Masalah Umum yang Biasa Terjadi pada IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 08 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Meskipun IP Telephony memiliki banyak kesempurnaan dan kemudahan yang bisa didapatkan masyarakat, namun ada beberapa masalah yang bisa terjadi kapan saja"

IP Telephony memiliki banyak manfaat untuk umat manusia, terutama untuk melakukan panggilan telepon dan video. IP Telephony singkatnya memiliki kemampuan untuk mendekatkan yang jauh ke dalam rengkuhan kita. Namun, ada beberapa masalah umum yang dapat terjadi kapan saja saat kita menggunakan IP Telephony. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Kebutuhan akan Sumber Listrik

Perangkat IP Telephony atau handset beroperasi dengan daya dan mengambil daya ini dari stopkontak dinding. Jadi, mungkin ada lebih banyak kemungkinan kegagalannya selama pemadaman listrik lokal, sampai listrik darurat tersedia. Dalam hal ini, Anda harus memiliki cadangan daya yang kuat untuk menghindari masalah telepon internet tersebut.

2. Kompresi Suara (Codec)

Jika kualitas panggilan mutakhir dan Anda menghadapi masalah suara, pasti ada masalah dengan pengaturan codec Anda. Teknologi ini benar-benar memampatkan audio agar mengalir lebih efisien. Dalam hal ini, Anda dapat mengikuti mencoba-dan-menguji sains dengan codec yang berbeda dan mencari tahu mana yang terbaik (hubungi departemen TI Anda untuk itu), atau jika Anda menghadapi distorsi suara selama waktu tersibuk, pasti ada masalah bandwidth. Anda memerlukan bandwidth untuk memeriksanya oleh departemen TI Anda. atau perlu meng-upgrade layanan internet.

Baca Juga: Kelebihan IP Telephony Dibanding Telepon Konvensional, Wajib Tahu!

3. Penyedia Layanan Internet yang Berakhir

Jika sayangnya, Anda sering menghadapi masalah pada IP Telephony, maka Anda harus menghubungi ISP Anda dan segera memeriksa layanan mereka. Itu karena ISP mungkin memiliki periode latensi tinggi dalam koneksi, atau mereka mengirim data Anda melalui jaringan publik, bukan jaringan pribadi. Hubungi penyedia Anda dan evaluasi apakah mereka menghadapi gangguan layanan atau masalah jaringan apa pun. Dalam hal ini, saatnya untuk menyelesaikan masalah Anda dengan ISP Anda atau beralih ke ISP baru.

4. Router Kelebihan Beban

Router memutuskan data jaringan mana yang akan diproses terlebih dahulu. Jika tidak memiliki konfigurasi yang tepat, mungkin mengabaikan paket data suara saat mengunduh gambar. Sementara itu, kualitas panggilan Anda menderita. Namun, jika prioritas Kualitas Layanan digunakan, router akan memberikan perlakuan istimewa pada paket VoIP.

5. Latensi

Anda mungkin pernah mengalami penundaan percakapan saat menggunakan IP Telephony. Ini adalah latensi, di mana bandwidth internet tidak dapat menangani data yang mengalir melaluinya. Tingkatkan bandwidth dengan mendapatkan internet lebih cepat yang dapat menangani aliran lebih banyak data secara bersamaan.

6. Jitter

Jitter terkait dengan latensi. Ini adalah tingkat di mana latensi meningkat dan menurun, mengganggu laju aliran data. Karena audio suara telah dibagi menjadi ribuan paket kecil, jitter menyebabkan beberapa suara keluar dari urutan atau tidak sama sekali, membuat kata-kata tidak dapat dipahami atau menciptakan suara 'robot'. Buffer jitter memecahkan masalah dengan mengumpulkan paket data saat mereka tiba dan memastikan mereka dalam urutan yang benar.

7. Paket Data Hilang

Ini dikenal sebagai kehilangan paket, yang disebabkan oleh jitter, kesalahan konfigurasi, batasan kecepatan data, atau firewall yang diperintahkan untuk memblokir data dari sumber tertentu. Pakar TI akan melacak masalahnya menggunakan alat perangkat lunak dan memperbaikinya.

8. Port yang Bermasalah

Data mengalir melalui port yang berbeda di komputer tergantung pada jenisnya. Misalnya, email keluar menggunakan port 25. Jika port yang digunakan untuk IP telephony tidak terbuka atau salah konfigurasi, sambungan masih dapat dibuat, tetapi tidak ada suara atau Anda hanya mendengar satu sisi percakapan. Seorang profesional TI akan menganalisis dan mengimplementasikan konfigurasi port yang tepat.

Daftar ini tidak berakhir di sini. Pengguna dapat menemukan beberapa kesalahan IP Telephony kapan saja, tetapi dapat diselesaikan sesegera mungkin. Meskipun sistem IP Telephony terhubung dengan internet dan secara langsung atau tidak langsung berdasarkan bandwidth, masalah terkait mungkin akan terjadi. Selain itu, suara atau masalah komunikasi data lainnya termasuk dalam daftar masalah umum. Dalam artikel ini, Anda dapat menemukan beberapa masalah IP Telephony yang umum dapat dicegah dan menyelesaikannya dengan mudah.

Baca Juga: Catat! Tanda-tanda Bisnis Anda Sudah Membutuhkan IP Telephony

Manfaat IP Telephony

Berikut ini adalah beberapa manfaat IP Telephony yang telah kami rangkum. Simak penjelasannya:

  • Tagihan Telepon yang Tidak Terlalu Mahal

Penggunaan VoIP dan protokol inisiasi sesi (SIP) membantu mengurangi jumlah tagihan telepon. Perusahaan sekarang dapat menjangkau cabang lain melintasi batas dengan mudah, memungkinkan panggilan gratis di dalam perusahaan. Biaya untuk panggilan jarak jauh berkurang dan tarif panggilan secara keseluruhan jauh lebih murah.

  • Mobilitas yang Cerdas

Telepon tradisional tidak portabel. Tetapi dengan IP Telephony, komunikasi menjadi jauh lebih baik, bahkan untuk pekerja jarak jauh karena mereka dapat mengakses jaringan mereka dari lokasi manapun. Ini meningkatkan konektivitas lintas batas. Ini juga memfasilitasi skalabilitas karena perusahaan dapat dengan mudah menambah atau menghapus IP Telephony baru atau yang sudah ada ke/dari router.

  • Biaya Lebih Rendah, ROI Lebih Besar, Produktivitas Lebih Besar

Infrastruktur jaringan terkonvergensi dan aplikasi bernilai tambah telah meningkatkan jejak pelanggan global. IP Telephony memungkinkan biaya kepemilikan yang lebih rendah, yang menghasilkan ROI yang lebih besar. Ini juga mengurangi biaya pemeliharaan. Karena tidak ada perangkat keras yang dipasang secara eksternal, biaya yang dipisahkan untuk staf pendukung atau sistem pemasangan kabel sangat berkurang.

Itulah beberapa masalah umum yang sering pengguna hadapi saat menggunakan IP Telephony serta manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami