Apa itu IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 27 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony memiliki perannya tersendiri dalam dunia digital, terutama dalam urusan virtual meeting untuk banyak aplikasi. Simak penjelasan tentang IP Telephony sekarang"

IP telephony (Internet Protocol telephony) adalah istilah umum untuk teknologi, produk, dan layanan yang menggunakan koneksi packet-switched Protokol Internet untuk mendukung panggilan suara, pesan suara, panggilan video, konferensi video, faks, dan pesan instan (IM). Secara tradisional, komunikasi ini dilakukan melalui koneksi circuit-switched khusus dari jaringan telepon public switched (PSTN). Menggunakan internet, panggilan perjalanan sebagai paket data pada jalur bersama, menghindari tol PSTN.

IP Telephony bekerja dengan mengubah panggilan suara, faks, dan informasi lainnya menjadi sinyal digital. Sinyal digital ini berjalan melalui jaringan IP, seperti internet, sebagai paket data, menggunakan koneksi IP packet-switched. Fitur suara dalam teknologi IP seperti panggilan suara dan pesan suara yang disebut sebagai voice over IP (VoIP). Lebih lanjut, IP telephony diperkenalkan pada tahun 1991 dengan pembuatan aplikasi VoIP pertama, Speak Freely. Tahun berikutnya, InSoft merilis Communique untuk konferensi video desktop. Pada tahun 1995, Intel, Microsoft dan Radvision mulai membakukan sistem VoIP.

Fungsi IP Telephony untuk Bisnis

  • Lebih Hemat Biaya

Banyak orang yang masih belum tahu bahwa penggunaan telepon kabel untuk perusahaan perlu menggunakan dan mematok biaya yang tidak sedikit. Hal ini tentu membuat banyak perusahaan yang harus membayar tagihan besar setiap bulannya. Meskipun telepon kabel memiliki banyak fungsi yang memudahkan bisnis suatu perusahaan. Hal ini tentu saja memberatkan beban biaya yang ada pada keuangan perusahaan.

Namun, telah dikembangkannya teknologi IP Telephony membuat keberadaaan telepon kabel menjadi dikurangi sehingga biaya yang dikeluarkan per-bulannya menjadi lebih sedikit. Terlebih, menggunakan IP Telephony secara signifikan lebih hemat biaya daripada menggunakan layanan telepon kabel pada skala yang sama. Panggilan jarak jauh dan internasional juga lebih murah dengan IP Telephony.

Baca Juga: Catat! Tanda-tanda Bisnis Anda Sudah Membutuhkan IP Telephony

  • Mudah Dijangkau

Seperti yang telah kita ketahui, adanya pandemi Covid-19 membuat banyak orang terpaksa harus berhubungan dari jarak jauh dengan keluarga atau teman tercinta. Hal ini juga membuat banyak kelompok menjadi harus terpisah dan sulit untuk bertemu karena masalah jarak dan protokol kesehatan yang ada pada saat itu.

Namun, masalah tersebut dapat dengan mudah teratasi karena adanya jaringan IP Telephony yang memudahkan seluruh masyarakat yang ada di dunia untuk menjangkau kerabat yang jauh. Kita dapat melihat contohnya dengan menggunakan banyak aplikasi-aplikasi meeting yang akan menggabungkan kita dengan banyak teman, kerabat, dan keluarga dari jarak jauh. Dengan begitu, Anda juga tidak perlu khawatir dengan bisnis Anda karena dapat melakukan meeting dengan klien maupun kolega perusahaan dengan sangat mudah.

  • Skalabilitas¬†

Skalabilitas adalah ukuran kemampuan sistem untuk meningkatkan atau menurunkan kinerja dan biaya sebagai respons terhadap perubahan permintaan aplikasi dan pemrosesan sistem. Contohnya termasuk seberapa baik kinerja sistem perangkat keras ketika jumlah pengguna meningkat, seberapa baik database menahan semakin banyak kueri, atau seberapa baik kinerja sistem operasi pada kelas perangkat keras yang berbeda. 

Perusahaan yang berkembang pesat harus memberi perhatian khusus pada skalabilitas saat mengevaluasi perangkat keras dan perangkat lunak. Menyebarkan saluran telepon bisnis IP baru, yang dapat dilakukan melalui antarmuka online, jauh lebih sederhana dan lebih mudah daripada menambahkan saluran telepon kabel baru.

Baca Juga: Alasan Mengapa IP Telephony Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda

  • Dapat Diakses oleh Banyak Orang

Penggunaan telepon kabel sulit untuk menjangkau banyak orang terutama dalam urusan bisnis. Perusahaan ingin menjangkau banyak pelanggan tanpa harus menghubungi mereka satu persatu ataupun melakukannya secara manual. Hal ini selain membuang-buang banyak waktu, akan sulit untuk menghubungi banyak orang dalam satu hari.

untuk itu, kegunaan lain dari IP Telephony adalah mudahnya akses untuk banyak orang. Adanya banyak aplikasi meeting yang bisa dimasuki oleh banyak orang dalam satu ruangan menjadikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan dan banyak pelanggan. Selain itu, mudahnya akses untuk dimasuki juga menjadi poin plus bagi IP Telephony.

Tantangan yang Ada pada IP Telephony

  • Bergantung pada Internet

Banyak dari Anda yang sudah mengetahui bahwa server IP Telephony selalu bergantung pada internet. Ada banyak keluhan yang dikatakan oleh perusahaan saat adanya mati listrik yang terjadi pada seluruh kota. Hal ini sangat merugikan perusahaan karena banyaknya orderan atau layanan jasa yang terbaikan karena matinya internet yang harus dijalankan pada server IP Telephony.

Ketergantungan antara server IP Telephony menjadi tantangan berat yang besar karena nyaris 90% hal-hal yang ada di dunia ini membutuhkan internet dan tanpanya jalnnya transaksi akan terhambat dan akan merugikan perusahaan maupun pelanggan. Untuk itu, perusahaan semestinya selalu memastikan keadaan internet selalu lancar saat menggunakan server IP Telephony agar bisnis selalu berjalan dengan baik.

  • Memiliki Beban Berat pada Server

Saat menggunakan server IP Telephony, tak jarang terjadi hambatan besar pada penggunaan banyak aplikasi karena IP Telephony memiliki beban yang cukup berat untuk server internet. Seringkali terjadi lemot atau jaringan melambat saat server IP Telephony seperti aplikasi meeting sedang dijalankan. Untuk itu, hal ini menjadi tantangan lainnya jika Anda menggunakan server IP Telephony saat berbisnis.
IP Telephony memiliki banyak fungsi dan kegunaan tetapi juga memiliki kelemahnnya tersendiri karena setiap server tidak selalu sempurna. Jika Anda ingin menggunakan telephony untuk bisnis Anda, segera hubungi Ivosights untuk ini. Caranya mudah, cukup hubungi call center kami yang ada di website ini dan Anda akan mendapatkan kebutuhan yang Anda inginkan. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami