4 Cara Mengoptimalisasi User Generated Content

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 22 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - User generated content. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - User generated content. Shutterstock.

"Menampilkan data review dan testimoni pelanggan menjadi salah satu cara mengoptimalisasi user generated content"

Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, ada hal yang harus Anda perhatikan yaitu kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat diperoleh dari produk kualitas hingga pelayanan yang optimal. Pelanggan memiliki hak untuk menceritakan pengalamannya dengan memberikan suatu ulasan atau review produk atau jasa yang dibeli. Ulasan inilah yang disebut dengan user generated content. Guna mengoptimalisasi user generated content, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan. 

#1 Menyesuaikan Data dengan Pelanggan Aktif

Untuk dapat menentukan konten yang akan dibuat, Anda perlu memiliki data yang lengkap tentang pelanggan Anda. Dengan seiring berjalannya waktu pada perkembangan suatu brand, data pelanggan Anda bisa saja berubah. Hal ini memungkinkan Anda tidak bisa terus mengacu pada UGC yang sama. Untuk itu, penting untuk selalu melakukan pengecekan data pelanggan atau audiens. Jangan lupa untuk melakukan segmentasi agar dapat membantu konten yang Anda tampilkan sesuai audiens.

#2 Menampilkan Data Review dan Testimoni

Anda dapat menampilkan ulasan atau review dan testimoni dari pelanggan, baik yang positif maupun negatif. Hal ini untuk memberikan kesan Anda menerima segala bentuk saran dan keritikan. Anda bisa memanfaatkan fitur pinned yang tersedia pada media sosial untuk memilih ulasan ataupun testimoni yang terbaik.

#3 Libatkan Komunitas Saat Membuat Konten

Pastikan Anda melibatkan konten dengan komunitas. Seperti yang kerap dilakukan brand-brand besar. Anda bisa mengadakan sebuah event atau giveaway kepada pengguna lain di media sosial dengan cara meng-upload story atau melakukan tag ke media sosial brand Anda. Jangan lupa untuk memaksimalkan fitur hashtag yang tersedia pada media sosial guna mempermudah user lain menemukan brand Anda.

#4 Buat Konten Beragam

Terakhir, Anda bisa membuat konten beragam dan menghibur. Konten tidak harus selalu tentang penjualan. Anda juga bisa memberikan sebuah konten yang dapat memberikan wawasan informasi, konten lucu, atau konten yang berkaitan dengan tren yang sedang terjadi. Semua itu dilakukan untuk mengoptimalisasi user generated content sehingga followers media sosial pada bisnis tidak merasa bosan dengan konten yang Anda berikan.

Itu dia empat cara untuk mengoptimalisasi user generated content. Dengan memahami cara mengoptimalisasi ini, Anda dapat mengembangkan brand dengan melalui konten-konten yang menarik. Guna memberikan pelayanan yang maksimal, gabung yuk bersama Sociomile!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami