Benarkah landing page bisa meningkatkan brand awareness? Untuk menemukan jawabannya, pada artikel ini akan dibahas secara detail mengenai pengertian dan fungsi dari landing page.

Apa Itu Landing Page?

Landing page adalah laman pada website yang dipergunakan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung di website. Laman ini dirancang dengan satu tujuan, yakni ajakan bertindak atau call to action (CTA). Berbeda dengan website, laman ini biasanya berdiri sendiri yang dikhususkan untuk sebuah campaign atau pemasaran.

Karakteristik Landing Page

Fungsi Landing Page

Jenis Landing Page

#1 Lead generation. Jenis ini bertujuan untuk mengumpulkan data calon pelanggan. Biasanya berbentuk data diri, seperti nama dan alamat email. Data-data ini nantinya digunakan untuk menjaga hubungan atau interaksi antara perusahaan dan pelanggan. Caranya? Anda dapat mengirimkan informasi terkait promo ataupun produk terbaru perusahaan Anda ke pelanggan.   

#2 Click-through. Jenis landing page ini biasa digunakan pada model marketing B2C. Lama ini akan mengarahkan pelanggan untuk berkunjung ke website untuk melakukan pembelian.

Tips Membuat Landing Page

#1 Buat konten yang menarik

Buatlah konten yang menarik pada landing page yang akan Anda buat. Namun, jangan ragu untuk membuat konten yang padat dan berdurasi panjang. Pasalnya, konten tersebut bisa membantu pelanggan Anda memahami brand Anda.

#2 Tingkatkan konversi dengan video

Konten video dapat membantu Anda meningkatkan konversi. Mengapa? Video dinilai dapat membagikan pengalaman lebih nyata kepada pelanggan.

#3 Potensial pelanggan

Landing page dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan potensial. Cantumkan call to action di bagian awal maupun akhir, sehingga kesempatan untuk mendapat pelanggan potensial tidak terlepas.