Yuk Intip Cara Kerja IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 27 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Adanya perkembangan internet yang dikembangkan melalui IP Telephony membuat kita semua dapat berkomunikasi dari jarak jauh tanpa halangan dan hambatan"

Pada zaman dahulu, orang memakai cara kuno untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman tercinta yaitu dengan menggunakan telepon analog. Meskipun dapat berkomunikasi dengan orang lain, adanya keterbatasan yang dialami dengan tidak bisanya berkomunikasi dengan lebih dari satu orang membuat masyarakat sedikitnya mengeluhkan hal ini. Akan tetapi di zaman sekarang, kita tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal seperti ini lagi karena media internet saat ini menjadikan orang mampu berkomunikasi dengan lebih dari 10 orang. Selain bertelepon, orang juga dapat menghubungkan diri dengan keluarga atau teman melalui video call. Kemudahan yang kita dapatkan saat ini adalah hasil dari perkembangan teknologi internet yang memungkinkan manusia untuk melakukan percakapan jarak jauh, yaitu IP Telephony.

Apa itu IP Telephony

IP Telephony adalah teknologi yang memungkinkan masyarakt untuk melakukan komunikasi lewat panggilan suara maupun video. Tujuan utama dari IP Telephony adalah untuk meningkatkan produktivitas yang mengungkapkan bahwa ada teknologi yang bisa direferensikan ke dalam lingkungan bisnis.

Lebih lanjut, data suara yang Anda sudah lakukan diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan hal ini bukan lagi dikirim lewat sirkuit analog telepon biasa. Singkatnya, IP Telephony akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang-orang lewat internet. Anda bisa memanfaatkan teknologi ini untuk melakukan pekerjaan ataupun sekolah secara daring.

Baca Juga: Perbedaan Sebelum & Setelah Menggunakan IP Telephony untuk Telesurvey

Cara Kerja IP Telephony

IP adalah istilah umum untuk teknologi yang menggunakan protokol internet untuk mengirimkan sinyal digital melalui Internet dan memungkinkan komunikasi telepon. Protokol menentukan bagaimana sinyal harus berjalan melalui jaringan.  Mirip dengan HTTP (HyperText Transfer Protocol), ini mengatur bagaimana data dikirim, diformat, dan ditampilkan di server web, serta browser web.

Lebih lanjut, IP Telephony bekerja dengan memindai dan pengaruhnya mengidentifikasi sinyal suara analog speaker dan mengubahnya menjadi versi digital dari sinyal ini melalui PSTN (Public Switched Telephone Network). Setelah transformasi, sinyal digital ditransmisikan melalui jalur lebar dalam format data, mengkonfigurasi ulang percakapan telepon.  Sinyal kemudian mengarahkan data melalui sistem IP ke dalam jaringan dan keluar untuk diterima oleh jaringan web penerima.

Dengan kata lain, IP Telephony mengambil percakapan telepon dan merutekannya melalui sistem IP melalui kabel ke jaringan lalu keluar dan yang terakhir ke koneksi internet. Selain itu, untuk mengganti saluran telepon klasik dan jaringan telepon, seluruh sistem menggunakan IP dan LAN (jaringan area lokal) untuk transmisi panggilan dan informasi lainnya harus melalui jaringan kantor, serta jaringan penyedia.

Penggunaan IP Telephony untuk Bisnis

  • Biaya yang Lebih Murah

Berbeda dengan telepon analog biasa, perusahaan harus mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan panggilan. Belum lagi banyaknya pelanggan yang melakukan panggilan telepon setiap harinya tentu membuat pengeluaran semakin membanyak. Saat ini, telepon analog sudah tidak dapat dikatakan efisien bukan hanya karena ketinggalan zaman melainkan juga karena biayanya lebih mahal.

Karena adanya jaringan IP Telephony yang memudahkan perusahaan untuk melakukan kontak dengan pelanggan melalui internet, perusahaan dapat menghemat pengeluaran karena penggunaan internet lebih praktis dan dapat menjangkau banyak orang. Bagi perusahaan yang memiliki anggaran terbatas, menggunakan jaringan internet membuat mereka dapat lebih mudah untuk menghemat pengeluaran.

  • Lebih Fleksibel

Semenjak pandemi, banyak perusahaan yang memutuskan untuk memperkerjakan pegawai mereka dari rumah. Adanya peraturan dan era baru ini membuat banyak orang tidak harus untuk pergi ke kantor dan dapat bekerja secara daring. Keuntungan ini dapat dinikmati oleh masyarakat karena dapat tetap terhubung dan melakukan panggilan telepon atau video secara fleksibel dengan adanya keberadaan IP Telephony.

Dalam berbisnis, IP Telephony dapat membuat karyawan bekerja dari lokasi dan tempat yang berbeda-beda sehingga tidak akan menghambat kinerja dan waktu pengumpulan pekerjaan. Hal ini juga membuat karyawan yang tidak bisa pergi ke kantor karena cuaca buruk ataupun hal-hal lain yang menajdi kendala dapat tetap menyelesaikan pekerjaan mereka secara fleksibel.

Baca Juga: Tips dan Trik Meningkatkan Layanan Pelanggan Menggunakan IP Telephony

  • Skalabilitas yang Tidak Ribet

Pada bisnis zaman dahulu, perusahaan harus menggunakan dan memasang jalur baru untuk telepon saat membutuhkan kapasitas komunikasi suara yang lebih besar. Namun, dengan menggunakan IP Telephony, bisnis dapat dengan mudah menyesuaikan kapasitas komunikasi suara sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa perlu memasang jalur telepon baru. Lebih lanjut, perusahaan juga dapat dengan mudah untuk mengurangi jumlah pengguna serta stasiun panggilan sesuai dengan jumlah pengguna yang ada.

  • Lebih Aman

Jika Anda berpikir menggunakan internet sangat tidak aman dan tidak menjamin, Anda salah! Keamanan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan IP Telephony untuk melakukan panggilan suara maupun video sangat terjamin. Mengapa? Karena jaringan ini dilengkapi dengan enkripsi dan firewall yang akan melindungi data dan informasi Anda. Untuk itu, tidak perlu khawtir tentang ketidakamanan karena menggunakan IP Telephony sangat aman untuk bisnis Anda!

Itulah beberapa penjelasan mengenai IP Telephony. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan manfaat IP Telephony untuk bisnis yang Anda jalani? Ivosighst dapat menjadi jalan utama untuk penawaran solusi bisnis Anda karena kami menyediakan layanan IP Telephony. Kami menawarkan layanan yang aman dan mudah yang dikhususkan untuk Anda. Tunggu apalagi? Cepat hubungi call center kami di website ini segera. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami