IP Telephony dan Manfaatnya untuk Pemerintahan

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 27 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony memiliki peran penting bagi banyak bidang, termasuk pemerintahan. Yuk, simak beberapa manfaatnya untuk pemerintahan"

IP Telephony memiliki banyak manfaat yang membuat umat manusia mampu berkomunikasi dengan baik dengan sesama tanpa perlu memikirkan jarak, keterbatasan, dan waktu. IP Telephony juga membantu banyak bidang di dunia ini sehingga kelancaran komunikasi bukan hanya untuk kepentingan pribadi semata.Pemerintahan merupakan salah satu instansi yang membutuhkan IP Telephony agar komunikasi dapat terjalin dengan lancar, baik untuk internal pemerintahan itu sendiri atau untuk komunikasi dengan masyarakat.

Penjelasan IP Telephony

IP Telephony (Internet Protocol telephony) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan teknologi yang menggunakan berbagai protokol untuk bertukar suara, faks, dan bentuk informasi lainnya, yang secara tradisional dibawa melalui Public Switched Telephone Network (PSTN).  Panggilan berjalan dalam bentuk paket, melalui Jaringan Area Lokal (LAN), atau Internet, menghindari tol PSTN. Mulai pertengahan hingga akhir 1990-an, Internet dan protokol TCP/IP mulai mendorong industri telepon dan komunikasi untuk berubah.  Protokol Internet menjadi transportasi untuk hampir semua komunikasi data. Saat ini, semua operator komunikasi menggunakan infrastruktur IP untuk sebagian, atau untuk semua layanan suaranya. Sebagian besar perusahaan telah beralih dari PSTN ke VoIP (Voice over IP) untuk komunikasi suara internal mereka atau memiliki rencana untuk mengimplementasikannya sebagai bagian dari solusi Komunikasi Terpadu mereka.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan IP Telephony di Masa Pandemi

Jika pada zaman dahulu orang harus menempuh jarak yang jauh hanya untuk melakukan pertemuan karena beberapa alasan personal maupun bisnis. Hal tersebut tentunya sangat ribet dan sulit untuk diaplikasikan. Terutama, sangat membuang-buang uang terlebih transportasi yang ada pada zaman dahulu juga bisa terbilang mahal. Untuk itu, IP Telephony membuat banyak kemudahan dalam berbagai hal. Tanpa kita sadari, kita sering dan memanfaatkan teknologi IP Telephony ini untuk melakukan komunikasi dengan sesama, baik untuk pribadi maupun untuk bekerja. Tanpa adanya IP Telephony, kita tidak akan bisa melakukan komunikasi dengan kebebasan seperti saat ini untuk melakukan panggilan telepon maupun video.

 Manfaat IP Telephony untuk Pemerintahan

  • Mempermudah Komunikasi dengan Internal Pemerintahan

Seperti yang kita ketahui, IP Telephony akan membantu hubungan dan komunikasi bagi penggunanya. Dengan menggunakan IP Telephony, bagian pemerintahan akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan internal pemerintahan. Tidak perlu lagi menggunakan telepon konvensional yang sulit untuk digunakan serta memiliki banyak keterbatasan.

  • Memudahkan Interaksi dengan Masyarakat

Perlu diketahui, bahwa ada banyak layanan pemerintahan yang menggunakan dan memanfaatkan IP Telephony untuk mempermudah interaksi mereka dengan masyarakat. Tentunya, ada banyak leuhan dan opini yang ingin disalurkan oleh para penduduk kepada pemerintah terhadap suatu hal sehingga penggunaan jaringan IP Telephony sangat berguna untuk hal ini. Hal ini juga akan menumbuhkan kepercayaan dari masyarakat terhadap pemerintah sehingga mereka akan lebih bergantung dan mempercayakan pemerintah sepenuhnya.

  • Meningkatkan Kecepatan

Tanpa adanya IP Telephony, pemerintah akan kesulitan dalam mengendalikan komunikasi dengan masyarakat. Lambatnya komunikasi yang terjalin jika tidak memanfaatkan IP Telephony hanya akan menumbuhkan keluhan di kalangan masyarakat terhadap respon pemerintah terhadap suatu hal. Untuk itu, salah satu manfaat yang akan didapatkan oleh pemerintah adalah untuk meningkatkan kecepatan dalam merespon keluhan dan pendapat yang masyarakat miliki.

Baca Juga: Kelebihan IP Telephony Dibanding Telepon Konvensional, Wajib Tahu!

  • Lebih Efisien dalam Memberikan Layanan Kepada Masyarakat

IP Telephony juga memiliki manfaat lainnya jika digunakan untuk instansi pemerintahan, yaitu agar lebih efisien dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Dengan IP Telephony, masyarakat dapat dengan mudah menghubungi pemerintah jika memiliki kendala atau masalah yang tidak bisa diatasi sendiri. Selain itu, IP Telephony juga memiliki fitur lainnya yang bisa memudahkan masyarakat untuk mengetikkan pesan yang akan langsung tersambung kepada pemerintah.

Singkatnya, teknologi IP Telephony sangat cocok untuk diaplikasikan kepada bidang pemerintahan karena memiliki banyak manfaat yang bertujuan positif dalam kelangsungan komunikasi dengan masyarakat. Itulah beberapa manfaat IP Telephony untuk pemerintahan. Semoga membantu!

Yuk, Andalkan Sociomile untuk Urusan Telephony!

Pemerintahan tentu membutuhkan layanan IP Telephony jika ingin lebih terhubung dan membangun kepercayaan yang kuat dengan masyarakat. Jika Anda ingin memakai Telephony untuk urusan bisnis Anda agar lebih lancar, gunakan jasa Ivosights! Kami menawarkan layanan Telephony dari Sociomile yang tentunya akan membantu Anda dalam memperlancar bisnis Anda. Tunggu apalagi? Yuk, hubungi call center Ivosights sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami