Kelemahan dalam Penggunaan IP Telephony, Apa Saja?

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 24 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Pengguna media sosial tentu saja merasa dimudahkan dengan berbagai macam inovasi yang ada, seperti munculnya teknologi IP Telephony tetapi juga memiliki beberapa kelemahan"

Di era digital saat ini, tentu saja banyak perkembangan-perkembangan yang dikhususkan untuk mempermudah komunikasi antar manusia. Banyaknya pekerjaan yang dimudahkan dengan perkembangan teknologi juga membuat banyak mesin dan alat komunikasi lainnya menjadi lebih praktis dan mempercepat pekerjaan. Ada banyaknya perkembangan teknologi yang bisa dirasakan kemudahannya adalah salah satunya dengan adanya IP Telephony yang dapat menghubungkan kita dengan orang lain hanya lewat media internet. Adanya keterhubungan yang hanya menggunakan internet tentu saja membuat banyak orang beralih pada platform yang termasuk ke dalam IP Telephony ini. Namun, meskipun sudah diatur agar sesempurna mungkin, tentu saja ada beberapa kendala yang menjadi kelemahan dari IP Telephony itu sendiri. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu IP Telephony

Sebagai pengguna media sosial, kita tentu tidak lagi merasa asing dengan berkomunikasi secara jarak jauh bersama orang-orang terdekat kita. IP Telephony adalah istilah umum untuk sebuah teknologi, produk, dan layanan yang menggunakan Internet Protocol atau koneksi IP packet-switched untuk mendukung panggilan suara, pesan suara, panggilan video, konferensi video, faks, hingga pengiriman pesan dengan cepat.  

Semenjak pandemi Covid-19, orang-orang semakin ingin berkomunikasi dan terhubung dengan keluarga atau teman-teman tercinta meskipun lewat jarak jauh. Perkembangan teknologi IP Telephony ini semakin memudahkan masyarakat agar terhubung dengan keluarga mereka, terutama menggunakan teknologi aplikasi yang sudah dikembangkan sedemikian rupa agar lebih mudah untuk melakukan panggilan video dengan keluarga hingga melakukan online class.

Baca Juga: Top 5 Industri yang Membutuhkan Layanan IP Telephony

Contoh dari IP Telephony

Sebelum kita masuk ke pembahasan kelemahan yang ada pada IP Telephony, mari bahas terlebih dahulu contoh dari aplikasi-aplikasi IP Telephony di bawah ini:

  • Cisco Webex

Bagi mahasiswa hingga pekerja kantoran yang mengalkami dampak pandemi Covid-19 yang mengharuskan untuk berkuliah dan bekerja secara daring, tentu saja tidak asing dengan aplikasi yang satu ini.Cisco Webex adalah aplikasi untuk melakukan pertemuan jarak jauh secara virtual yang bisa menggunakan panggilan telepon dan video.

Cisco Webex memiliki kelebihan yang bisa memungkinkan penggunanya untuk melakukan meeting dalam jumlah anggota yang besar sehingga sangat cocok untuk melakukan kelas mengajar seperti sekolah atau perkuliahan. Selain itu, menggunakan Cisco Webex juga sangat aman karena dapat diatur untuk menggunakan kata sandi sbeelum memasuki ruang meeting yang ingin dimasuki. 

  • Skype

Siapa yang tidak mengenal Skype? Aplikasi yang satu ini sudah terkenal lebih lama di kalangan masyarakat bahkan sebelum terjadinya pandemi. Aplikasi yang satu ini juga memungkinkan untuk melakukan panggilan jarak jauh yang memudahkan penggunanya untuk melakukan panggilan telepon maupun video.

Untuk menggunakannya, kamu perlu melakukan registrasi akun terlebih dahulu sehingga memudahkan kamu untuk melakukan panggilan telepon hinggan bertukar pesan pribadi dengan orang-orang yang ada di kontakmu. Menggunakan Skype juga mudah karena pengguna akan langsung mengerti saat menggunakannya.

  • LINE

Aplikasi yang satu ini juga sudah banyak digunakan di kalangan masyarkaat. Awalnya, Line hanya digunakan untuk sebatas tempat bertukar pesan ataupun melakukan panggilan. Namun, seiring berjalannya waktu, Line melakukan improvisasi dari fitur-fitur yang ada di dalamnya sehingga semakin mempermudah untuk melakukan panggilan video tanpa menjadi terlalu lemot.

Baca Juga: Catat! Tanda-tanda Bisnis Anda Sudah Membutuhkan IP Telephony

Kelemahan yang Ada Pada IP Telephony

Masuk ke dalam pembahasan utama, berikut ini kami akan melakukan penjelasan lebih lanjut tentang beberapa kelemahan yang ada pada IP Telephony:

  • Terlalu Bergantung pada Kondisi Internet

Sudah bukan rahasia lagi jika setiap panggilan telepon dan video saat ini mengharuskan kita untuk bergantung pada kondisi internet. Internet memiliki penghubung yang luas pada jaringan telepon dan ponsel kita, tanpa internet, kita tentu tidak bisa menggunakan aplikasi-aplikasi meeting hingga memainkan media sosial.

Saat menggunakan aplikasi yang memiliki koneksi IP Telephony, tentu internet menjadi mandatory thing yang harus dipastikan kejernihan dan kelancarannya. Karena tanpa internet yang bagus, kita tidak bisa melakukan login dan melakukan presentasi untu tugas ataupun pekerjaan kantor. Untuk itu, IP Telephony harus selalu tergantung kondisi internet yang baik dan lancar.

  • Suara Kurang Jernih

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat melakukan panggilan video pada aplikasi-aplikasi IP Telephony, terkadang suara yang dihasilkan kurang jernih. Seringnya terjadi kesalahpahaman antar anggota meeting karena suara yang kurang jernih menjadi salah satu kelemahan dari IP Telephony ini. Di masa yang akan datang, mungkin penyedia dan perakit aplikasi yang menggunakan IP Telephony bisa mengatasi dan memperbaiki hal ini agar penggunanya dapat melakukan meeting dengan suara yang jernih.

  • Sering Terjadi Delay pada Suara

Adanya banyak perbedaan kondisi dari internet masing-masing orang juga menjadikan salah satu kelemahan dari IP Telephony. Terjadinya delay pada suara pengguna menjadi hal yang sudah tidak asing lagi sehingga sudah seperti masalah yang membuat meeting terhambat tetapi dapat diprediksi.

  • Menyebabkan Jaringan Terhambat

Tidak dapat dipungkiri dari penggunaan aplikasi yang menggunakan IP Telephony adalah aplikasi yang cenderung berat dan mengakibatkan jaringan terhambat. Ini juga menjadi banyak alasan mengapa orang menjadi malas untuk membuka aplikasi-aplikasi yang sudah kita bahas di atas karena menyebabkan jaringan internet menjadi lemot.

Ingin Memulai Bisnis Menggunakan Telephony? Gunakan Sociomile!

Bisnis menjadi sangat penting untuk melakukan interaksi dengan pelanggan. Hal ini terkadang sulit dan membuat pebisnis harus mengeluarkan banyak biaya dan waktu tambahan untuk sekedar melakukan percakapan seputar produk atau keluhan dengan pelanggan. Eits! kamu tidak perlu khawatir lagi karena Ivosights memiliki produk Sociomile yang akan menghubungkanmu dengan pelanggan melalui telephony. Tunggu apalagi? Hubungi call center kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami