Manfaat Utama IP Telephony, Wajib Tahu!

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 06 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony merupakan terobosan baru dalam berkomunikasi. Hal ini karena adanya IP Telephony yang diciptakan untuk memudahkan dalam bertelepon dan melakukan panggilan video"

Komunikasi adalah kunci. Pepatah kuno ini adalah salah satu kekuatan pendorong di balik sebagian besar kemajuan teknologi yang kita alami saat ini. Dari koneksi internet berkecepatan sangat tinggi hingga perangkat baru yang memungkinkan kita untuk saling berhubungan dengan cara yang sebelumnya tidak terbayangkan. Telephony, dari sistem telepon tradisional hingga jaringan telepon yang dihosting awan di abad ke-21, selalu menjadi pusat revolusi komunikasi. Ini sangat penting dalam dunia bisnis, di mana kantor melakukan ratusan, bahkan ribuan panggilan, setiap hari, baik secara eksternal maupun internal.

Dari sistem Private Branch Exchange (PBX) tradisional hingga pengenalan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP), hingga perkembangan pesat Unified Communications (UC), cara kita memahami telepon di lingkungan kantor telah berubah secara dramatis hanya dalam beberapa dekade. Perkembangan koneksi Internet broadband telah membawa perubahan signifikan pada dunia solusi telepon kantor, dengan diperkenalkannya telepon protokol internet (IP telephony). IP Telephony menawarkan biaya operasional yang lebih murah dan fitur telepon bisnis yang lebih canggih. Itu telah membuat solusi telepon tradisional menjadi berlebihan dan menetapkan standar kualitas baru di industri. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara kerjanya dan potensi manfaat IP Telephony untuk bisnis Anda, kami akan menjelaskannya secara singkat namun detail disini.

Baca Juga: Kelebihan IP Telephony Dibanding Telepon Konvensional, Wajib Tahu!

Bagaimana IP Telephony Bekerja

IP Telephony  adalah sistem telepon yang dimungkinkan berkat teknologi VoIP (voice over internet protocol). Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan dan menerima panggilan telepon melalui koneksi internet sederhana, berbeda dengan sistem telepon rumah lama, yang menggunakan kabel panjang dan rawan kusut yang seringkali sulit dipasang.

Sistem telepon lama membawa suara melalui kabel telepon rumah dengan mentransmisikan sinyal suara analog Anda secara langsung dan meneruskannya ke penerima. Sebaliknya, VoIP mengubah sinyal analog Anda menjadi sinyal digital, atau paket data, yang kemudian dikirim melalui koneksi broadband Anda ke penerima.

Bit data yang dikonversi ini dikenal sebagai protokol packet-switched. Anda dapat menganggapnya sebagai amplop digital kecil. Secara real-time, suara Anda dipotong-potong, dikemas ke dalam "amplop" ini, langsung dikirim ke penerima, dan dibongkar sehingga mereka mendapatkan pesannya. Panggilan IP Telephony  dapat ditransmisikan melalui koneksi internet biasa, serta jaringan area lokal (LAN).

Karena fakta bahwa telepon VoIP menggunakan koneksi internet di kantor Anda untuk mengirimkan sinyal suara ke seluruh perangkat, sebelum menginstalnya, Anda harus memastikan bahwa broadband perusahaan Anda sesuai dengan tugas, dan bahwa kantor Anda dilengkapi dengan titik akhir SIP seperti IP Telephony atau gateway VoIP untuk mendukung telepon analog Anda. Tanpa koneksi broadband dan perangkat yang tepat, IP Telephony di perusahaan Anda tidak mungkin dilakukan.

Manfaat Menggunakan IP Telephony

Menggunakan layanan IP Telephony dapat sangat bermanfaat untuk bisnis Anda, terlepas dari skala dan industri tempat Anda bekerja. Jika Anda bekerja untuk perusahaan besar, teknologi VoIP akan memungkinkan Anda untuk terhubung dengan lancar ke cabang perusahaan lain di seluruh dunia. Adapun untuk start-up dan usaha kecil, perusahaan ini bisa mendapatkan keuntungan besar dari uang yang dihemat dengan beralih dari telepon PBX berbasis darat ke IP Telephony.

  • Efektivitas biaya

Ini mungkin alasan yang paling sering dikutip mengapa banyak kantor beralih ke sistem IP Telephony. Sederhana saja: jika ada peluang untuk menghemat uang, sebagian besar bisnis akan mengambilnya. Meskipun perubahan ke IP Telephony mengharuskan setiap meja di kantor memiliki IP Telephony, sistem ini dapat diterapkan bahkan tanpa perangkat semacam itu, mengingat sebagian besar penyedia layanan VoIP juga menawarkan telepon lunak yang dapat dipasang di telepon pintar dan komputer. Terlepas dari bagaimana Anda memilih untuk mengatasi masalah perangkat, intinya adalah bahwa mengubah ke layanan IP Telephony akan menghemat ratusan, bahkan ribuan dolar setiap tahun jika dibandingkan dengan solusi bisnis berbasis darat.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan IP Telephony di Masa Pandemi

  • Lebih Tertata

Sistem telepon lawas cenderung mengharuskan penggunanya untuk mengumpulkan seluruh muatan kabel di seluruh kantor. Ini adalah salah satu kelemahan terbesar dari saluran telepon tradisional. Itu juga salah satu kekurangan yang diperbaiki oleh IP Telephony. Dengan sistem telepon berbasis internet, yang Anda perlukan untuk melakukan panggilan telepon hanyalah koneksi internet yang berfungsi.

  • Lebih Banyak Fitur Ekstra

IP Telephony tidak hanya memenuhi semua fungsi POTS (Plain Old Telephone System) tanpa kehilangan kualitas suara tetapi juga membuka banyak kemungkinan untuk fungsi tambahan, termasuk keberadaan, konferensi video, pesan instan, dll, jangkauan Anda dengan IP Telephony.

  • Integrasi Tanpa Batas dengan Alat Bisnis

Salah satu keraguan terbesar yang dimiliki perusahaan ketika mempertimbangkan beralih ke sistem telepon berbasis IP adalah apakah mereka akan dapat atau tidak mengintegrasikan sistem komunikasi berbasis IP baru mereka dengan alat bisnis lainnya. Untungnya, melakukannya bahkan lebih mudah daripada melakukan sambungan telepon rumah. Membawa sistem telepon Anda ke ranah digital berarti semua integrasi dapat dilakukan hampir secara instan, dengan bantuan tim TI Anda. Tidak perlu mendatangkan ahli dari luar untuk memasang peralatan yang rumit!

IP Telephony dan segudang fungsinya memudahkan masyarakat dalam segala bidang. IP Telephony juga sangat berguna untuk melakukan bisnis agar efektivitas untuk pegawai kantor dan perusahaan itu sendiri semakin membaik dan terjamin. Ingin menggunakan layanan telephony? Hubungi call center Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami