Tips Memilih Provider IP Telephony Terbaik untuk Bisnis Anda

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 26 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock

"Dalam memilih provider Telepon Internet atau IP Telephony untuk bisnis haruslah tepat dan terbaik, karena jika tidak pelayanan pelanggan akan menjadi terkendala."

Pemerhatian pemilihan komunikasi untuk bisnis bukan saja hanya alatnya, namun penyedia layananya juga harus diperhatikan. Salah satu alat komunikasi bisnis yang populer di masa kini adalah IP Telephony, atau yang lebih dikenal dengan telepon berbasis internet. IP Telephony memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan panggilan suara dan komunikasi data. Dengan banyaknya provider IP Telephony yang tersedia, penting bagi Anda untuk memilih provider yang terbaik dengan kualitas layanan dan kecepatan yang memadai. Dengan pemilihan penyedia layanan terbaik, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah eksternal terkait penyedia layanan komunikasi bisnis yang ditimbulkan. 

Mengapa Harus IP Telephony?

Sebelum membahas tips memilih provider IP Telephony yang terbaik, mari kita pahami terlebih dahulu mengapa bisnis harus menggunakan IP Telephony. Ada banyak alasan, terkait kenapa kita harus memilih IP Telephony (telepon berbasis internet) daripada telepon tradisional yang selama ini sudah digunakan dan dipercaya dalam bisnis selama bertahun-tahun. Berikut beberapa alasan mengapa bisnis harus beralih ke IP Telephony.

  • Biaya Komunikasi yang Lebih Rendah

Dibandingkan dengan sistem telepon tradisional, IP Telephony menawarkan biaya komunikasi yang lebih rendah. Panggilan jarak jauh dan panggilan internasional dapat dilakukan dengan biaya yang lebih murah menggunakan jaringan internet yang sudah ada.

  • Fleksibilitas

IP Telephony memungkinkan bisnis dengan mudah untuk menambah atau mengurangi jumlah saluran komunikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Fleksibilitas ini sangat penting saat bisnis sedang berkembang atau mengalami fluktuasi permintaan.

Baca juga: Peran IP Telephony dalam Digital Marketing, Wajib Tahu!

  • Kaya akan Fitur

IP Telephony menawarkan berbagai fitur yang dapat meningkatkan efisiensi komunikasi bisnis. Beberapa fitur yang umumnya tersedia adalah panggilan konferensi, kotak suara, panggilan transfer, panggilan tunggu, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur ini dapat memudahkan komunikasi bisnis, serta menjadikan komunikasi bisnis lebih efisien dan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan.

  • Integrasi dengan Aplikasi Bisnis lainnya

IP Telephony dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi bisnis seperti CRM (Customer Relationship Management) atau sistem manajemen tiket. Hal ini memungkinkan bisnis untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dengan mengotomatiskan beberapa proses komunikasi. Integrasi alat komunikasi bisnis dengan aplikasi bisnis lainnya juga akan memudahkan proses bisnis.

Tips Memilih Provider IP Telephony yang Terbaik

Tak hanya memilih alat untuk berkomunikasi, pemilihan penyedia layanan komunikasi juga harus diperhatikan. Karena penyedia layanan juga dapat berpengaruh terhadap alat yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih provider IP Telephony yang terbaik untuk bisnis Anda.

  • Stabilitas Jaringan

Karena IP Telephony adalah jaringan telepon yang berbasis internet, maka stabilitas jaringan dapat sangat berpengaruh. Pastikan provider IP Telephony memiliki jaringan yang stabil dan handal. Jaringan yang tidak stabil dapat mengakibatkan kualitas panggilan yang buruk dan gangguan komunikasi yang sering terjadi.

  • Kualitas Layanan

Periksa reputasi dan ulasan pengguna tentang kualitas layanan yang diberikan oleh provider tersebut. Pastikan mereka dapat memberikan layanan yang konsisten dengan kualitas suara yang baik. Dari ulasan, kita dapat melihat banyak hal, yaitu kekurangan dan kelebihan sekaligus beserta detail masalah para pengguna.

  • Fitur yang Ditawarkan

Pastikan provider IP Telephony menyediakan fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Tinjau fitur-fitur yang ditawarkan seperti panggilan konferensi, kotak suara, dan integrasi dengan aplikasi bisnis yang Anda gunakan. Karena setiap provider atau penyedia layanan memiliki fitur yang berbeda-beda dalam produknya.

  • Skalabilitas

Pertimbangkan apakah provider IP Telephony dapat dengan mudah mengakomodasi pertumbuhan bisnis Anda. Pastikan mereka dapat menambah atau mengurangi kapasitas saluran telepon sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa mengganggu operasional.

  • Dukungan Pelanggan

Perhatikan jenis dukungan pelanggan yang disediakan oleh provider IP Telephony. Pastikan mereka dapat memberikan dukungan teknis yang memadai dan responsif saat Anda mengalami masalah atau pertanyaan.

Fitur Wajib yang Harus Ada pada IP Telephony

Selain memilih provider IP Telephony yang terbaik, terdapat beberapa fitur wajib yang harus ada pada IP Telephony yang Anda pilih. Karena fitur yang sesuai dengan bisnis Anda juga akan memengaruhi komunikasi bisnis dengan pelanggan. Berikut adalah fitur wajib yang harus ada pada IP Telephony.

  • Panggilan Suara Berkualitas Tinggi

Pastikan IP Telephony menyediakan kualitas panggilan suara yang jernih dan tidak terputus-putus. Kualitas suara yang buruk dapat mengganggu komunikasi bisnis.

Baca juga: Rekomendasi Jenis IP Telephony yang Cocok untuk Bisnis

  • Keamanan

Perhatikan keamanan yang ditawarkan oleh provider IP Telephony. Pastikan panggilan dan data yang dikirim melalui IP Telephony aman dari ancaman yang dapat mengganggu privasi bisnis Anda.

  • Integrasi Aplikasi

Pastikan IP Telephony dapat diintegrasikan dengan aplikasi bisnis yang Anda gunakan, seperti CRM atau sistem manajemen tiket. Integrasi ini akan meningkatkan efisiensi komunikasi dan kerja tim.

  • Pemantauan dan Analitik

Fitur pemantauan dan analitik akan membantu Anda dalam melacak dan menganalisis penggunaan IP Telephony. Informasi ini dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan penggunaan IP Telephony dan mengidentifikasi area perbaikan.

Dapatkan IP Telephony hanya di Ivosights

Dari penjelasan diatas, provider atau penyedia layanan sangat berpengaruh dalam alat komunikasi Anda, terutama IP Telephony.  Pertimbangan-pertimbangan seperti stabilitas jaringan, kualitas layanan, fitur yang ditawarkan dan lain-lain harus diperhatikan. Pastikan juga IP Telephony yang Anda pilih memiliki fitur-fitur wajib untuk mendukung bisnis Anda. Dengan memilih dengan bijak, bisnis Anda dapat menikmati manfaat IP Telephony yang dapat meningkatkan komunikasi internal dan eksternal, efisiensi, dan produktivitas.

Pilihlah provider yang terbaik dan terpercaya seperti Ivosights. Sejak 2016, Ivosights telah menyediakan layanan-layanan pendukung bisnis seperti alat komunikasi bisnis bernama Sociomile. Sociomile memiliki banyak fitur, salah satunya integrasi dengan media bisnis lainnya. Pilihlah Ivosights sebagai penyedia layanan IP Telephony Anda, dan tingkatkan komunikasi bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami