Kenali Beberapa Ancaman Keamanan dalam IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 19 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock

"Penting bagi Anda untuk mengenali apa saja jenis-jenis ancaman keamanan IP Telephony beserta cara mengatasinya."

Sebagai fondasi penting dalam komunikasi suara, IP Telephony juga memiliki beberapa ancaman yang bisa menyebabkan kerugian finansial, pelanggaran privasi, dan gangguan operasional bagi penggunanya. Hal ini membuat Anda harus menerapkan sejumlah langkah keamanan untuk  melindungi sistem IP Telephony

Pengertian IP Telephony

IP Telephony merupakan sebuah teknologi yang mendukung pengiriman suara dan komunikasi telepon melalui jaringan Internet Protocol (IP). Dalam sistem IP Telephony, suara dikonversi menjadi paket data kemudian dikirim melalui jaringan IP. Teknologi ini merupakan pengganti sistem telepon tradisional yang menggunakan jalur telepon konvensional.

IP Telephony  menghadirkan sejumlah keunggulan seperti integrasi dengan aplikasi bisnis, fleksibilitas, dan pengurangan biaya komunikasi. Selain itu, sistem ini juga dapat memfasilitasi komunikasi suara melalui perangkat yang terhubung ke jaringan IP.

Baca juga: Keunggulan Menggunakan IP Telephony di Masa Pandemi

Apa Saja Ancaman Keamanan dalam IP Telephony?

Berikut adalah beberapa ancaman keamanan dalam IP Telephony:

  • Serangan Denial-of-Service (DoS)

Serangan ini bisa membanjiri jaringan maupun perangkat IP Telephony dengan lalu lintas data yang tidak normal. Selain mengganggu ketersediaan layanan IP Telephony, hal ini dapat menyebabkan gangguan komunikasi yang serius.

  • Intersepsi Komunikasi

Ancaman yang satu ini ini berbentuk kegiatan memata-matai maupun pencurian informasi yang dilakukan oleh pihak tidak berwenang. Pihak ini dapat mengakses informasi pribadi atau merusak privasi penggunanya dengan mengambil alih panggilan maupun data suara.

  • Pencurian Identitas

Ancaman ini terjadi ketika pihak yang tidak berwenang mencuri informasi identitas pengguna, seperti nomor telepon, password, atau informasi pribadi pengguna lainnya.

  • Eavesdropping

Eavesdropping atau pengupingan adalah kegiatan memantau atau mendengarkan komunikasi suara yang dikirimkan melalui IP Telephony secara diam-diam . Ancaman ini dapat berasal dari pihak internal atau eksternal yang ingin mengakses atau mengumpulkan data-data yang penting.

  • Serangan Man-in-the-Middle (MitM)

Ancaman ini timbul ketika terdapat suatu pihak yang menempatkan dirinya di antara dua pihak yang sedang melakukan komunikasi melalui IP Telephony.

  • Serangan Brute Force

Serangan ini melibatkan upaya pihak tidak berwenang untuk menebak password atau melakukan verifikasi dengan mencoba kombinasi yang berbeda secara otomatis. Serangan ini bisa menyebabkan penyusupan atau pemerolehan akses IP Telephony oleh pihak tersebut.

  • Serangan Malware

Ancaman ini melibatkan pengiriman atau penginstalan software berbahaya seperti ke perangkat IP Telephony. Malware dapat merusak sistem, mencuri informasi, atau memberikan akses tidak sah untuk masuk ke perangkat.

  • Phishing

Serangan phishing merupakan sebuah upaya pengelabuan pengguna dengan menggunakan pesan atau situs palsu untuk mencuri informasi pribadi. Serangan ini dapat menyebabkan pengguna IP Telephony memberikan informasi penting kepada pihak tak berwenang tanpa menyadarinya.

Bagaimana Menjaga Keamanan Jaringan IP Telephony?

Untuk menjaga keamanan jaringan IP Telephony, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Aplikasikan Firewall

Gunakan firewall yang kuat untuk melindungi jaringan IP Telephony dari serangan-serangan di atas. Firewall dapat mengendalikan lalu lintas data yang keluar-masuk dari jaringan dan menerapkan kebijakan akses yang ketat.

  • Gunakan Virtual Private Network (VPN)

Gunakan VPN untuk mengamankan komunikasi IP Telephony dengan enkripsi end-to-end. VPN akan menyediakan saluran aman melalui internet untuk menjaga kerahasiaan data yang dikirimkan melalui jaringan.

  • Aktifkan Enkripsi

Gunakan protokol enkripsi yang kuat, seperti Transport Layer Security (TLS) atau Secure Real-time Transport Protocol (SRTP). Protokol ini digunakan untuk melindungi komunikasi suara yang dikirimkan melalui IP Telephony.

  • Pembaruan Perangkat Lunak (Firmware)

Selalu lakukan pembaharuan terhadap firmware perangkat IP Telephony. Pembaruan ini akan meningkatkan perbaikan keamanan yang penting.

  • Pengaturan Kebijakan Keamanan

Terapkan kebijakan keamanan yang ketat untuk penggunaan IP Telephony. Kebijakan ini dapat meliputi penggunaan kata sandi yang kuat, kebijakan otentikasi yang aman, dan pengaturan akses yang sesuai.

  • Pemantauan dan Deteksi Serangan

Gunakan alat pemantauan jaringan yang efektif untuk mendeteksi apakah terdapat aktivitas mencurigakan atau serangan keamanan. Lakukan pemantauan ini secara rutin.

  • Pelatihan dan Kesadaran Pengguna

Tingkatkan kesadaran penggunanya tentang keamanan dalam penggunaan IP Telephony. Sosialisasikan pentingnya menjaga kerahasiaan password, laranglah untuk tidak membuka lampiran atau tautan yang mencurigakan, dan laporkan apabila ada aktivitas mencurigakan.

Baca juga: Jenis-Jenis Keamanan yang Digunakan untuk IP Telephony

  • Pengujian Keamanan dan Audit

Lakukan pengujian keamanan untuk mengidentifikasi apabila ada kerentanan dalam jaringan IP Telephony. Selain itu, lakukan audit keamanan secara berkala untuk memastikan kepatuhan terhadap kebijakan keamanan yang ditetapkan.

  • Segregasi Jaringan

Pertimbangkan untuk menjaga IP Telephony dalam jaringan terpisah atau segmentasi jaringan yang disebut VLAN. Dengan ini, lalu lintas IP Telephony akan terisolasi sehingga mencegah penyebaran serangan keamanan dari jaringan lain.

  • Manajemen Akses Pengguna

Aturlah hak akses pengguna dengan cermat. Berikan akses yang diperlukan sesuai dengan peran dan tanggung jawab pengguna.

Gunakan Sociomile untuk Penuhi Kebutuhan Layanan Contact Center Bisnis Anda! 

Ivosights menyediakan layanan Sociomile sebagai salah satu layanan pendukung contact center bisnis Anda. Layanan ini mendukung beberapa fitur, salah satunya Sociomile Voice. Fitur ini bertujuan untuk mendukung kinerja agen contact center secara operasional. Apalagi fitur ini dapat diakses oleh agen darimana saja dengan teknologi IP PBX Telephony System. Yuk, dapatkan layanan Sociomile sekarang hanya dengan menghubungi kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami