Kekurangan dari Penggunaan IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 14 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Meskipun IP Telephony memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk masyarakat, jaringan ini juga memiliki kekurangan. Simak penjelasannya disini"

IP Telephony memiliki tempat yang sangat berarti bagi hubungan dan komunikasi manusia saat ini. Perkembangan zaman yang memudahkan segala interaksi yang ada antar manusia membuat IP Telephony menjadi satu hal yang sangat dimanfaatkan oleh manusia. Tanpa IP Telephony, manusia saat ini masih bergantung pada telepon konvensional dan telepon koin untuk melakukan komunikasi lewat jaringan suara. 

IP Telephony dan Penjelasannya

IP Telephony merupakan teknologi yang memudahkan penggunanya untuk melakukan komunikasi melalui pesan suara dan video yang menggunakan internet. IP Telephony adalah teknologi yang memudahkan penggunanya untuk melakukan komunikasi kepada orang lain tanpa adanya keterbatasan yang menghalangi seperti yang ada pada telepon konvensional.

Jika pada zaman dahulu orang harus menempuh jarak yang jauh hanya untuk melakukan pertemuan karena beberapa alasan personal maupun bisnis. Hal tersebut tentunya sangat ribet dan sulit untuk diaplikasikan. Terutama, sangat membuang-buang uang terlebih transportasi yang ada pada zaman dahulu juga bisa terbilang mahal. Untuk itu, IP Telephony membuat banyak kemudahan dalam berbagai hal.

Baca Juga: Pentingnya IP Telephony untuk Perusahaan Asuransi

Dalam bentuknya, IP Telephony memiliki banyak bentuk, tetapi yang paling dekat dengan kita untuk kegiatan sehari-hari adalah jenis softphone. Softphone adalah jenis IP Telephony yang berbentuk aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan, Anda tinggal mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut dalam perangkat elektronik Anda dan akan langsung dapat mengoperasikannya. Berikut ini ada beberapa aplikasi IP Telephony softphone sebagai contoh:

  • Line

Siapa yang tidak mengenal Line? Aplikasi yang berasal dari Jepang ini merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Aplikasi yang satu ini banyak digunakan karena memiliki fungsi dan manfaat yang bisa diandalkan dalam komunikasi sehari-hari. Selain itu, Line juga memiliki fitur yang sangat mudah untuk digunakan.

Lebih lanjut, aplikasi softphone IP Telephony ini juga memiliki banyak fitur yang akan membuat komunikasi antar sesama menjadi lebih menarik untuk dilakukan. Salah satu contohnya adalah fitur untuk filter wajah yang bisa digunakan saat melakukan komunikasi lewat panggilan video. Selain untuk berkomunikasi, Line juga memiliki banyak fitur yang memudahkan kehidupan sehari-hari seperti adanya split bill yang bisa memudahkan pembagian uang saat ada kumpul-kumpul bersama teman atau kerabat.

  • Skype

Aplikasi yang satu ini sudah terkenal di kalangan masyarakat dari beberapa waktu lalu. Skype merupakan salah satu contoh softphone untuk IP Telephony yang bisa diandalkan untuk melakukan panggilan suara maupun video untuk meeting kantor maupun panggilan video untuk komunikasi pribadi. Skype juga akan memudahkan Anda untuk tersambung kepada orang-orang yang ada di dalam kontak Anda sehingga kita tidak perlu melakukan invitation terlebih dahulu kepada orang yang sudah kita miliki kontaknya.

  • Zoom

Pada saat pandemi, aplikasi Zoom mendadak menjadi sangat populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena kemudahan yang dimiliki oleh aplikasi yang satu ini untuk melakukan komunikasi dari jarak jauh, terutama untuk melakukan pekerjaan ataupun pemberian materi untuk pelajar. Zoom menjadi salah satu softphone dari IP Telephony yang sangat banyak digunakan saat pandemi.

Zoom juga memiliki banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama fungsi yang bisa memudahkan orang untuk melakukan panggilan video dengan lebih dari 100 orang untuk satu meeting room. Zoom juga merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan konferensi ataupun webinar.

Kekurangan dari IP Telephony

Meskipun memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang memudahkan penggunanya, IP Telephony juga memiliki kekurangan yang akan dirasakan oleh para pengguna. Apa saja ya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

  • Ketergantungan Sinyal dan Internet

Meskipun mengandalkan internet merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh IP Telephony, hal itu juga menjadikannya kelemahan. Internet memiliki stabilitas dan sinyal yang berbeda-beda dalam setiap tempat sehingga akan memungkinkan buruknya kualitas suara maupun video yang ditampilkan per orang.

Ada banyak kasus dimana pelajar maupun pegawai perusahaan yang melakukan aktivitas mereka di rumah menjadi sangat terbatas karena buruknya sinyal dan kestabilan internet sehingga mereka tidak bisa menyelesaikan pekerjaan. Hal ini tentu sangat menjadi masalah yang besar terutama jika sedang dalam meeting atau kelas yang penting.

  • Kualitas Audio

Kualitas audio yang diberikan oleh IP Telephony merupakan salah satu kelemahan yang ada karena audio yang ditampilkan biasanya sedikit buruk dan sering terdengar kurang jelas sehingga terkadang meeting yang dilakukan kurang lancar karena adanya masalah ini. Selain itu, audio dari IP Telephony juga sering mengalami delay yang tentunya mengganggu peserta meeting sehingga mengharuskan mereka untuk mengulang perkataan.

Baca Juga: Pentingnya IP Telephony untuk Perusahaan Asuransi

  • Tingkat Keamanan

Seperti yang kita ketahui, IP Telephony mengharuskan penggunanya untuk menggunakan internet jika ingin tersambung dalam panggilan suara maupun video. Namun, hal ini juga bisa menjadi kelemahan terbesar dari IP Telephony karena internet memiliki sekuritas yang masih belum terjamin. Banyak kasus dimana ada orang asing yang masuk ke tengah-tengah meeting suatu kelas maupun perusahaan. Ini menjadi hal yang riskan karena mereka bisa mengakses tautan IP Telephony.

  • Bergantung pada Listrik

Listrik juga menjadi salah satu kekuatan utama untuk internet, tanpa listrik, wifi atau jaringan akan mati. Hal ini juga menjadi salah satu kelemahan terbesar IP Telephony karena sangat bergantung pada listrik. Para pengguna sebenarnya bisa menggunakan paket data untuk melakukan komunikasi dengan jaringan IP Telephony, tetapi biasanya memakan banyak data sehingga bisa cepat habis.

IP Telephony memiliki banyak manfaat dan kekurangannya sendiri. Jika Anda ingin memakai Telephony untuk urusan bisnis Anda agar lebih lancar, gunakan jasa Ivosights! Kami menawarkan layanan Telephony dari Sociomile yang tentunya akan membantu Anda dalam memperlancar bisnis Anda. Tunggu apalagi? Yuk, hubungi call center kami sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami