagaimana pendapat publik terhadap brand Anda.

  • Gunakan Media Monitoring Tools

Tips terakhir adalah menggunakan media monitoring tools. Meskipun Anda bisa melakukan media monitoring secara manual, media monitoring tools dapat mempermudah aktivitas ini. Dengan berbagai fitur yang inovatif, media monitoring tools dapat menjadi investasi yang baik yang membantu Anda untuk memantau media secara lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Manfaat Media Monitoring saat Memulai Rencana Bisnis Baru

Lakukan Monitor Media dengan Media Monitoring Tools Terbaik, Ripple10!

Media monitoring merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi bisnis. Dengan melakukan media monitoring secara efektif, bisnis dapat mengetahui sentimen audiens terhadap brand mereka, mendeteksi dan menyelesaikan masalah dengan efisien, serta menjaga reputasi merek di dunia digital. Sesuai dengan tips di atas, penggunaan media monitoring tools dapat mempermudah proses monitor media. Jika Anda mencari media monitoring tools yang tepat untuk bisnis Anda, Ripple10 adalah jawabannya! Ripple10 adalah media monitoring tools terlengkap, no. 1 di Indonesia yang dapat membantu Anda mengubah percakapan online menjadi strategi bisnis yang optimal. Hubungi Ivosights dan dapatkan Ripple10 sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami