5 Alasan Mengapa IP Telephony Sangat Berguna untuk Bidang Komunikasi

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 10 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Komunikasi menjadi semakin mudah saat adanya IP Telephony. Simak alasannya dalam artikel di bawah ini"

Komunikasi yang terjalin antar manusia saat ini dipengaruhi oleh perkembangan internet yang saat ini sangat pesat dan maju. Internet menjadi pengaruh terbesar abad ini karena manusia saat ini sangat bergantung dengan kehadirannya. Tanpa internet, kita mustahil melakukan banyak hal sekarang, seperti berbelanja daring, melakukan panggilan video, dan banyak lagi. Komunikasi yang terjalin saat ini sangat memudahkan interaksi manusia karena tanpa harus bertemu langsung, kita bisa melakukan komunikasi dari jarak jauh seperti melakukan panggilan telepon, video, hingga bertukar pesan teks. Salah satu alasan terbesar adanya kelancaran dalam komunikasi jarak jauh tersebut adalah karena adanya teknologi IP Telephony yang dikembangkan sehingga bisa kita rasakan dampaknya saat ini.

IP Telephony dan Fungsinya

IP Telephony terkadang disebut IP PBX yang memanfaatkan Protokol Internet untuk menggantikan sistem telepon tradisional di kantor mereka. Ini tidak berarti sistem telepon terhubung ke Internet publik. Sistem IP Telephony menggunakan teknologi IP dalam jaringan data pribadi di satu lokasi atau di seluruh jaringan pribadi untuk mencapai lokasi terpencil. Singkatnya, IP Telephony memiliki kemampuan untuk menghubungkan suara kita menjadi panggilan suara dan video melalui internet.

Baca Juga: Kenali Konsep Dasar dan Komponen IP Telephony Disini!

Lebih lanjut IP Telephony biasanya sering dikaitkan dengan VoIP. Padahal, ada beberapa perbedaan yang membedakan keduanya, yaitu; VoIP mengacu pada penggunaan internet publik untuk membawa lalu lintas suara. Ketika internet publik digunakan, Anda tidak memiliki kontrol langsung yang sama atas kualitas layanan seperti yang Anda lakukan melalui jaringan Anda sendiri, sehingga kemungkinan besar kualitas suara melalui Internet dapat menurun. Namun, jika direkayasa dengan benar, kualitas suara melalui internet publik bisa sebagus saluran telepon tradisional.

Tanpa kita sadari, kita sering dan memanfaatkan teknologi IP Telephony ini untuk melakukan komunikasi dengan sesama, baik untuk pribadi maupun untuk bekerja. Tanpa adanya IP Telephony, kita tidak akan bisa melakukan komunikasi dengan kebebasan seperti saat ini untuk melakukan panggilan telepon maupun video.

Alasan IP Telephony Berguna untuk Bidang Komunikasi

  • Mendekatkan Orang-Orang yang Jauh

Dalam bidang komunikasi, kita terkadang menginginkan untuk bisa leluasa berkomunikasi dengan orang-orang yang hidup jauh dari tempat kita tinggal. Pada zaman dahulu, orang biasanya melakukan komunikasi lewat surat yang diantar oleh pos dan akan dikirimkan ke luar kota maupun luar negeri. Kegiatan tersebut sebenarnya sudah cukup pada saat itu, mengingat teknologi dan internet pada zaman dahulu belum secanggih saat ini. Namun ,kekurangan dari surat menyurat tersebut adalah biaya yang cukup mahal dan perlu waktu lama untuk mengirimkan surat tersebut dan mendapatkan balasan lantaran karena transportasi yang digunakan untuk mengirimkan surat juga masih terbatas sehingga tidak terlalu cepat untuk sampai.

Namun, saat ini kita perlu bergembira karena IP Telephony memiliki kemampuan untuk mendekatkan orang-orang yang jauh dari jangkauan kita dengan membuat kita bisa melakukan panggilan telepon dan video. Menggunakan teknologi IP Telephony juga sangat menguntungkan kita karena kita tidak perlu lagi menulis surat yang harus menghabiskan tinta dan kertas karena aplikasi IP Telephony juga memungkinkan kita untuk melakukan tukar pesan secara digital.

  • Bisa Melakukan Negosiasi dan Penyelesaian Masalah dari Jauh

Covid-19 menjadi malapetaka untuk semua pihak, termasuk ke dalam permasalahan dan penyelesaian untuk hubungan luar negeri. Adanya keterbatasan yang terpaksa harus dilakukan pada saat itu membuat semua pemimpin negara tidak bisa melanjutkan komunikasi dan negosiasi secara langsung. Pada awalnya, ini semua menjadi masalah serius karena sudah bertahun-tahun lamanya komunikasi antar negara memang harus dilakukan secara langsung untuk memperbaiki masalah dan komunikasi yang problematis.

Namun, adanya aplikasi yang ditunjang oleh IP Telephony bisa menjadi solusi untuk melakukan negosiasi dan penyelesaian masalah dari jarak jauh. Pengurus organisasi juga bisa melangsungkan acara yang akan diselenggarakan dari jarak jauh. Mereka dapat membuat acara dengan memanfaatkan IP Telephony seperti menyelenggarakan seminar atau webinar yang bisa memuat ratusan peserta di dalam satu room menggunakan aplikasi IP Telephony.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan IP Telephony di Masa Pandemi

  • Meeting jadi Dipermudah

Saat melakukan organisasi atau bekerja, kita biasanya harus melakukan beberapa kali pertemuan. Tetapi, saat adanya pandemi Covid-19, semua hal harus dialokasikan menjadi serba daring. Hal ini tentu tidak lagi menjadi masalah besar karena dengan menggunakan IP Telephony, meeting yang akan dilakukan jadi dipermudah dan semua anggota maupun karyawan tidak perlu melakukan tatap muka langsung karena banyaknya aplikasi meeting yang menggunakan jaringan IP Telephony.

  • Dapat Melakukan Komunikasi Dua Arah dari Jauh

Saat berkomunikasi, kita tentu harus melakukan komunikasi dua arah agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar. Tidak perlu khawatir karena IP Telephony dapat melangsungkan komunikasi dua arah melalui panggilan telepon dan video sehingga penggunanya dapat menjalani komunikasi seperti biasanya.

  • Biaya yang Tidak Terlalu Mahal

Berbeda saat menggunakan telepon konvensional, menggunakan IP Telephony terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan telepon tersebut. IP Telephony hanya mengandalkan internet dan memiliki jaringan dan aliran listrik yang sama sehingga biaya pemeliharaannya cukup murah.

Itulah beberapa alasan mengapa kita memerlukan IP Telephony untuk bidang komunikasi. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami