Cara Meningkatkan Customer Loyalty dengan Tepat

Sociomile | Rabu, 31 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer loyalty. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer loyalty. Shutterstock.

Hubungan jangka panjang dengan pelanggan menawarkan banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Dengan persaingan yang ketat dan preferensi konsumen, memiliki customer loyalty adalah penting. Ada banyak strategi yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan customer loyalty, dan penting bagi bisnis Anda untuk menerapkannya.

Apa Itu Customer Loyalty

Menurut Hubspot, customer loyalty adalah keinginan pelanggan untuk membeli atau bekerja sama dengan suatu merek secara berkelanjutan. Ini adalah hasil dari pengalaman pelanggan yang positif, kepuasan pelanggan, nilai produk yang dirasakan oleh pelanggan. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan layanan pelanggan yang baik. Hal ini perlu dicapai karena customer loyalty dapat menumbuhkan bisnis lebih cepat daripada penjualan dan pemasaran.

Mengapa Customer Loyalty itu Penting?

Customer loyalty merupakan bagian penting dalam mempertahankan eksistensi bisnis. Untuk menjaga loyalitas konsumen, dibutuhkan berbagai upaya. Upaya yang dilakukan adalah menumbuhkan rasa bangga pada konsumen. Customer loyalty juga bisa muncul karena berbagai faktor. Bagi sebagian orang, bisnis itu mudah. Hanya dengan modal yang cukup, sebuah bisnis bisa berdiri dan cepat dikenal orang. Namun yang sulit adalah menjaga agar bisnis tetap tumbuh dan berkembang. Kunci untuk mempertahankan bisnis ini terletak pada kepuasan pelanggan.

Customer loyalty dapat muncul dari pengalaman konsumen. Ini adalah tujuan dan perasaan positif konsumen terhadap produk atau layanan yang membuat mereka tidak ingin melakukan pembelian kedua atau lebih. Bagi pengusaha, penting untuk memahami karakter dan kebiasaan konsumen agar tidak mengecewakan.

Selain kepuasan produk, nilai dan kualitas produk juga menjadi kunci penting dalam menciptakan customer loyalty. Bahkan, customer loyalty bisa dibilang lebih penting daripada penawaran yang dilakukan oleh staf penjualan atau pemasaran. Upaya staf pemasaran akan gagal jika produk yang dipasarkan memiliki citra yang buruk.

Mendapatkan customer loyalty sangat bermanfaat bagi keberlangsungan sebuah bisnis. Semua merek produk di dunia bisa bertahan puluhan hingga ratusan tahun karena memiliki segmen konsumen yang terus mereka pertahankan.

Cara Meningkatkan Customer Loyalty

Ada beberapa faktor yang menciptakan customer loyalty, customer loyalty dapat dibentuk dengan berbagai upaya salah satunya dengan mengenali karakteristik konsumen dari suatu daerah. Nah, para pengusaha atau tim marketing bisa melakukan beberapa cara efektif untuk meningkatkan customer loyalty seperti di bawah ini:

#1 Kenali pelanggan lebih dekat

Pelanggan akan lebih loyal jika merasa dihargai dan diakui langsung oleh pemiliknya. Oleh karena itu, jalin hubungan yang lebih pribadi dengan pelanggan yang mungkin menjadi loyal. Biasanya bisa dilihat dari seberapa sering mereka datang ke tempat usaha Anda dalam satu waktu.

#2 Menghargai Loyalitas Konsumen

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi khusus kepada pelanggan setia. Seperti memberikan diskon atau potongan harga sesekali. Bisa juga dengan memberikan hadiah atau bingkisan kepada mereka yang memajukan bisnis Anda. Dengan begitu mereka akan lebih dekat dan mau berpartisipasi dalam memajukan bisnis Anda.

#3 Mintalah Saran dari Mereka

Pelanggan yang loyal akan lebih terbuka terhadap produk Anda. Mereka tidak akan segan-segan memberikan masukan yang bertujuan untuk memajukan bisnis Anda. Biasanya mereka lebih jujur ​​dalam memberikan saran agar bisnis lebih menguntungkan konsumen. Jangan marah jika konsumen memberikan feedback yang buruk.

#4 Jangan takut untuk mengeluarkan biaya promosi

Promosi merupakan pengeluaran wajib bagi pengusaha untuk melanggengkan usahanya. Dengan memiliki pelanggan setia, pengusaha akan banyak terbantu dengan promosi dan penghasilan yang pasti. Tapi jangan lupa sertakan biaya hadiah atau apresiasi bagi mereka yang membantu mempromosikan bisnis Anda.

#5 Buka Layanan Kritik dan Saran

Layanan kritik dan saran sangat membantu para pengusaha dalam mendapatkan masukan untuk memajukan usahanya. Jangan pernah menganggap kritik dan saran hanya sebagai formalitas. Misalnya ada konsumen yang mengirimkan masukan untuk melakukan perbaikan fasilitas, harus segera dilakukan.

Jika suatu hari konsumen melihat umpan balik mereka dibaca dan didengar oleh pemilik bisnis, mereka akan menghormati bisnis Anda. Apalagi jika ada imbalan bagi pemberi kritik dan saran. Tentu saja, penghargaan yang diberikan adalah kritik dan saran yang paling berharga untuk kemajuan bisnis.

Kesimpulan

Customer loyalty merupakan salah satu hal yang paling penting untuk perusahaan. Hal ini sangat menjanjikan untuk perusahaan agar dapat meningkatkan customer retention juga agar produk dan layanan masih digunakan kembali oleh konsumen. Sociomile dapat menjadi salah satu solusi untuk Anda dalam meningkatkan customer loyalty.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.