Mengenal Live Chat Widget pada Layanan Customer Service

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 21 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Chat widget. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Chat widget. Shutterstock.

"Live Chat Widget sangat berguna karena memungkinkan pelanggan atau pengunjung situs web untuk mendapatkan bantuan yang cepat"

Cara komunikasi via widget ini sangat sederhana dan memberikan solusi mudah dalam berkomunikasi dengan pelanggan atau bisnis. Caranya? Pelanggan dapat langsung menekan widget atau ikon pada pojok bawah laman website untuk terhubung dengan tim helpdesk tanpa perlu berpindah aplikasi. Layanan ini biasanya berbentuk obrolan ataupun formulir yang dapat pelanggan Anda isi dengan berbagai keperluan, seperti pertanyaan, keluhan, permintaan dan sebagainya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai live chat widget ini, Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai ya.

Mengenal Apa Itu Live Chat Widget?

Chat Widget ialah sebuah fitur yang memungkinkan pelanggan atau pengunjung sebuah situs web untuk melakukan komunikasi dengan staf layanan pelanggan secara langsung melalui chat. Ini biasanya terdapat sebagai widget atau tombol chat yang terletak di bagian bawah atau sisi kanan layar situs web. Ketika seseorang mengklik widget tersebut, akan muncul jendela chat yang memungkinkan mereka untuk mengetik pertanyaan atau masalah yang ingin mereka sampaikan kepada staf layanan pelanggan. Staf layanan pelanggan akan membalas pertanyaan atau masalah tersebut secara langsung melalui jendela chat yang sama.

Live chat widget ternyata sangat berguna, lho! Karena memungkinkan pelanggan atau pengunjung situs web untuk mendapatkan bantuan yang cepat dan mudah tanpa harus menunggu lama lagi atau menelepon layanan pelanggan. Ini juga akan memudahkan staf layanan pelanggan karena mereka dapat membalas pertanyaan atau masalah pelanggan secara langsung dan mengelola lebih dari satu interaksi sekaligus melalui jendela chat.

Beberapa live chat widget juga memiliki fitur tambahan seperti integrasi dengan sistem CRM (Customer Relationship Management) atau integrasi dengan sistem tiket pelanggan untuk membantu staf layanan pelanggan dalam mengelola dan mengambil tindakan sesuai dengan permintaan pelanggan.

Manfaat dari Live Chat Widget

Inilah beberpa manfaat live chat widget yang perlu Anda ketahui. Di antaranya:

  • Memudahkan Komunikasi ke Pelanggan

Dengan live chat widget, nantinya pelanggan yang ingin menghubungi Anda akan merasa lebih mudah, karena tidak perlu lagi mengganti atau menggunakan device dari laptop ke smartphone, cukup dengan widget WhatsApp yang terpasang pada website Anda atau ikon yang tertera di pojok bawah web.

  • Meningkatkan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan

Live chat widget  mampu membuat penggunaan layanan untuk meningkatkan kecepatan dalam merespon pelanggan yang menghubungi Anda. Kemudahan dan kecepatan ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Efek domino, kecepatan dalam merespon dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan pun akan meningkat, karena pelanggan dapat mengobrol langsung dengan tim Anda.

  • Menghemat Biaya Customer Support

Layanan pelanggan dengan call center biasanya hanya dapat menangani satu pelanggan dalam satu waktu, namun dengan live chat widget ini memungkinkan tim customer service Anda menangani beberapa pelanggan sekaligus dalam satu waktu, sehingga dapat menghemat biaya customer support karena tidak membutuhkan banyak orang di tim customer service.

  • Menciptakan Customer Relation

Dengan menggunakan live chat widget ini memungkinkan terjadinya interikasi, sehingga dengan adanya interaksi dengan pelanggan, Anda dapat mengumpulkan data-data terkait perilaku, kesukaan, opini pelanggan. Data-data ini dapat Anda gunakan sebagai landasan untuk mengembangkan produk dan strategi bisnis ke depannya.

  • Meningkatkan Penjualan

Kemudahan, kepuasan, dan kepercayaan atas pelayanan Anda dapat meningkatkan penjualan. Mengapa? Hal-hal tersebut dapat menghadirkan pelanggan-pelanggan baru. Bahkan, pelanggan lama pun akan lebih loyal terhadap perusahaan Anda dan bisa saja melakukan repeat order.

Cara Kerja

Untuk mengetahui cara kerja dari Live Chat Widget biasanya sebagai berikut:

  1. Pelanggan atau pengunjung situs web menemukan widget chat di bagian bawah atau sisi kanan layar situs web dan mengkliknya.
  2. Jendela chat akan muncul, memungkinkan pelanggan atau pengunjung untuk mengetik pertanyaan atau masalah yang ingin disampaikan kepada staf layanan pelanggan.
  3. Pertanyaan atau masalah tersebut diteruskan ke staf layanan pelanggan yang tersedia melalui platform chat yang digunakan oleh perusahaan.
  4. Staf layanan pelanggan akan membalas pertanyaan atau masalah pelanggan secara langsung melalui jendela chat yang sama.
  5. Jika pelanggan atau pengunjung memiliki pertanyaan tambahan atau masalah yang ingin disampaikan, mereka dapat melanjutkan chat dengan staf layanan pelanggan melalui jendela chat yang sama.
  6. Jika masalah pelanggan tidak dapat diselesaikan secara langsung melalui chat, staf layanan pelanggan dapat menggunakan fitur tambahan seperti integrasi dengan sistem CRM atau integrasi dengan sistem tiket pelanggan untuk membantu mengelola dan mengambil tindakan sesuai dengan permintaan pelanggan.

Live chat widget sangat berguna karena memungkinkan pelanggan atau pengunjung situs web untuk mendapatkan bantuan yang cepat dan mudah tanpa harus menunggu lama atau menelepon layanan pelanggan. Ini juga memudahkan staf layanan pelanggan karena mereka dapat membalas pertanyaan atau masalah pelanggan secara langsung dan mengelola lebih dari satu interaksi sekaligus melalui jendela chat.

Gunakan Layanan Live Chat Widget dari Ivosights

Layanan live chat widget ini termasuk ke dalam kategori layanan customer service dan umumnya memiliki fitur-fitur penunjang, seperti online support 24/7, ticketing support, integrasi dengan sistem CRM atau database pelanggan, pesan otomatis, dan lainnya.

Untuk memberikan pelayanan live chat widget maksimal kepada pelanggan Anda, Sociomile pilihan tepat. Platform yang diciptakan Ivosights ini mampu mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard. Tak hanya itu, platform ini dapat dikonstumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda (custom workflow). Sociomile, terlengkap untuk sistem sejenis.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami