Jangan Lewatkan! Media Monitoring Tools Sebagai Tren Bisnis Digital

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 08 Oktober 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring Tools.
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring Tools.

"Peran media monitoring tools sebagai tren pemasaran di era digitalisasi, tingkatkan kampanye pemasaran dan dapatkan pelanggan lebih cepat dari sebelumnya!"

Di era 4.0 ini, tidak jarang terdapat banyak inovasi dan pembaruan yang dapat diterapkan oleh bisnis atau perusahaan digital. Salah satu yang menonjol adalah media monitoring tools. Alat ini menjadi salah satu tren utama dalam dunia bisnis digital saat ini. Ingin tahu lebih lanjut tentang media monitoring tools? Simak penjelasannya selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Media Monitoring Tools

Media monitoring tools adalah alat pemantauan media atau layanan yang dirancang untuk mengumpulkan data, memantau, menganalisis yang tersebar di seluruh platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Tiktok, dan media sosial lainnya. Yang bertujuan untuk mengetahui atau memahami pengetahuan yang mendalam tentang topik-topik tertentu di dunia digital

Media Monitoring Tools untuk Bisnis Digital

Dalam dunia bisnis yang sekarang banyak bergerak secara online atau digital, media monitoring tools mampu membantu perusahaan untuk melacak seluruh percakapan audiens atau pelanggan secara online. Percakapan-percakapan tersebut dapat ditemukan secara mudah dengan bantuan media monitoring tools. Dengan bantuan alat ini, perusahaan atau bisnis tidak hanya terbantu melacak seluruh percakapan atau ulasan audiens, melainkan media monitoring tools ini juga dapat membantu dalam meningkatkan kampanye pemasaran atau strategi pemasaran. 

Biasanya, banyak perusahaan yang akan melakukan atau mengintegrasikan strategi baru demi citra merek atau brand yang lebih baik di mata para pelanggan. Maka dari itu, media monitoring tools ini dapat menjadi kunci sebagaimana perusahaan menginginkan strategi pemasaran yang lebih baik serta lebih efisien dibanding melakukannya secara manual. Ditambah lagi, media monitoring tools ini memanfaatkan seluruh teknologi terbarukan seperti:

  1. Web Scraping atau teknologi yang memungkinkan perusahaan dalam mengumpulkan data-data dari berbagai situs web hingga ke banyak platform digital seperti media sosial, Instagram, Tweeter, YouTube, TikTok, Facebook, dan masih banyak lagi.
  2. Natural Language Processing (NLP) ialah teknologi dalam memahami atau menganalisis teks dari berbagai bahasa. Sehingga perusahaan akan lebih mudah dalam menanggapi seluruh ulasan atau komentar dari pelanggan dengan bantuan NLP yang multilingual.
  3. Artificial Intelligence (AI) memiliki peran penting yang bisa digunakan untuk mendeteksi tren atau pola hingga memprediksi perilaku konsumen. Sehingga perusahaan bisa lebih mudah dalam mengetahui opini publik terhadap brand yang dipasarkan perusahaan. 
  4. Pengintegrasian API, API atau Application Programming Interface di sini mempermudah media monitoring tools terhubung ke CRM atau customer relationship management

Baca Juga: Kenali Social Media Monitoring Tools: Definisi, Manfaat, dan Fungsi

Media Monitoring Tools untuk Strategi Pemasaran

Dalam era digital yang serba cepat, memahami bagaimana merek atau produk Anda dibicarakan oleh publik menjadi kunci keberhasilan strategi pemasaran. Salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan wawasan ini adalah melalui penggunaan media monitoring tools. Bagaimana media monitoring tools dapat meningkatkan strategi pemasaran bisnis Anda? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

  • Mengidentifikasi Peluang Pasar Baru

Media monitoring tools mampu mendeteksi seluruh kebutuhan atau kekosongan di lingkungan pasar dengan cara mendiskusikan secara online. Untuk penentuan atau penstrategian produk yang lebih relevan dan disukai oleh banyak pelanggan serta menyesuaikan kebutuhan pelanggan. 

  • Mengukur Kampanye yang Efektif

Dengan menerapkan media monitoring tools, Anda atau perusahaan Anda  akan terbantu dalam mengoptimalkan kampanye pasar. Kampanye pasar di sini tentunya dilakukan secara online. Setelah melakukan kampanye pemasaran secara online, media monitoring tools ini juga mampu mengukur sejauh mana keefektifitasan kampanye pemasaran Anda bekerja atau berhasil menarik minat banyak audiens. 

  • Manajemen Krisis

Dalam dunia digital yang cepat berubah, sebuah isu kecil bisa berkembang menjadi krisis besar. Dengan media monitoring tools, Anda dan perusahaan dapat dengan cepat mendeteksi potensi krisis dan merespon sebelum masalahnya meluas dan melebar. 

  • Memahami Kompetitor

Media monitoring tools tidak hanya memantau brand sendiri saja, melainkan perusahaan dapat terbantu dalam memantau atau memahami produk atau layanan yang dipasarkan oleh brand kompetitor. Karena, dengan ini Anda dan perusahaan dapat dengan mudah meningkatkan, memperbarui, atau bahkan mempertahankan strategi yang sudah berjalan.

Gunakan Media Monitoring Tools Terbaik: Ripple10 dari Ivosights!

Ripple10 dari Ivosights adalah salah satu dari lima produk media monitoring tools terbaik yang tersedia saat ini. Dikenal dengan kemampuannya yang canggih dalam memantau dan menganalisis percakapan digital di berbagai platform, Ripple10 memberikan solusi komprehensif bagi perusahaan untuk mengawasi reputasi brand, tren pasar, dan umpan balik pelanggan secara real-time. Dengan fitur-fitur seperti sentiment analysis, pelacakan kata kunci, dan integrasi data yang kuat, Ripple10 memudahkan bisnis untuk membuat keputusan yang berbasis data dan meningkatkan strategi pemasaran mereka. Tidak hanya efisien, namun juga mudah digunakan, menjadikannya pilihan utama bagi perusahaan yang ingin tetap terdepan dalam persaingan digital.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami