Fungsi IP Telephony Selain untuk Bisnis, Apa Lagi, ya?

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 30 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony memang memiliki banyak manfaat. Selain untuk bisnis, teknologi yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk apa saja, ya"

Teknologi saat ini sudah berkembang pesat dan karenanya kita saat ini bisa merasakan berbagai macam kemudahan dari teknologi tersebut, salah satunya adalah berkembangnya cara manusia untuk berkomunikasi dengan sesama dari jarak jauh. Pada zaman dahulu, orang hanya mengandalkan telepon konvensional karena teknologi saat itu masih terbatas, belum seperti sekarang. IP Telephony memudahkan komunikasi antar manusia hanya dengan penggunaan internet dan teknologi ini banyak dimanfaatkan oleh pemilik bisnis untuk itu. Namun, selain untuk bisnis, IP Telephony berfungsi untuk apa lagi, ya? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Apa Itu IP Telephony

IP Telephony merupakan salah satu teknologi yang memudahkan penggunanya untuk melakukan kegiatan panggilan suara dan video melalui internet. Para pengguna IP Telephony sangat dimudahkan dengan adanya teknologi yang satu ini karena bisa dengan leluasa berkomunikasi dari jarak jauh tanpa mementingkan keterbatasan. Berbeda dengan zaman dahulu, orang harus melalui sedikit keterbatasan untuk menghubungi orang lain saat menggunakan telepon konvensional. Telepon jenis ini memang memiliki banyak kelebihan terutama untuk zaman dahulu, tetapi penggunaannya terbatas karena telepon konvensional hanya bisa digunakan di daerah yang tersambung dengan kabel yang ada. 

Ada banyak manfaat menggunakan jaringan IP Telephony, beberapa diantaranya adalah untuk penggunaan pribadi dan bisnis. Penggunaan pribadi bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi dari jaringan IP Telephony sendiri yang umumnya dipakai di kehidupan sehari-hari seperti aplikasi WhatsApp dan Line. Namun, penggunaan IP Telephony sendiri sebenarnya tidak terbatas karena teknologi ini biasa digunakan di perkantoran, untuk urusan penghubung dari restoran dan pelanggan, hingga bagan pemerintahan, lho! Singkatnya, IP Telephony memiliki banyak manfaat untuk bidang telekomunikasi.

Baca Juga: Catat! Tanda-tanda Bisnis Anda Sudah Membutuhkan IP Telephony

Alasan IP Telephony Jauh Lebih Baik Dibandingkan Telepon Konvensional

Pada zaman dahulu, orang-orang menggunakan telepon rumah atau telepon konvensional agar bisa terhubung dengan sesama. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan telepon ini tergantikan dengan teknologi IP Telephony. Yuk, simak beberapa alasan mengapa penggunaan IP Telephony jauh lebih baik dibandingkan telepon konvensional:

  • Lebih Murah dan Hemat Biaya

Telepon konvensional memerlukan biaya operasional yang cukup besar dikarenakan kabel dan jaringannya yang berbeda dengan biaya listrik dan internet. Untuk itu, penggunaan IP Telephony jauh lebih murah dan hemat biaya karena bisa dijangkau dan digunakan dimana saja asalkan ada internet.

  • Jangkauannya Jauh Lebih Luas

Telepon konvensional tidak memiliki jangkauan yang luas karena hanya mengandalkan jaringannya sendiri. Berbeda dengan IP Telephony, teknologi yang satu ini memiliki jangkauan yang jauh lebih luas dan bisa digunakan dimana saja.

  • Bisa Digunakan Dimana Saja

Jika telepon konvensional hanya bisa digunakan pada jangkauannya sendiri dan terbatas, IP Telephony tidak begitu. Anda bisa bekerja atau menelepon orang lain dimana saja asal memiliki jaringan internet yang stabil.

  • Memiliki Banyak Fitur yang Jauh Lebih Bermanfaat

Telepon konvensional hanya memiliki fitur yang terbatas yang membatasi komunikasi penggunanya. Sedangkan IP Telephony memiliki banyak fitur yang bisa menghubungkan komunikasi penggunanya dengan berbagai macam fitur yang menarik seperti panggilan video, telepon, hingga pesan teks. 

  • Hanya Mengandalkan Internet 

Berbeda dengan telepon konvensional, IP Telephony bisa diandalkan penggunanya dengan hanya mengandalkan internet.

Fungsi Lain IP Telephony Selain untuk Bisnis

  • Badan Pemerintahan

Badan pemerintahan tentu saja memerlukan IP Telephony agar bagian internal dan hubungan mereka dengan masyarakat tetap terkoordinir dan terjalin dengan baik.

  • Layanan Pesan Antar Makanan

Layanan pesan antar makanan tentu tidak bisa diandalkan jika mereka tidak menggunakan jaringan IP Telephony karena tentu membutuhkan komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Baca Juga: Alasan Mengapa IP Telephony Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda

  • Aplikasi Kesehatan 

Aplikasi kesehatan membutuhkan IP Telephony untuk menghubungkan pasien dan dokter yang harus melakukan konsultasi dari jarak jauh untuk memudahkan komunikasi dan diagnosa.

  • Aplikasi Makanan

Bukan hanya layanan pesan antar saja yang membutuhkan IP Telephony, tetapi jaringan ini juga dibutuhkan oleh aplikasi makanan agar bisa berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan yang ingin memesan makanan.

Yuk, Andalkan Sociomile untuk Urusan Telephony!

Pemerintahan tentu membutuhkan layanan IP Telephony jika ingin lebih terhubung dan membangun kepercayaan yang kuat dengan masyarakat. Jika Anda ingin memakai Telephony untuk urusan bisnis Anda agar lebih lancar, gunakan jasa Ivosights! Kami menawarkan layanan Telephony dari Sociomile yang tentunya akan membantu Anda dalam memperlancar bisnis Anda. Tunggu apalagi? Yuk, hubungi call center Ivosights sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami