Apa yang Perlu Disiapkan untuk IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 09 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony memiliki beberapa hal yang perlu dipersiapkan jika Anda ingin menggunakannya. Simak penjelasannya disini"

IP Telephony (Internet Protocol) menggunakan paket data untuk mengirimkan email, faks, dan komunikasi vokal, serta bentuk komunikasi lainnya, ke pihak penerima. Di masa lalu, faks dan panggilan telepon ditransmisikan melalui sambungan sirkuit pada jaringan telepon umum. Anda mungkin pernah mendengar tentang VoIP dan SIP, tetapi ada perbedaan di antara keduanya. SIP (Session Initiation Protocol) membantu mendukung kontrol aplikasi perpesanan, video, dan suara. VoIP (Voice over Internet Protocol) mengacu pada panggilan telepon apa pun yang dilakukan melalui internet dan bukan melalui saluran telepon tradisional. Alih-alih menggunakan jaringan telepon umum, VoIP mentransmisikan paket data dengan menggunakan konektivitas data.

Kelebihan IP Telephony

1. Skalabilitas

Dalam berbisnis, perusahaan yang berlangganan layanan telepon rumah harus membayar untuk setiap saluran telepon, serta berapa lama setiap karyawan melakukan panggilan keluar, mereka seringkali dibatasi oleh jumlah saluran telepon yang mampu mereka beli.

Sistem IP Telephony tidak memiliki batasan seperti itu. Jika bisnis perlu menambahkan saluran telepon lain, yang harus mereka lakukan hanyalah menambahkan IP Telephony ke router mereka dan tidak perlu khawatir tentang biaya saluran telepon tambahan.

IP nirkabel dan semua perutean panggilan dilakukan di cloud. Artinya, bisnis Anda tidak memerlukan pusat panggilan khusus untuk menangani panggilan. Selain itu, IP sangat portabel dan panggilan dapat ditangani oleh pekerja jarak jauh di sisi lain negara atau dunia.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Menggunakan IP Telephony

2. Akses untuk Seluruh Dunia

Karena IP bersifat nirkabel dan portabel, semakin banyak pemberi kerja yang melihat manfaat mempekerjakan karyawan yang dapat bekerja dari jarak jauh. Ini sering dilihat sebagai skenario win-win untuk kedua belah pihak.

Bagi para karyawan, bekerja dari rumah memiliki banyak manfaat. Mereka tidak hanya harus berurusan dengan kemacetan lalu lintas, tetapi juga menghemat bahan bakar, keausan untuk kendaraan mereka, dan mereka dapat mencuci pakaian sambil bekerja dari rumah.

Untuk bisnis, membuat karyawan bekerja dari rumah menghemat biaya overhead, memungkinkan ruang kantor yang lebih kecil, dan membuat karyawan lebih produktif. Bisnis bahkan akan menghemat biaya perlengkapan kantor, dan mereka tidak perlu khawatir tentang cuaca buruk yang mencegah karyawan pergi ke kantor.

3. Mudah diintegrasikan

Layanan IP Telephony sangat mudah diintegrasikan ke dalam infrastruktur bisnis yang ada. Dengan layanan IP Telephony, faks dapat dikirim melalui email dan data kartu kredit dikirim melalui jaringan jauh lebih cepat. Karena semuanya lebih cepat, itu akan secara signifikan meningkatkan produktivitas dalam angkatan kerja. Ini juga memungkinkan layanan pelanggan yang lebih besar, karena informasi dapat dibawa, dikirim, dan diterima dengan lebih cepat.

4. Mobilitas yang lebih baik

Dalam bisnis, bukanlah suatu yang aneh atau asing jika seorang karyawan perlu pindah ke meja yang berbeda, atau jika kantor mempraktikkan hot-desking, maka IP Telephony adalah pilihan cerdas. Dengan IP Telephony, karyawan dapat bekerja dari jarak jauh dari lokasi manapun di dunia. Dengan ekstensi darat tradisional, mereka harus ditambal ulang di lokasi baru. Dengan sistem IP Telephony, yang harus mereka lakukan hanyalah membawa telepon mereka ke meja baru mereka.

Yang Harus Dipersiapkan untuk Menggunakan IP Telephony

  • Internet

IP Telephony adalah jaringan yang memerlukan dan sangat bergantung pada internet. Tanpa internet, Anda tidak dapat mengaplikasikannya dan tidak dapat melakukan panggilan telepon maupun video. Untuk itu, internet yang Anda gunakan harus memadai dan menyala untuk bisa terhubung dengan IP Telephony.

Baca Juga: Perbedaan Sebelum & Setelah Menggunakan IP Telephony untuk Telesurvey

  • Jaringan yang Bagus

Tanpa jaringan yang bagus, Anda tidak dapat melakukan panggilan telepon dan video yang memakai jaringan IP Telephony. Jaringan yang buruk tentu tidak dapat membuat koneksi yang benar dengan aplikasi maupun jaringan yang menggunakan IP Telephony. Untuk itu, selalu pastikan bahwa Anda memiliki jaringan yang bagus untuk melakukan panggilan melalui jaringan IP Telephony.

  • Pilih Provider yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

IP Telephony bisa diatur dan dipersiapkan dengan menggunakan provider yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada banyak provider yang menyediakan layanan Telephony untuk kebutuhan bisnis Anda, salah satunya adalah Ivosights! Kami memiliki layanan Telephony yang akan membantu Anda dalam urusan bisnis. Yuk, hubungi kami sekarang juga!

IP Telephony menjadi salah satu terobosan dan peningkatan dalam komunikasi antar manusia. Dengan keberadaannya, IP Telephony memudahkan banyak aktivitas sehari-hari seperti untuk berkomunikasi dengan kerabat dari jarak jauh hingga untuk bekerja. Itulah beberapa kelebihan dan apa saja yang harus Anda persiapkan untuk menyambungkan dengan IP Telephony. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami