Mengenal Big Data untuk Pengembangan Bisnis Anda

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Senin, 12 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Comprehensice analytics. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Comprehensice analytics. Shutterstock.

"Big data adalah sekumpulan data yang memiliki volume/ukuran yang jauh lebih besar. Terdiri dari data terstruktur, semi terstruktur, dan tidak terstruktur"

Ingin mengambil keputusan besar dalam bisnis? Aset penting yang perlu Anda siapkan sebelum melakukan pengambilan keputusan adalah informasi atau data. Data sendiri merupakan sekumpulan informasi yang terdiri dari fakta-fakta yang dapat berbentuk angka, kata-kata, atau simbol tertetu. Data dikumpulkan melalui proses pencarian ataupun pengamatan menggunakan pendekatan yang tepat berdasarkan sumber-sumber tertentu.

Sedangkan big data adalah sekumpulan data yang memiliki volume atau ukuran yang jauh lebih besar lagi. Data ini akan terdiri dari data yang terstuktur, semi testruktur, dan tidak terstruktur yang dapat berkembang seiring waktu berjalan.

Mengenal Karakteristik Big Data 5V

Dari sekian banyak karakteristik big data, Ada Big Data 5V mencirikan sifat big data yang terbaik. Di bagian ini, kita akan melihat masing-masing V tersebut secara lebih rinci detail. Berikut big data 5V yang harus Anda Ketahui.

  • Volume

Properti paling khas dari big data, Volume, menyoroti jumlah data yang melewati hari kerja hari demi hari dan bagaimana setiap item data perlu ditangkap untuk memahami bisnis secara holistik untuk mendapatkan nilai darinya. Data di sini akan merujuk pada apa pun yang dapat ditangkap, terstruktur, tidak terstruktur, semi terstruktur, tiba dalam batch atau waktu nyata. Tanpa volume yang besar, tidak adil menyebut ekosistem data sebagai big data.

  • Velocity

Kecepatan dalam big data mengacu pada karakteristik penting dalam menangkap data yang masuk dengan kecepatan berapa pun. Sistem big data dilengkapi untuk menangkap data ini dengan kecepatan yang masuk. Jika kecepatannya tidak sesuai dengan kecepatan masuknya data, akan sering terjadi backlog, yang akhirnya membuat sistem tersedak. Sistem big data dirancang untuk menangani aliran data yang besar dan berkelanjutan—metode seperti pengambilan sampel membantu dalam menangani masalah kecepatan dalam sistem big data.

  • Variety

Merupakan karakteristik big data untuk menangkap apa saja dan segala sesuatu yang bernilai dalam ekosistem bisnis. Ini termasuk data tanpa nilai langsung untuk diturunkan tetapi dapat diproses lebih lanjut dengan alat canggih untuk mendapatkan wawasan tentang membangun kecerdasan ke dalam sistem. Terlepas dari data terstruktur yang digunakan bisnis, kumpulan data tidak terstruktur seperti gambar, video, suara, file datar, badan email, file log, dan banyak lagi. Ini berisi data yang dapat ditambang dengan alat canggih.

  • Veracity

Dengan volume, variasi, dan kecepatan yang memungkinkan big data, model yang dibangun di atas data tidak akan memiliki nilai sebenarnya tanpa karakteristik ini. Veracity merupakan keterpercayaan data sumber, kualitas data yang diperoleh setelah pemrosesan. Sistem harus memungkinkan mitigasi terhadap bias data, kelainan atau inkonsistensi, volatilitas, duplikasi, di antara faktor-faktor lainnya.

  • Value

Value yang paling penting sejauh bisnis berjalan adalah Nilai. Jika sistem big data tidak dapat memperoleh nilai dari keseluruhan latihan dalam jumlah waktu yang wajar, itu bukan latihan yang bermanfaat untuk terlibat dalam bisnis.  Seberapa besar atau kecil nilai itu bagi tim analisis dan tim peneliti untuk memikirkan, merancang, membangun, dan menyampaikan. Nilai adalah salah satu properti pertama yang dibahas dalam bisnis, dan tingkat nilai tertentu akan diproyeksikan di awal proyek big data.

Karakteristik big data 5V awalnya mencakup tiga inti V: velocity, volume, dan variety. Dua V lainnya dari veracity dan value ditambahkan kemudian dengan evolusi dan prevalensi Big data di seluruh industri. Semua big data 5V ini sangat penting. Analisis big data berada di garda depan perjalanan menuju dunia yang semakin berpusat pada data. Menjadi sumber daya intelektual yang kuat, perusahaan berusaha keras untuk mempekerjakan dan mempertahankan mereka.

Fungsi Big Data

Berikut ini merupakan fungsi-fungsi big data:

  1. Big data dapat digunakan untuk memprediksikan atau menganalisa penyebeb suatu masalah yang terjadi pada sistem. Manfaat dari big data ini dapat meminimalisir adanya kegagalan.
  2. Big data dapat menjadi referensi untuk mengembangkan sebuah produk. Informasi yang kira-kira dibutuhkan akan disimpan nantinya ke dalam big data dan hasilnya akan di analisa untuk mengambil keputusan.
  3. Big data dapat mengurangi waktu dan biaya. Dengan menggunakan big data maka penyimpanan data akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu, proses megirim dan menerima akan lebih cepat.

Ivosights Comprehensive Analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan Anda dalam pengelolaan dan analisis big data. Dengan support dari source yang beragam, analisis mendalam dengan berbagai macam metode, dan pengolahan data yang profesional, Ivosights dapat menyajikan data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat untuk bisnis Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami