Cara Membuat Loyalty Program Yang Tepat untuk Meningkatkan Customer Loyalty

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 11 Mei 2023
Ket. Foto. Ilustrasi - Loyalty Program. Shutterstock
Ket. Foto. Ilustrasi - Loyalty Program. Shutterstock

"Loyalty program adalah program penghargaan yang diberikan kepada pelanggan setia agar pelanggan tetap menggunakan produk yang perusahaan tawarkan"

Loyalty program atau program keanggotaan adalah strategi pemasaran yang perusahaan lakukan untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Program ini memberikan insentif khusus kepada pelanggan setia yang berupa diskon, hadiah, atau penghargaan lainnya. Tujuan utama dari loyalty program adalah untuk menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan mendorong mereka untuk kembali berbelanja di perusahaan tersebut. Tidak hanya membantu meningkatkan loyalitas pelanggan, loyalty program juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan penjualan, mengurangi biaya pemasaran, dan memperkuat merek perusahaan Dengan memahami loyalty program, perusahaan dapat merancang program yang tepat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Pengertian Loyalty Program

Loyalty program adalah program penghargaan yang perusahaan berikan kepada pelanggan setia mereka untuk tetap menjaga hubungan harmonis agar pelanggan tetap menggunakan produk yang perusahaan tawarkan. Loyalty program berguna untuk mempertahankan bisnis perusahaan dalam jangka waktu panjang. Contoh dari penerapan loyalty program ini adalah buy 1 get 1, cashback, membership, diskon, dan sebagainya. Dengan adanya program-program tersebut pelanggan lama akan tetap membeli produk karena tergiur dengan promosi yang diadakan. Selain itu, loyalty program juga dapat menarik perhatian pelanggan baru dengan promosi yang mereka tawarkan. Customer satisfaction dapat meningkat sehingga banyak pelanggan yang merasa puas dengan produk dan jasa yang perusahaan jual.

Baca Juga: Cara Membuat Loyalty Program untuk Meningkatkan Customer Loyalty

Jenis Loyalty Program

Untuk memahami loyalty program secara lebih lanjut, terdapat beberapa jenis dari loyalty program yang perlu Anda ketahui. Berikut jenis-jenisnya: 

  • Point-based loyalty

Melalui point-based loyalty, pelanggaran diharuskan mengumpulkan sejumlah poin yang nantinya dapat ditukar dengan diskon, cashback, produk gratis, dan hadiah lainnya. Dalam mendapatkan poin ini, perusahaan biasanya tidak membatasi hanya dengan membeli produk. Bisa saja poin ini didapat dengan mengikuti media sosial perusahaan, mengikuti misi yang diadakan di aplikasi perusahaan, login harian, memberi ulasan, birthday compliment, dan beragam cara menarik lainnya.

  • Tiered loyalty

Pengertian dari tiered loyalty adalah suatu membership yang mana konsumen akan meraih benefit berdasarkan tingkatan yang dimiliki. Semakin tinggi tingkatan konsumen tersebut, maka akan semakin banyak benefit dan hadiah yang dapat pelanggan raih. Contohnya dapat dilihat di aplikasi Starbucks di mana pelanggan harus mengumpulkan bintang untuk meningkatkan level membership-nya. Cara untuk meningkatkan level ini kalian dapat bertransaksi dengan menggunakan aplikasi Starbuck untuk mendapatkan berbagai promo menarik.

  • Paid loyalty

Dalam loyalty program jenis paid loyalty, pelanggan akan diajak untuk bergabung sebagai member dengan membayar sejumlah biaya baik itu per bulan atau per tahun. Meskipun harus merogoh kocek, pelanggan nantinya akan mendapatkan banyak keuntungan yang brand tawarkan sehingga membuat pelanggan yang menjadi member merasa lebih spesial.

  • Value loyalty

Jenis loyalty program yang terakhir adalah value loyalty. Pengertian value loyalty yaitu program yang tujuannya membuat ikatan emosional dengan konsumen. Misalnya perusahaan dapat mengajak konsumen untuk membeli dan menggunakan produk dan jasa mereka yang mana nantinya hasil dari sekian persen pembelian pelanggan akan disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan.

Fungsi Loyalty Program

Berikut fungsi dari penerapan loyalty program untuk meningkatkan customer satisfaction:

  • Memotivasi pelanggan untuk membeli produk perusahaan 

Dengan memberikan insentif kepada pelanggan setia, loyalty program dapat membantu memotivasi pelanggan untuk terus menggunakan produk atau layanan perusahaan, sehingga memperpanjang siklus pembelian dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

  • Meningkatkan interaksi pelanggan dengan perusahaan 

Loyalty program dapat membantu meningkatkan interaksi pelanggan dengan perusahaan, misalnya dengan memberikan penawaran eksklusif kepada pelanggan setia sehingga membuat mereka akan terus terkoneksi dengan produk yang perusahaan jual

  • Meningkatkan kesetiaan pelanggan 

Loyalty program akan meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap merek atau produk perusahaan. Pelanggan yang merasa dihargai dan diperhatikan cenderung lebih setia dan enggan beralih ke merek atau produk dari kompetitor.

  • Meningkatkan retensi pelanggan: 

Dengan mempertahankan pelanggan yang ada, perusahaan dapat mengurangi biaya akuisisi pelanggan baru. Loyalty program yang efektif dapat membantu meningkatkan retensi pelanggan dan mengurangi churn rate, sehingga menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang bagi perusahaan.

Baca Juga: Customer Satisfaction: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Analisa Penerapan Loyalty Program Terbaik dengan Ripple10!

Itulah pengertian dari loyalty program serta jenis dan fungsinya untuk customer satisfaction. Kepuasan pelanggan harus menjadi prioritas nomor satu bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis. Pelanggan yang setia tidak akan pernah berhenti untuk membeli produk Anda karena telah merasa puas dengan pelayanan dan kualitas produk yang diberikan. Oleh sebab itu, penting sekali membuat loyalty program untuk pelanggan setia sebagai bentuk apresiasi terhadap mereka. Untuk membantu Anda membuat loyalty program, Anda dapat menggunakan produk Ripple10 dari Ivosights yang merupakan platform monitoring digital terbaik di Indonesia.

Ripple10 memungkinkan perusahaan Anda mengetahui tren positif di dunia digital untuk mengetahui perbincangan apa saja yang dibicarakan oleh pelanggan Anda di media sosial. Hal ini akan membantu Anda mengetahui apa yang pelanggan harapkan dari bisnis usaha Anda. Ripple10 juga memiliki fitur Competitive Analys yang berguna untuk mengetahui pergerakan kompetitor Anda melalui media sosial. Hal ini membantu Anda untuk bersaing dalam mempertahankan customer loyalty dengan memberikan penawaran terbaik bagi pelanggan. Hubungi Ivosights untuk mengetahui lebih dalam mengenai Ripple10 sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami